Systema Naturae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul dari edisi kesepuluh buku Systema Naturae

Systema Naturae adalah nama sebuah buku yang merupakan karya utama seorang dokter, ahli obat-obatan dan ilmuwan asal Swedia, Carolus Linnaeus. Judul lengkap buku ini adalah Systema naturae per regna tria naturae, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis yang diterjemahkan kira-kira sebagai "Sistem alam melalui tiga kerajaan alam, menurut kelas, ordo, genus dan spesies, dengan sifat-sifat generik, perbedaan-perbedaan spesifik, sinonim-sinonim, tempat-tempat".

Buku ini sangat penting sehingga edisi kesepuluhnya dijadikan sebagai titik tolak bagi nomenklatur zoologi.

Tinjauan[sunting | sunting sumber]

Linnaeus menerbitkan Systema Naturae pada 1735, ketika ia tinggal di Belanda. Sebagai kebiasaan dalam literatur ilmiah pada masa itu, buku ini diterbitkan dalam bahasa Latin. Dalam buku ini ia menguraikan gagasan-gagasannya untuk klasifikasi hierarkhis dunia alam, dengan membaginya ke dalam kerajaan hewan (Regnum animale), kerajaan tumbuhan (Regnum vegetabile) dan "kerajaan mineral" (Regnum lappideum).

Klasifikasi kerajaan tanaman dalam buku ini tidak dilakukan secara alamiah, melainkan hanya berdasarkan kemudahan. Klasifikasi ini dibuat mengikuti sistem seksual Linnaeus yang baru di mana spesies dengan jumlah benang sari (stamen) yang sama dimasukkan ke dalam kelompok yang sama. Linneaus percaya bahwa ia sedang mengklasifikasikan ciptaan Tuhan dan tidak berusaha menguraikan hubungan-hubungan evolusioner. Klasifikasi untuk hewan dibuat secara lebih alamiah. Misalnya, manusia untuk pertama kalinya dikelompokkan bersama-sama dengan primata lainnya.

Mengingat populernya karya ini, Linnaeus terus menerbitkan kembali dan memperluas edisinya, sehingga edisi pertama (1735) yang hanya 11 halaman berkembang menjadi 1300 halaman pada edisi ke-13 dan terakhirnya (1770). Selain itu, sementara karya ini berkembang, ia melakukan perubahan-perubahan: dalam edisi ke-10, yang terbit pada 1758, ia memindahkan paus dari ikan ke kelompok mamalia. Dalam edisi yang sama ini ia memperkenalkan nama dua bagian (lihat binomial) untuk spesies hewan, sesuatu yang telah ia lakukan untuk spesies tanaman (lihat nama biner) dalam penerbitan Species Plantarum tahun 1753.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]