Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miss Kobayashi's Dragon Maid
Sampul volume pertama manga yang menampilkan Kobayashi (kiri) dan Tohru (kanan).
小林さんちのメイドラゴン
(Kobayashi-san Chi no Meidoragon)
Genre
Manga
PengarangCoolkyousinnjya
PenerbitFutabasha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahMonthly Action
DemografiSeinen
Terbit25 Mei 2013 – sekarang
Volume15 (Daftar volume)
Manga
Miss Kobayashi's Dragon Maid: Kanna's Daily Life
PengarangMitsuhiro Kimura
PenerbitFutabasha
Penerbit bahasa Inggris
Seven Seas Entertainment
MajalahMonthly Action
DemografiSeinen
Terbit24 Desember 2016 – sekarang
Volume12 (Daftar volume)
Anime
SutradaraYasuhiro Takemoto
Produser
  • Mikio Uetsuki
  • Risa Sakai
  • Shigeru Saitō
  • Shinichi Nakamura
SkenarioYuka Yamada
MusikMasumi Itō
StudioKyoto Animation
PelisensiCrunchyroll[3]
Tayang 12 Januari 2017 6 April 2017
Manga
Miss Kobayashi's Dragon Maid: Elma's Office Lady Diary
PengarangAyami Kazama
PenerbitFutabasha
Penerbit bahasa Inggris
Seven Seas Entertainment
MajalahMonthly Action
DemografiSeinen
Terbit25 Agustus 2017 – sekarang
Volume8
Manga
Miss Kobayashi's Dragon Maid: Lucoa is my xx
PengarangUtamaro
PenerbitFutabasha
MajalahMonthly Action
DemografiSeinen
Terbit25 Januari 2019 – sekarang
Volume7 (Daftar volume)
Manga
Miss Kobayashi's Dragon Maid: Fafnir the Recluse
PengarangNobuyoshi Zamurai
PenerbitFutabasha
MajalahMonthly Action
DemografiSeinen
Terbit25 November 2020 – sekarang
Volume4
Anime
Miss Kobayashi's Dragon Maid S
Sutradara
SkenarioYuka Yamada
MusikMasumi Itō
StudioKyoto Animation
Tayang 8 Juli 2021 23 September 2021
 Portal anime dan manga

Miss Kobayashi's Dragon Maid (Jepang: 小林さんちのメイドラゴン, Hepburn: Kobayashi-san Chi no Meidoragon) adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Coolkyousinnjya. Serial ini memulai serialisasi di majalah Monthly Action Futabasha sejak Mei 2013 dan dilisensikan di Amerika Utara oleh Seven Seas Entertainment. Empat manga spin-off juga telah diserialkan di Monthly Action. Adaptasi serial televisi anime oleh Kyoto Animation ditayangkan di Jepang antara Januari dan April 2017. Musim kedua berjudul Miss Kobayashi's Dragon Maid S ditayangkan perdana pada Juli 2021.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Saat pekerja kantor dan programmer Kobayashi bersiap-siap untuk bekerja, dia disambut oleh naga besar tepat di luar pintu depannya. Naga itu segera berubah menjadi seorang gadis manusia dengan pakaian pelayan, dan memperkenalkan dirinya sebagai Tohru. Ternyata, saat mabuk perjalanan ke pegunungan pada malam sebelumnya, Kobayashi bertemu dengan naga yang mengaku datang dari dunia lain. Selanjutnya, Kobayashi telah melepaskan pedang suci dari punggung Tohru, mendapatkan rasa terima kasihnya. Dengan Tohru tidak memiliki tempat tinggal, Kobayashi menawarkan untuk membiarkan naga itu tinggal di rumahnya dan menjadi pelayan pribadinya, yang dia setujui.

