Kundun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kundun


Kundunadalah epik 1997 biografi Film ditulis oleh Melissa Mathison dan disutradarai oleh Martin Scorsese. Hal ini didasarkan pada kehidupan dan tulisan-tulisan dari 14 Dalai Lama, pemimpin politik dan spiritual diasingkan dari Tibet. Tenzin Thuthob Tsarong, keponakan besar dari Dalai Lama, bintang-bintang sebagai Dalai Lama dewasa.

"Kundun" (སྐུ་མདུན་ Wylie: Sku-mdun di Tibet), yang berarti "kehadiran", adalah judul yang Dalai Lama tujukan. 'Kundun dirilis hanya beberapa bulan setelah Seven Years in Tibet , berbagi lokasi yang terakhir dan penggambaran Dalai Lama pada beberapa tahapan nya pada saat masih muda, meskipun'Kundun mencakup periode tiga kali lebih lama.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini - "yang terbuat dari episode, bukan plot"- memiliki kronologi langsung dengan peristiwa mencakup 1937-1959; [1] pengaturan adalah Tibet, kecuali untuk urutan singkat di Cina dan India. Ini dimulai dengan mencari 14 arus pikiran emanasi dari Dalai Lama. Setelah visi berdasarkan Reting Rinpoche (yang Bupati Tibet) beberapa biksu menyamar sebagai pelayan menemukan kandidat yang menjanjikan: seorang anak lahir dari pertanian keluarga di provinsi Amdo, dekat Cina perbatasan

Ini dan lainnya lama s mengelola tes untuk anak di mana ia harus memilih dari berbagai benda yang milik Dalai Lama sebelumnya. Anak melewati ujian; ia dan keluarganya dibawa ke Istana Potala di Lhasa, di mana ia akan dipasang sebagai Dalai Lama ketika ia berasal dari usia.

Selama perjalanan, anak menjadi rindu dan ketakutan, tapi yang dihibur Reting, yang mengatakan kepadanya kisah Dalai Lama pertama - yang para lama yang disebut "Kundun". Ketika film berlangsung, anak itu jatuh tempo di kedua usia dan belajar. Setelah perebutan kekuasaan singkat dimana Reting dipenjara dan mati, Dalai Lama mulai mengambil peran lebih aktif dalam pemerintahan dan religius kepemimpinan.

Sementara itu, Cina Komunis, baru-baru ini menang dalam revolusi mereka, yang menyatakan Tibet bagian tradisional dari [Sejarah [Cina # Imperial era | Kekaisaran China]], dan menyatakan keinginan mereka untuk reincorporate dengan yang baru terbentuk Republik Rakyat Tiongkok. Akhirnya, meskipun permohonan Tibet ke PBB, para Amerika Serikat, para Inggris, dan India untuk intervensi, pasukan Komunis China menginvasi Tibet. Orang Cina pada awalnya membantu, tapi ketika orang-orang Tibet menolak reorganisasi Komunis dan pendidikan ulang masyarakat mereka, Cina menjadi menindas.

Setelah serangkaian kekejaman yang diderita oleh umat-Nya, Dalai Lama memutuskan untuk bertemu dengan Ketua Mao Zedong di Beijing. Sementara Mao awalnya menyatakan simpatinya kepada rakyat Tibet dan Dalai Lama, dan menegaskan bahwa perubahan harus dilakukan sebagai Dalai Lama melihat cocok, hubungan pasti memburuk. Selama tatap muka pertemuan mereka pada hari terakhir kunjungan Dalai Lama, Mao menjelaskan pandangannya bahwa "agama adalah racun" dan bahwa Tibet adalah "diracuni dan inferior" karena itu.

Setelah kembali ke Tibet, Dalai Lama belajar lebih kengerian yang dilakukan terhadap umat-Nya, yang sekarang menolak [Perjanjian [Seventeen Point untuk Pembebasan Damai Tibet | perjanjian]] mereka dengan Cina dan mulai gerilya tindakan melawan Cina. Setelah Cina membuat jelas niat mereka untuk membunuh dia, Dalai Lama yakin dengan keluarganya dan Tuhannya Chamberlain untuk melarikan diri ke India.

Setelah berkonsultasi dengan Oracle tentang rute pelarian yang tepat, Dalai Lama dan stafnya memakai penyamaran dan slip keluar dari Lhasa dalam kegelapan malam. Selama perjalanan yang sulit, sepanjang yang mereka dikejar oleh orang Cina, Dalai Lama menjadi sangat sakit dan pengalaman beberapa visi masa lalu dan masa depan. Kelompok ini akhirnya membuat ke melewati gunung kecil di perbatasan India. Sebagai Dalai Lama berjalan ke pos penjagaan, seorang India jaga mendekatinya, hormat, dan bertanya: "Bolehkah saya bertanya, apakah Anda Buddha?" Dalai Lama menjawab dengan baris terakhir film itu: ". Saya berpikir bahwa saya refleksi, seperti bulan di atas air Bila Anda melihat saya, dan saya mencoba untuk menjadi orang yang baik, Anda melihat diri Anda."

