Kotak makan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kotak makan dan botol minum milik Presiden Harry S. Truman
Berbagai macam kotak makan siang

Kotak makan siang, atau juga disebut kotak makan saja, adalah Sebuah kotak yang terbuat dari kayu atau plastik yang di buat dengan beraneka ragam bentuk, beraneka ragam gambar, dan warna yang digunakan. Kotak ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Dalam bahasa Inggris kotak makan siang ini disebut "lunch Box" karena memang pada umumnya sering digunakan untuk tempat penyimpanan makan siang.

Pada zaman dahulu, lunch box pertama kali di buat orang hanya menggunakan daun untuk membungkus makanan mereka. Daun yang digunakan biasanya daun pisang atau daun jati. Lalu di negara Jepang, lunch box berupa kotak kecil dari kayu yang dibungkus lagi menggunakan selembar kain. Hal ini di gunakan agar makanan dalam kotak tersebut tidak tumpah. Namun sekarang, lunch box menjadi kotak yang pada penutupnya terdapat karet sehingga memudahkan orang-orang seperti ibu-ibu, orang-orang kantor, dan khususnya anak-anak yang sedang bersekolah untuk membawa bekal mereka tanpa khawatir tumpah.

Di luar negeri, biasanya orang menggunakan sebuah kotak yang sedikit besar yang biasanya digunakan untuk piknik. Kotak tersebut bisa dibuka dari ke dua sisinya dan umumnya terbuat dari anyaman bambu. Kotak tersebut tidak hanya bisa membawa makanan tapi juga botol minuman. Pada umunya, makanan yang ada di kotak makan berisi sandwich, nasi beserta lauk-pauk, dan buah-buahan.

Jenis-jenis kotak makan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan bahan pembuatannya[sunting | sunting sumber]

  • Bungkusan: Makanan yang dilapisi menggunakan daun pisang atau daun jati dengan beralas kertas. Biasanya hanya di gunakan hanya untuk 1x penggunaan.
  • Steroform: Makanan yang dimasukkan kotak styrofoam tapi sebelumnya di lapisi kertas minyak pada bagian dalamnya. Biasanya digunakan untuk penggunaan beberapa kali.
  • Plastik: Makanan yang di letakkan dalam kotak plastik. Umumnya sekarang digunakan oleh banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Karton: Makanan yang di letakkan dalam kotak yang terbuat dari sejenis kertas yang berukuran tebal. Umumnya digunakan untuk tempat kue.

Berdasarkan isinya[sunting | sunting sumber]

  • Kotak bekal: Kotak makan yang berisi makanan yang lengkap mulai dari nasi hingga lauk pauknya. Umumnya, dilengkapi dengan tempat minum.
  • Kotak kue: Kotak makan yang di khususkan untuk tempat kue, biasanya menggunakan kotak dari Styrofoam dan Dari karton. Namun, ada kue yang menggunakan plastik sebagai penyajiannya, contohnya kebab.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.