Meskipun efisien dalam pekerjaan rumah, Metode tata graha Tohru yang tidak ortodoks sering berakhir menakuti Kobayashi dan membawa lebih banyak masalah daripada bantuan. Selain itu, kehadiran Tohru menarik naga, dewa, dan makhluk mitos lainnya ke rumah barunya. Salah satu naga ini, Kanna, muncul di pintu Kobayashi, menuntut agar Kobayashi mengembalikan Tohru ke dunia lain. Kemudian terungkap bahwa dia telah diasingkan dari dunia lain, dan tidak punya tempat tinggal, Kobayashi membawanya masuk dan menjadi walinya. Saat Tohru dan Kanna menetap di dunia manusia, Kobayashi mulai menganggap mereka sebagai keluarga.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Kobayashi (小林)
Pengisi suara: Mutsumi Tamura[5] (Jepang); Leah Clark[6] (Inggris)
Seorang programmer normal dan pekerja kantor yang tiba-tiba menemukan dirinya hidup dengan seekor naga setelah mengeluarkan pedang suci darinya pada malam mabuk. Meskipun biasanya tabah dan baik hati, dia bisa menjadi liar saat mabuk.
Tohru (トール, Tōru)[b]
Pengisi suara: Yūki Kuwahara[5] (Jepang); Sarah Wiedenheft[6] (Inggris)
Naga betina dari faksi Kekacauan yang berasal dari dunia lain yang disebut alam naga yang mampu menggunakan sihir untuk melakukan tugas seperti "memblokir persepsi.", yang menyebabkan orang mengabaikannya, memperbaiki kerusakan yang mungkin disebabkannya, atau mengubah antara naga dan manusia. Setelah hidupnya diselamatkan oleh Kobayashi, dia jatuh cinta padanya dan mulai tinggal di apartemen flatnya sebagai pembantu.[8]
Kanna Kamui (カンナカムイ)
Pengisi suara: Maria Naganawa[5] (Jepang); Jad Saxton[6] (Inggris)
Teman Tohru dari alam naga yang diasingkan dari dunianya karena terlalu banyak mengerjai naga lain dan akhirnya tinggal bersama Kobayashi juga. Meskipun dia jauh lebih tua dari yang terlihat, dia sangat muda menurut standar naga, setara dengan siswa sekolah dasar di Sekolah Dasar Oborozuka (朧ズカ 小学校, Oborozuka Shōgakkō), yang dia hadiri sebagai siswa kelas tiga dengan nama keluarga Kobayashi. Dia awalnya berasumsi bahwa Kobayashi merayu Tohru untuk tinggal dan ingin dia kembali ke dunia asal mereka. Dia tumbuh semakin melekat pada Kobayashi seiring berjalannya seri, melihatnya sebagai sosok ibu.

Naga[sunting | sunting sumber]

Elma (エルマ, Eruma)
Pengisi suara: Yūki Takada[5] (Jepang); Rachel Glass[9] (Inggris)
Seekor naga air milik faksi Kedamaian, saingan faksi Kekacauan Tohru, yang akhirnya bekerja bersama Kobayashi di kantornya setelah terjebak di dunia manusia. Dia seperti sangat kuat dia rajin dan terdorong, tapi juga naif, bimbang, dan mudah terombang-ambing oleh makanan (terutama permen) karena pendapatannya yang rendah. Bentuk manusianya dibedakan oleh rambut ungu, sebuah tanduk (yang dia sembunyikan untuk bekerja), kebiasaannya menggantungkan jaket atau kimono di bahunya, dan memegang trisula; Elma Joui (上井 エルマ, Jōi Eruma) adalah identitas yang dia gunakan saat berada di tempat kerja Kobayashi.
Fafnir (ファフニール, Fafunīru)
Pengisi suara: Daisuke Ono[10] (Jepang); Garret Storms[6] (Inggris)
Teman lama Tohru lainnya, dia adalah naga faksi Kekacauan laki-laki dengan ketidakpercayaan yang kuat terhadap manusia yang menyebabkan dia mempertanyakan banyak tindakan dan cita-cita Tohru dalam penampilan sebelumnya. Dia berbagi beberapa kemiripan dengan ciri-ciri senama nya,seperti sikapnya yang dingin dan mentalitasnya yang menghina. Dia muncul sebagai pria muda yang halus dengan rambut hitam panjang dan mata merah dalam bentuk manusia. Setelah upaya Tohru untuk mencarikannya tempat tinggal (dengan nama Takeshi Ooyama (大山 猛, Ōyama Takeshi)), Fafnir akhirnya tinggal bersama Takiya, menjadi terobsesi dengan permainan video dan budaya populer.