Setelah Dalai Lama tiba di kediaman barunya, ia membongkar teleskop dan langkah-langkah luar. Mendirikan dan melepas kacamatanya, dia menatap melalui itu menuju Himalaya-dan terhadap Tibet.

Film ini diakhiri dengan dua baris dicetak pada layar:

Dalai Lama belum kembali ke Tibet. Ia berharap satu hari untuk melakukan perjalanan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Proyek ini dimulai ketika skenario Melissa Mathison, yang paling terkenal adalah bekerja yang ET , bertemu dengan Dalai Lama dan bertanya apakah ia bisa menulis tentang hidupnya. Menurut Turner Klasik Film, "dia memberi dia berkat dan waktunya, duduk untuk wawancara yang menjadi dasar dari script nya", itu adalah saran Mathison yang dibawa Scorsese sebagai sutradara [2]

Sebagian besar film ditembak di Atlas Film Studios di Ouarzazate, Maroko, beberapa adegan difilmkan di Karma Triyana Dharmachakra biara di Woodstock, New York.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Tenzin Thuthob Tsarong sebagai Dalai Lama (Dewasa)
  • Gyurme Tethong sebagai Dalai Lama (Usia 12)
  • Tulku Tenzin Kunga Jamyang sebagai Dalai Lama (Umur 5)
  • Tenzin Yeshi Paichang sebagai Dalai Lama (Usia 2)
  • Tencho Gyalpo sebagai ibu Dalai Lama
  • Tenzin Lobsang Topjar sebagai (usia 5 sampai 10)
  • Tsewang Migyur Khangsar sebagai ayah Dalai Lama
  • Tenzin Lodoe sebagai Takster Rinpoche
  • Tsering Lhamo sebagai Tsering Dolma
  • Geshi Yeshi Gyatso sebagai Dalai dari Sera
  • Losang Gyatso sebagai Rasul (sebagai Lobsang Gyatso)
  • Sonam Phuntsok sebagai Reting Rinpoche
  • Gyatso Lukhang sebagai Tuhan Chamberlain
  • Lobsang Samten sebagai Master of Dapur
  • Jigme Rinpoche Tsarong sebagai Taktra (sebagai Tsewang Jigme Tsarong)
  • Tenzin Trinley sebagai Ling Rinpoche
  • Robert Lin sebagai Ketua Mao Zedong
  • Jurme Wangda sebagai Perdana Menteri Lukhangwa
  • Jill Hsia sebagai perempuan cilik

== == Penerimaan Bahkan sebelum film ini dirilis, para pemimpin Cina hangat keberatan untuk Disney. Berencana untuk mendistribusikan film tersebut, bahkan sampai mengancam akses masa depan Disney ke Cina sebagai pasar <nama ref = "waktu" [. http://www.time.com/time/magazine/article/0, 9171,985663,00 html Disney Kebijakan Cina]> dari Timemajalah </ ref keteguhan> Disney berdiri di kontras dengan Universal Pictures, yang sebelumnya "menolak kesempatan untuk mendistribusikan'Kundun karena takut mengecewakan orang Cina." [3] Scorsese, Mathison , dan beberapa anggota lain dari produksi itu dilarang oleh pemerintah Cina dari yang pernah memasuki Cina sebagai hasil dari pembuatan film Templat:Citation diperlukan. Film ini memang buruk di box office, mengambil dalam waktu kurang dari $ 6 juta di Amerika distribusi terbatas [4]'Kundun dinominasikan untuk empat Academy Awards: untuk [Academy Award [untuk Pengarahan Seni Terbaik | Seni Arah]] (. Dante Ferretti, seni arah dan Francesca Lo Schiavo dekorasi, set), Sinematografi (Roger Deakins), Desain Kostum , dan Nilai Asli (Philip Glass). Film ini saat ini memegang 76% "segar" rating pada Rotten Tomatoes berdasarkan 59 ulasan, menunjukkan ulasan umumnya positif [5]

