Kerststol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerststol.
Potongan Kerststol dengan pasta almond di tengahnya

Kerststol adalah roti tradisional Belanda yang ditaburi dengan manisan kulit buah, kismis, gula bubuk dan dimakan pada waktu Natal. Roti yang berisi pasta almond disebut dengan "stol". Jika tidak, hanya roti natal biasa. Selama liburan bulan Desember, kerststol akan menjadi bagian dari sarapan atau brunch dan dapat ditawarkan kepada tamu sebagai pengganti kue, ditemani secangkir kopi atau teh.[1]

Kue ini terbuat dari adonan roti-ragi dengan buah-buahan kering, kismis, kulit lemon dan jeruk, air, susu, mentega, gula, vanili, brendi dan kayu manis.

Kadang, variasi yang lebih mewah memasukkan kenari cincang, almond, atau kacang hazel.[2] Jahe bubuk atau parutan jahe, ceri kering dan cranberry, apel, kiwi atau kapulaga juga dapat ditambahkan ke adonan kue. Adonan kue, setelah didiamkan diisi dengan pasta almond (amandelspijs)[3] yang diletakkan di tengah kue. Adonan dilipat diatas pasta almond, memanjang dan dengan lembut dicubit agar tertutup. Bila sudah siap, kue ditaburi gula dingin sebelum disajikan, potong tebal dan olesi dengan mentega.

Jenis kue ini juga terdapat untuk Paskah, disebut paasstol atau paasbrood.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kerststol: Roti Natal
  2. ^ "Kerststol of kerstbrood". Mijn Receptenboek. 2007-10-13. Diakses 2009-01-21. 
  3. ^ "Recepten kerststol". Twente.nl. Diakses 2009-01-21. [pranala nonaktif]