KTX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
KTX
Sebuah kereta KTX di Stasiun Dongdaegu.
Hangeul 고속 철도
Hanja 高速鐵道
Alih Aksara yang Disempurnakan Gosok Cheoldo
McCune–Reischauer Kosok Ch'ŏlto

Korea Train eXpress (disingkat KTX; bahasa Korea: 한국고속철도) adalah kereta kecepatan tinggi Korea Selatan.[1] Kereta ini dirancang berdasarkan dari teknologi TGV Perancis dan memiliki kecepatan tertinggi 300 km/jam atau lebih. Pada 16 Desember 2004, HSR350X mencapai kecepatan percobaan pada 352,4 km/jam. Setelah 12 tahun dalam pembangunan, bagian pertama sistem yang menghubungkan Seoul ke Busan lewat Daejeon dan Daegu dan Seoul ke Mokpo (Jalur Honam) dibuka pada 31 Maret 2004. Dengan menggunakan rel kecepatan tinggi setengah bagian saja, jalur ini dapat memotong waktu perjalanan antara Seoul dan Busan (Jalur Gyeongbu) dari 260 menit menjadi 160 menit; peningkatan ke 116 menit direncanakan pada 2010, ketika kereta ini beralih ke jalur kecepatan tinggi seluruhnya.

Konstruksi bagian kedua yang menghubungkan Daegu dan Gyeongju ke Busan dimulai pada Juni 2002. Jalur ke Gangneung dalam pertimbangan. Sebanyak 46 kereta dibuat; dua belas dibuat di Perancis oleh Alstom, sisanya di Korea Selatan oleh pabrik lokal. Jalur akan dibuat dengan bantuan teknisi SNCF.

Perusahaan jasa pariwisata biasanya memanfaatkan KTX dalam paket turnya.[1] Selain kereta cepat, KTX juga menyediakan jasa bus ekspres yang melayani jalur Seoul dengan berbagai kota dengan waktu tempuh yang singkat.[1] Tiket KTX dapat dipesan melalui mesin tiket otomatis yang disediakan di stasiun kereta, atau dapat pula melalui internet.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Passport to Korean Culture. Korean Culture and Information Service - Ministry of Culture, Sports and Tourism, Seoul, Republic of Korea. 2010. hlm. 19. ISBN 978-89-7375-153-2 03910. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]