Stephen Holden dari The New York Times yang disebut film "emosional terpencil" tapi memuji tampilan dan skor nya: "Film ini adalah kemenangan untuk sinematografer Roger Deakins, yang telah memberikan tampilan dari sebuah manuskrip bergambar Sebagai gambaran nya menjadi lebih nyata dan mistis abstrak, Mr Kaca itu. skor elektronik halus, yang menunjukkan Himalyan musik dari bola, mengumpulkan kekuatan dan energi dan musik dan gambar mencapai sinergi luhur "[1] Richard Corliss memuji sinematografi dan skor juga:". Dibantu oleh kerja kamera Roger Deakins murni 'dan dengungan euforia Philip Glass skor itu, Scorsese merencanakan sebuah puisi dari tekstur dan keheningan. Visi, mimpi buruk dan berbaur sejarah di permadani sehalus cantik orang-orang Tibet 'mandala s pasir. "[3] Roger Ebert memberikan film tiga bintang dari empat, mengatakan:. "Jarang ada arti hidup, bernapas dan (? berani saya katakan) manusia keliru mendiami tubuh Dalai Lama Tidak seperti potret Scorsese Yesus dalam ' '. The Last Temptation Kristus , ini bukan orang yang berjuang untuk kesempurnaan, tapi kesempurnaan dalam bentuk seorang laki-laki ... Setelah kita memahami bahwa "Kundun" tidak akan menjadi drama yang melibatkan karakter manusia yang masuk akal, kita dibebaskan untuk melihat film seperti itu adalah: suatu tindakan ketaatan, tindakan bahkan putus asa spiritual, melemparkan ke dalam mata materialisme abad ke-20 visual film dan musik yang kaya. dan inspiratif, dan seperti massa oleh Bach atau lukisan gereja Renaisans, itu ada sebagai bantuan untuk menyembah: Ia ingin meningkatkan, bukan pertanyaan "[6] David Edelstein disebut film. sebuah karangan tentang kehidupan orang suci yang "musik ikatan bersama-sama semua gambar-gambar cantik, memberikan narasi beberapa momentum, dan membantu untuk mendorong semacam detasemen waspada, sehingga Anda tidak terutama tertarik atau terutama bosan." [7]

Ketidakakuratan[sunting | sunting sumber]

Beberapa peristiwa kecil dalam film tersebut tidak sesuai dengan kejadian seperti yang dijelaskan pada tahun 1990 otobiografi Dalai Lama, [8] atau seperti yang dijelaskan oleh Diki Tsering, ibu Dalai Lama, pada tahun 2000 bukunyaDalai Lama, My Son:. Kisah Ibu <ref{{Cite name="mother"> book | title = Tsering , Diki | coauthors = Thondup, Khedroob (editor) | title = Dalai Lama, My Son: Kisah Ibu | tahun = 2000 | publisher = Tekan Viking | location = New York | isbn = 0-670-88905 - 9 | halaman =}}</ref>

  • Pada awal film, seorang bhikkhu dikirim dalam menyamar sebagai bagian dari rombongan untuk mencari reinkarnasi 14 Dalai Lama. Dua tahun Dalai Lama pertama kali bertemu dia ketika bhikkhu memasuki rumah berpakaian sebagai seorang hamba. Ada rekening yang berbeda dari pertemuan pertama mereka. Dalam memoarnya Dalai Lama,Kebebasan di Exile , ia mengatakan ia datang ke luar untuk menyambut lama menyamar. [8] Ibunya mengatakan dua bhiksu datang dan mengatur tongkat (milik Dalai Lama ke-13) terhadap samping rumah, dan putranya mengambil tebu yang benar dan bertanya biksu (tidak dalam penyamaran) mengapa hal itu diambil dari dia [9]. Either way, yang Pertemuan pertama tidak ada di rumah.
  • Pada tahun 1941, Bupati Reting Rinpoche digulingkan dan Bupati kedua, Taktra Rinpoche, dipilih oleh Dalai Lama. Dalam otobiografinya, Dalai Lama ingat bahwa ia didekati dan diminta untuk membuat keputusan tentang siapa yang akan menggantikan Reting dan memilih Taktra, kandidat utama. Dalam film tersebut, keputusan tersebut adalah spontan dan mengejutkan Taktra itu.
  • Pada bulan September 1954, Dalai Lama pergi ke Beijing dan bertemu Mao Zedong. Dalam film tersebut mereka bertemu saja, tetapi menurut memoar Dalai Lama, memoar ibunya, dan bukti fotografi, 10 Panchen Lama juga hadir. [8] [10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b html res = 9C06E2D8123EF937A15751C1A961958260 24 Desember 1997 Review dariThe New York Times
  2. ^ [http.: / / www.tcm.com/tcmdb/title.jsp?stid=338415&category=Articles SekilasKundun] dari Turner Klasik Film situs
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama time
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama thenum
  5. ^ "Kundun Ulasan". Rotten Tomatoes.  Unknown parameter |Url= ignored (|url= suggested) (help);
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ebert
  7. ^ Templat:Mengutip web
  8. ^ a b c Kebebasan di Exile: yang Autobiography dari Lama Lama. New York, NY: HarperCollins. ISBN 0-06-039116-2.  Unknown parameter |tahun= ignored (help); Unknown parameter |unused_data= ignored (help)
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mother
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ibu

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Martin Scorsese