Kerep, Kemiri, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerep
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purworejo
Kecamatan Kemiri
Kodepos 54262
Luas 3,5 km^2
Jumlah penduduk 1800 jiwa
Kepadatan 500 jiwa/km^2

Kondisi Geografis[sunting | sunting sumber]

Kerep adalah desa di kecamatan Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Kerep terletak disebelah barat ibukota kecamatan Kemiri. Berbatasan dengan desa Kemiri Kidul disebelah selatan-timur, desa Gedong disebelah selatan-barat, desa Kroyo lor disebelah barat-utara, desa Rejosari disebelah barat-selatan dan desa Kalimeneng disebelah utara. Wilayah desa Kerep memiliki luas kurang lebih 3, 5 km^2 dan dibagi kedalam 2 RW dan 4 RT. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah yang didominasi oleh persawahan dan kebun.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk desa Kerep kurang lebih 1800 jiwa. Sebagian besar penduduk desa didominasi oleh suku jawa dan bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa dengan dialek bagelen. Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah bertani dan berdagang, ada juga sebagian kecil PNS, pegawai swasta, peternak, wirausaha, dan sebagian kecil Pengangguran banyak acara (Pengacara).

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Sektor perekonomian desa Kerep ditopang dari sektor pertanian, dengan komoditi utamanya tanaman padi, selain padi desa Kerep, Kemiri juga terkenal dengan sentra pembibitan aneka tanaman keras seperti, albasia, mahoni, jabon, dan tanaman buah lainnya. Untuk sektor industri dan jasa terdapapat home industri Kerupuk Kulit, tapi sekarang sudah mulai berkurang sejalan sumber bahan dasarnya yang sulit didapat, industri penggergajian kayu, jasa bengkel motor, dll.

Sosial, Pendidikan dan Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Didesa Kerep terdapat institusi pendidikan mulai dari tingkat TK sampai SMP, yaitu TK Tunas Muda, SD Negeri Kerep dan SMP Negeri 18 Purworejo, selain itu juga terdapat kantor instansi pemerintah seperti UPT Departemen Pendidikan Nasional dan PT Pos (Persero), masjid terbesar didesa Kerep yaitu masjid Al Hikmah Selain itu juga ada Masjid Nurul Hamiid, ada juga beberapa mushola. Masyarakat desa kerep masih memegang teguh tradisi leluhur dan budaya jawa seperti berbagai upacara selamatan dan kenduri, selain itu desa Kerep jugamempunyai grup kesenian Kuda Lumping yang bernama "Grup Kuda Lumping Panji Wulunh", selain itu juga terdapat Grup Qasidah Modern Nur Hidayah, yang lahir dari perkumpulan Ibu-ibu PKK desa Kerep Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Grup Qasidah Modern ssaat ini di ketuai oleh Bp Adi Suwito. Grup Kesenian Dolalak Puteri " Karya Muda" juga masih eksis di desa Kerep. . Desa Kerep juga mempunyai tim kesebelasan sepakbola dan menjadi home basenya yaitu ANKER FC yang memiliki prestasi membanggakan. Anker FC lahir pada tahun 1995 sipimpin oleh ketua Karang Taruna Ketika Itu Bp, Riswandi.Sampai sekarang Bp. Riswandi masih sebagai sesepuh Anker FC. Transportasi menuju/dari desa kerep cukup mudah karena dilewati jalan raya antar kecamatan dan dapat diakses dengan mudah menggunakan Angkot,ojek,delman, becak, atau kendaraan pribadi lainnya. Desa Kerep juga terkenal dengam tempat kulinernya yaitu nasi goreng dan bakmi "TERBIZ". Aelain itu ada warung kecil yang punya pelanggan tetap walau sedikit tetapi cukup terkenal yaitu warung Kopi "Mesem"


Desa Kerep terletak disebelah barat ibu kota kecamatan Kemiri.