Lucoa (ルコア, Rukoa)
Pengisi suara: Minami Takahashi[5] (Jepang); Jamie Marchi[6] (Inggris)
Quetzalcoatl (ケツァルコアトル, Ketsarukoatoru) adalah dewi naga Aztec dan teman Tohru lainnya, yang tidak bersekutu dengan kedua faksi, dan kehilangan status ilahinya berabad-abad yang lalu setelah mabuk dan menyebabkan skandal yang melibatkan adik perempuannya, sangat mirip dengan Quetzalcoatl dari mitologi aslinya. Dia sering disebut sebagai Lucoa (dari "lcoa" dari nama dewa yang disesuaikan dengan suku kata Jepang) dan Tohru melihatnya sebagai sumber kebijaksanaan tetapi kadang-kadang dengan santai merujuk peristiwa di masa lalunya, yang membuat Lucoa malu. Dia tinggal bersama Shota setelah dia menyela mantra pemanggilannya untuk mencegahnya memanggil iblis berbahaya, menyebabkan dia secara keliru percaya bahwa dia adalah succubus.
Ilulu (イルル, Iruru)
Pengisi suara: Tomomi Mineuchi[11] (Jepang); Kristi Rothrock[12] (Inggris)
Naga faksi Kekacauan yang menargetkan Tohru karena hubungannya dengan manusia, mencoba untuk menghancurkan kota dalam prosesnya. Dia kemudian mengalihkan pandangannya ke Kobayashi, mencoba membuatnya dan Tohru berpisah untuk membuktikan keyakinannya, tapi setelah Kobayashi dan Tohru menyelamatkannya dari naga Kedamaian, dia berubah pikiran dan akhirnya tinggal bersama mereka. Ilulu muncul dalam wujud manusianya sebagai gadis mungil dengan payudara yang sangat besar. Pertumbuhan mentalnya agak terganggu karena berbagai keyakinan yang dipaksakan padanya oleh naga kekacauan lainnya. Ketika dia masih muda, dia menikmati bermain dengan anak-anak manusia, dan sejak datang ke Bumi, dia telah mengambil pekerjaan di toko permen, sehingga dia masih bisa melihat anak-anak ketika mereka bahagia.
Damocles, Kaisar Kekacauan (終焉帝, Shūentei)
Pengisi suara: Takayuki Sugō (Jepang); John McCalmont (Inggris)
Ayah Tohru, yang tidak menyetujui hubungan Tohru dengan Kobayashi karena keyakinan mereka sebagai naga Kekacauan dan karena aturan non-interferensi tentang Bumi. Dia mencoba untuk memaksa Tohru untuk pergi bersamanya tetapi memutuskan untuk membiarkannya tinggal setelah Kobayashi menentangnya, meskipun tahu betapa mudahnya dia bisa membunuhnya. Dia masih meninggalkan Kobayashi hidup-hidup, karena dia tidak ingin mengambil risiko membuat marah Tohru, yang dia akui lebih kuat darinya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Coolkyousinnjya mulai menerbitkan seri ini dalam edisi pertama majalah Monthly Action Futabasha pada 25 Mei 2013.[13][14] Seven Seas Entertainment melisensikan seri ini di Amerika Utara, dan mereka merilis volume pertama pada Oktober 2016.[15][16][17] Sebuah manga spin-off yang diilustrasikan oleh Mitsuhiro Kimura, berjudul Miss Kobayashi's Dragon Maid: Kanna's Daily Life (小林さんちのメイドラゴン カンナの日常, Kobayashi-san Chi no Maidragon: Kanna no Nichijō), memulai serialisasi dalam Monthly Action pada 24 Desember 2016.[18] Seven Seas Entertainment juga melisensikan spin-off di Amerika Utara.[19] Sebuah spin-off kedua yang digambar oleh Ayami Kazama, berjudul Miss Kobayashi's Dragon Maid: Elma's Office Lady Diary (小林さんちのメイドラゴン エルマのOL日記, Kobayashi-san Chi no Maidragon: Elma OL Nikki), memulai serialisasi dalam Monthly Action pada 25 Agustus 2017.[20] Spin-off kedua juga dilisensikan oleh Seven Seas.[21] Sebuah manga spin-off ketiga yang digambar oleh Utamaro memulai serialisasi di Monthly Action pada 25 Januari 2019.[22] Sebuah seri spin-off keempat yang digambar oleh Nobuyoshi Zamurai memulai serialisasi dalam Monthly Action pada 25 November 2020.[23]

