Kekrops

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kekrops

Kekrops (bahasa Yunani: Κέκρωψ) adalah salah satu raja Athena dalam mitologi Yunani. menurut Strabo, namanya tidak berasal dari bahasa Yunani melainkan dari bahasa barbar[1]. Kekrops dilahirkan langsung dari bumi dengan badan setengah manusia dan setengah ular. Dia adalah pendiri dan raja pertama Athena. Kekrops mengajarkan rakyat Athena membaca, tata cara menikah, dan tata cara penguburan.

Dalam masa pemerintahannya, Athena menjadi dewi pelindung kota Athena setelah melalui persaingan dengan Poseidon. Mereka akan memberi hadiah untuk rakyat Athena dan Kekrops akan memilih salah satu hadiah tersebut. Poseidon menancapkan trisulanya pada sebuah batu dan air memancar keluar; air tersebut asin dan tidak banyak berguna sedangkan Athena membenturkan tombaknya ke tanah dan tumbuhlah pohon zaitun. Kekrops memutuskan bahwa zaitun jauh lebih bermanfaat dan dengan demikian memilih dewi Athena sebagai pelindung kota Athena.

Akropolis dikenal sebagai Kekropia untuk menghormatinya.

Kekrops memiliki tiga orang anak: Herse, Pandrosos dan Agraulos. kepada mereka dia memberikan sebuah kotak berisi bayi Erikhthonios untuk dijaga. Mereka mengintip isinya dan terkejut setelah melihat dua ekor ular bersama bayi tersebut, mereka berlari ketakutan dan mejatuhkan diri dari Akropolis hingga mati. Versi lainnya megatakan mereka berubah menjadi batu.

Kekrops menikah dengan Agraulos, anak Aktaios. Kekrops digantikan oleh Kranaos.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strabo 7.7.1
Didahului oleh:
Aktaios
Raja Athena Diteruskan oleh:
Kranaos