Taxi Driver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taxi Driver
SutradaraMartin Scorsese
ProduserJulia Phillips
Michael Phillips
Ditulis olehPaul Schrader
Pemeran
NaratorRobert De Niro
Penata musikBernard Herrmann
SinematograferMichael Chapman
PenyuntingMarcia Lucas (supervising)
Tom Rolf
Melvin Shapiro
Perusahaan
produksi
Bill/Phillips
Italo/Judeo Productions
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
Durasi113 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$1.3 juta
Pendapatan
kotor
$28,262,574

Taxi Driver adalah film tahun 1976 yang disutradarai Martin Scorsese dan ditulis oleh Paul Schrader. Film yang berkisah tentang sopir taksi yang merupakan tentara pasca Perang Vietnam ini dibintangi Robert De Niro, Jodie Foster, Harvey Keitel, dan Albert Brooks.

Film ini mendapat empat nominasi Academy Awards.

Alur[sunting | sunting sumber]

Travis Bickle (Robert De Niro), seorang veteran Perang Vietnam, kini hidup sendiri dan dalam masa depresi,serta mengalami insomnia akut. Sehingga, dia memutuskan menjadi seorang sopir taksi yang bekerja siang malam untuk mengisi aktivitas sehari-hari. Aktivitas barunya sebagai supir taksi tak juga membuat dia bisa lepas dari insomnia akutnya. travis nampaknya sulit lepas dari kehidupan lamanya saat menjadi tentara di Vietnam, dia seperti kehilangan arah dalam menjalani hidupnya. Sampai pada suatu hari ketika dia sedang mengedarai taksinya dia melihat seorang wanita berbaju putih melintas didepannya. Wanita tersebut bernama Betsy, dan ia bekerja sebagai seorang sukarelawan pemenangan calon presiden amerika yang bernama Palentine. Betsy membuat Travis memiliki gairah dan tujuan hidup baru. Hari demi hari Travis lewati dengan menulis kesehariannya di buku jurnal hariannya. Travis hampir setiap hari menyempatkan diri untuk memarkirkan taksinya didepan kantor dimana Betsy bekerja, sembari terus memperhatikan Betsy yang ada didalam kantornya, hingga suatu hari Betsy menyadari bahwa Travis terus memperhatikannya dari luar. Betsy lalu meminta teman kerjanya untuk mengusir Travis karena ia cukup terganggu. mengetahui hal tersebut Travis pun segera pergi dari sana.

Pada malam harinya, seorang wanita tuna susila bernama Iris hendak masuk ke dalam taksinya namun dicegah oleh seorang pria. Pria tersebut melarang Iris untuk pergi karena suatu alasan. Iris terus meminta untuk dibawa pergi dari tempat tersebut. Travis yang melihat kejadian tersebut hanya terdiam tanpa berkata apapun, hingga akhirnya Iris dipaksa keluar dari taksi dan dibawa pergi oleh pria tersebut. Travis menduga pria tersebut ialah teman kencan wanita tersebut, karena sebelum pria itu pergi Travis diberikan satu dolar untuk melupakan kejadian yang baru saja terjadi. Travis tidak menggubris karena dia tahu lokasi tempat dimana ia selalu mencari penumpang ialah di wilayah prostitusi dan sarang mafia. Namun yang mengganjal perasaan travis saat itu ialah bahwa Iris, wanita yang dipaksa pergi tersebut nampaknya seorang anak kecil yang mungkin berumur belasan tahun dan seharusnya masih bersekolah.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Adegan Travis Bickle hampir menembak Senator demi mendapat perhatian wanita idamannya berdampak pada aksi penembakan Ronald Reagan pada tahun 1981 oleh John Warnock Hinckley Jr. untuk mendapat perhatian Jodie Foster.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]