Kolaborasi di Uni Soviet yang diduduki Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cossack di Wehrmacht di bawah bendera Swastika, 1942. Uni Soviet barat daya.

Sejumlah besar warga Soviet dari berbagai etnis berkolaborasi dengan Jerman Nazi selama Perang Dunia II. Jumlah kolaborator Soviet dengan militer Jerman diperkirakan sebanyak antara satu hingga dua setengah juta.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Kolaborasi skala besar adalah hasil dari serangan Wehrmacht pada posisi Soviet selama Operasi Barbarossa 1941.

Setelah Operasi Barbarossa[sunting | sunting sumber]

Sumpah Tentara Pembebasan Ukraina untuk Adolf Hitler.
Bendera St. Andrew, sering digunakan oleh kolaborator Rusia.

Dua bentuk utama kolaborasi massa di wilayah Uni Soviet yang diduduki Nazi sepanjang Perang Dunia II adalah militer. Diperkirakan bahwa antara 600.000 dan 1.400.000 Soviet (Rusia dan non-Rusia) bergabung dengan pasukan Wehrmacht sebagai Hiwis (atau Hilfswillige) dalam tahap awal Operasi Jerman Barbarossa, termasuk 275.000 hingga 350.000 sukarelawan dan wajib militer "Muslim dan Kaukasia", menjelang implementasi selanjutnya dari metode administratif yang lebih menindas oleh SS. Sebanyak 20% dari tenaga kerja Jerman di Soviet Rusia terdiri dari mantan warga negara Soviet, sekitar setengahnya adalah etnis Rusia. Pasukan kolaborasi Ukraina terdiri dari sekitar 180.000 sukarelawan yang melayani dengan unit yang tersebar di seluruh Eropa. Jenis kolaborasi massa kedua adalah formasi keamanan pribumi (mayoritas etnik Rusia) mencapai ratusan ribu dan mungkin setinggi dua juta (250.000 relawan di Legiun Timur saja). Kolaborasi militer - tulis Alex Alexiev - terjadi dalam jumlah yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya menunjukkan bahwa, lebih sering daripada tidak Jerman pada awalnya dianggap lebih rendah dari dua kejahatan oleh Soviet non-Rusia.

Gerakan Pembebasan Rusia[sunting | sunting sumber]

Sturmbrigade RONA[sunting | sunting sumber]

Tambalan dikenakan oleh RONA

SS Sturmbrigade RONA (Русская освободительная национальная армия, РОНА; dalam bahasa Latin, RONA), yang dijuluki "Brigade Kaminski" setelah komandannya, SS- Brigadefuhrer, yang merupakan pasukan gabungan, yang berasal dari Pasukan sebelumnya adalah anggota milis yang berasal dari Rusia. Otonomi, sebuah rezim boneka kecil yang dibentuk oleh Jerman untuk melihat apakah pemerintahan boneka Rusia dapat diandalkan. Kaminski dan pemimpin pemerintahan, Konstantin Voskoboinik, terbunuh oleh partisan pada tahun 1942, membentuk sebuah unit yang memiliki kekuatan 10.000—15.000. Ketika Tentara Merah maju, pasukan Kaminski terpaksa mundur ke Belarus, dan kemudian ke Polandia pada tahun 1944. Di sana, RONA ditata ulang menjadi brigade SS, yang sebagian besar adalah Rusia, dengan sisanya terdiri dari etnis Soviet lainnya termasuk Ukraina., Belarusia dan Azerbaijan. Pada bulan Agustus, 1.700 pasukan brigade di bawah pimpinan Mayor Yuri Frolov dikirim ke Warsawa untuk memadamkan pemberontakan. Selama itu, pasukan RONA menjadi terkenal karena kekejaman mereka, melakukan pembunuhan, pemerkosaan, dan pencurian. Beberapa dilaporkan meninggalkan zona pertempuran dengan gerobak penuh barang curian. Sekitar 400 tentara hilang dalam pertempuran, termasuk Frolov.

Pada akhir Agustus, Bronislav Kaminski terbunuh. Kematiannya dikelilingi dengan misteri ketika, sementara catatan resmi menyatakan bahwa dia dibunuh oleh partisan Polandia, diyakini bahwa Kaminski dieksekusi oleh SS. Alasannya dianggap kejahatan perang unitnya dan / atau sekarang Heinrich Himmler mendukung Pasukan Pembebasan Rusia Jenderal Andrey Vlasov, dia ingin menghilangkan saingan potensial. Sisa brigade direformasi menjadi Divisi Grenadier SS Waffen 29 "RONA", yang dibubarkan pada bulan November 1944. Sisanya yang berjumlah 3.000-4.000 orang dikirim untuk bergabung dengan pasukan Vlasov. Tentara Rakyat Ukraina

Koran[sunting | sunting sumber]

  • Dobrovoletz ( Der Freiwillige ) - unit sukarelawan Rusia
  • Novoye Slovo - Berita politik resmi Andrei Vlasov, di Berlin