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 18 April 2016, bungkusan sampul volume keempat dari seri mengungkapkan bahwa adaptasi serial televisi anime telah diberi lampu hijau.[24][25] Serial ini disutradarai oleh Yasuhiro Takemoto di Kyoto Animation[26] dan ditayangkan di Jepang antara 12 Januari dan 6 April 2017. Yuka Yamada menangani komposisi seri, Miku Kadowaki mendesain karakternya, Nobuaki Maruki menjabat sebagai kepala direktur animasi, dan musiknya digubah oleh Masumi Itō.[5]

Sebuah musim kedua diumumkan dengan perilisan volume manga kedelapan pada 12 Februari 2019.[27] Statusnya tidak diketahui untuk beberapa waktu setelah kematian Takemoto dalam serangan pembakaran Animasi Kyoto.[28] Berjudul Miss Kobayashi's Dragon Maid S (小林さんちのメイドラゴンS, Kobayashi-san Chi no Meidoragon S), musim tersebut ditayangkan antara 8 Juli dan 23 September 2021.[29][30] Kyoto Animation kembali untuk memproduksi musim.[31] Tatsuya Ishihara menggantikan Takemoto sebagai sutradara, meskipun Takemoto dikreditkan sebagai "sutradara seri" di bawah Ishihara. Yuka Yamada kembali untuk mengawasi skrip seri, Masumi Itō kembali sebagai komposer musik, dan Miku Kadowaki dan Nobuaki Maruki kembali sebagai desainer karakter dan direktur animasi utama, masing-masing. Anggota pemeran juga kembali untuk mengulangi peran mereka.[11]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Pada 23 September 2021, Bushiroad mengumumkan bahwa Kaminari Games sedang mengembangkan permainan video shoot 'em up berdasarkan seri. Berjudul Miss Kobayashi's Dragon Maid: Sakuretsu!! Chorogon Breath, itu dijadwalkan akan dirilis pada Q2 2022 di Nintendo Switch dan PlayStation 4, dengan versi bahasa Inggris dan Jepang.[32][33]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pekerjaan anumerta; Sutradara Seri (シリーズ監督)
  2. ^ Ditulis sebagai Thor di alamat tautan halaman karakter situs web resmi versi Anime[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Miss Kobayashi's Dragon Maid". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 7 January 2020. 
  2. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid". Funimation. Diakses tanggal 12 August 2021. 
  3. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2017 Anime Lineup". Crunchyroll. 20 January 2017. Diakses tanggal 9 March 2017. 
  4. ^ "Aniplus HD Airs Miss Kobayashi's Dragon Maid, Trickster Anime". Anime News Network. 31 December 2016. Diakses tanggal 2 July 2017. 
  5. ^ a b c d e f "Lucky Star & Hyōka's Yasuhiro Takemoto Directs Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime". Diakses tanggal 24 October 2016. 
  6. ^ a b c d e "Official Winter 2017 Simuldub Linup - Miss Kobayashi's Dragon Maid". Funimation. Diakses tanggal 31 January 2017. 
  7. ^ ドラゴン生活向上委員会. "CHARACTER | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴンS」公式サイト". CHARACTER | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴンS」公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2021-07-07. 
  8. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 December 2015. 
  9. ^ Phillips, Kyle [@KylePhillipsFUN] (March 23, 2017). "#DragonMaid #SimulDub ep 8 is up! You finally get to meet Elma, voiced by newcomer Rachel Glass! Give her some love!" (Tweet). Diakses tanggal August 4, 2021 – via Twitter. 
  10. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime Casts Daisuke Ono, Yūichi Nakamura". 25 November 2016. Diakses tanggal 29 November 2020. 
  11. ^ a b "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime's 1st Promo Video Unveils Cast, Staff". Anime News Network. 23 February 2021. Diakses tanggal 23 February 2021. 
