Kepulauan Santa Maria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepulauan Santa Maria
Keuplauan Lava Basaltik Santa Maria
Pulau
NegaraIndia
StateKarnataka
DistrikUdupi
Ketinggian
10 m (30 ft)
Bahasa
 • ResmiKannada
Zona waktuUTC+5:30 (WSI)
Empat Pulau -Pulau Kelapa, Pulau Utara, Pulau Daryabahadurgarh dan Pulau Selatan

Kepulauan Santa Maria, yang juga dikenal sebagai Pulau Kelapa dan Thonsepar, adalah sebuah rangkaian pulau-pulau kecil di Laut Arab lepas pesisir Malpe di Udupi, Karnataka, India. Kepulauan tersebut dikenal karena formasi geologi tak biasanya dari lava basaltik kolumnar (lihat gambar).[1]

Bentuk kepulauan tersebut menjadi salah satu dari empat monumen geologi di negara bagian Karnataka, salah satu dari 26 Monumen Geologi India yang diangkat oleh Badan Survei Geologi India pada 2001. Monumen tersebut dianggap menjadi sebuah tempat berpengaruh untuk "Pariwisata Geo".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita rakyat, pada tahun 1498, Vasco da Gama mendarat di Kepulauan Santa Maria pada perjalanannya dari Portugal, memutuskan untuk melintas pulau tersebut dan menamakan salah satu dari pulau-pulau tersebut, O Padrão de Santa Maria, sebagai dedikasi kepada Bunda Maria, sebelum menuju ke Kozhikode di Kerala.[2] Sejak saat itu, nama tersebut disematkan kepada kepulauan tersebut hingga saat ini.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Columnar Basalt". Badan Survei Geologi India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-21. Diakses tanggal 2008-07-26. 
  2. ^ "15 natural wonders in India you should know about". http://ibnlive.in.com/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-01. Diakses tanggal 1 September 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ Prabhu, Ganesh (2006-03-31). "A beach and an island to relax on". The Hindu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-12-13. Diakses tanggal 2008-10-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Karnataka