  12. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Comes to Funimation This Summer". Funimation. Diakses tanggal August 4, 2021. 
  13. ^ "Crayon Shin-chan's Action Kamen Hero Stars in His Own Manga". Anime News Network. 17 June 2013. Diakses tanggal 12 December 2015. 
  14. ^ "月刊アクション創刊に先駆け、公式サイトで試し読み開始" (dalam bahasa Jepang). Mynavi Corporation. 23 May 2013. Diakses tanggal 24 October 2016. 
  15. ^ Green, Scott (12 December 2015). "Seven Seas Licenses "Miss Kobayashi's Dragon Maid" and "NTR: Netsuzou Trap"". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 December 2015. 
  16. ^ "Seven Seas Licenses Miss Kobayashi's Dragon Maid Manga". Anime News Network. 11 December 2015. Diakses tanggal 12 December 2015. 
  17. ^ Beveridge, Chris (12 December 2015). "Seven Seas Adds 'Miss Kobayashi's Dragon Maid' Manga". The Fandom Post. Diakses tanggal 12 December 2015. 
  18. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Manga Gets Spinoff in December". Anime News Network. 28 November 2016. Diakses tanggal 28 November 2016. 
  19. ^ "Seven Seas Licenses Made in Abyss, Nameless Asterism, Soul Liquid Chambers, Getter Robo Devolution Manga". Anime News Network. 3 July 2017. Diakses tanggal 3 July 2017. 
  20. ^ "Ayami Kazama Draws Miss Kobayashi's Dragon Maid Spinoff Manga". Anime News Network. 30 July 2017. Diakses tanggal 9 April 2018. 
  21. ^ Hodgkins, Crystalyn (8 July 2018). "Seven Seas Adds Railgun, Kobayashi's Dragon Maid, Orphen Spinoff Manga; 3 Light Novel Series". Anime News Network. Diakses tanggal 8 July 2018. 
  22. ^ Ressler, Karen (December 29, 2018). "Miss Kobayashi's Dragon Maid Gets New Spinoff Manga About Lucoa, Shota". Anime News Network. Diakses tanggal October 24, 2020. 
  23. ^ Sherman, Jennifer (October 23, 2020). "Miss Kobayashi's Dragon Maid Manga Gets New Spinoff About Fafnir". Anime News Network. Diakses tanggal October 24, 2020. 
  24. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 18 April 2016. Diakses tanggal 18 April 2016. 
  25. ^ Chapman, Paul (19 April 2016). ""Miss Kobayashi's Dragon Maid" Anime Heading to Japanese TV". Crunchyroll. Diakses tanggal 19 April 2016. 
  26. ^ "Kyoto Animation Makes Miss Kobayashi's Dragon Maid TV Anime for January Debut". Anime News Network. 24 October 2016. Diakses tanggal 29 November 2020. 
  27. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime Gets 2nd Season". Anime News Network. 11 February 2019. Diakses tanggal 11 February 2019. 
  28. ^ "「らき☆すた」武本監督の悲報、親族に 京アニ放火" [Bad news of Mr Takemoto's father from his family: The director of Lucky Star died from the Kyoto Animation fire]. The Nikkei (dalam bahasa Jepang). 26 July 2019. Diakses tanggal 26 July 2019. 
  29. ^ Hodgkins, Crystalyn (June 5, 2021). "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime Reveals 2nd Promo Video, New Visual, July 7 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal June 5, 2021. 
  30. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime Unveils New Visual, July Premiere". Anime News Network. 14 January 2021. Diakses tanggal 14 January 2021. 
  31. ^ "Kyoto Animation Produces Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime Season 2 for 2021 Debut". Anime News Network. 10 August 2020. Diakses tanggal 10 August 2020. 
  32. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid: Sakuretsu!! Chorogon Breath announced for PS4, Switch". Gematsu. 22 September 2021. Diakses tanggal 22 September 2021. 
  33. ^ "『小林さんちのメイドラゴン』初のゲーム化 PS4・Switchで来春発売" (dalam bahasa Jepang). Oricon. 22 September 2021. Diakses tanggal 22 September 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]