KTT Slowakia 2005

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo KTT Slowakia 2005
Prangko KTT Slowakia 2005
Kastel Bratislava, lokasi KTT Slowakia 2005

KTT Slowakia 2005 adalah sebuah konferensi tingkat tinggi antara George W. Bush, Presiden Amerika Serikat, dan Vladimir Putin, Presiden Rusia di Bratislava, Slowakia. Pertemuan tersebut berlangsung pada 23 hingga 25 Februari 2005. KTT ini merupakan kesempatan pertama di mana Presiden AS mengunjungi Slowakia semenjak kemerdekaannya tahun 1993. KTT terakhir berlangsung di Slovenia tahun 2001.

Juga turut hadir adalah Condoleezza Rice (Menteri Luar Negeri AS) dan Sergei Lavrov (Menteri Luar Negeri Rusia) serta Ibu Negara dari kedua negara, Laura Bush dan Liudmila Putina.

Kunjungan Bush ke Eropa sebelum mengikuti KTT[sunting | sunting sumber]

Sebelum mengikuti KTT, Bush telah berkunjung ke Brussels dan bertemu dengan beberapa peimpin Eropa dan dewan Uni Eropa dan NATO, termasuk Tony Blair, Silvio Berlusconi, Jacques Chirac, dan Javier Solana. Bush juga bertemu dengan Viktor Yushchenko, Presiden Ukraina yang baru dilantik, dan memberikan pidato yang ditunjukkan bagi warga Eropa tentang kebijaksanaan yang ditempuh AS. Bush kemudian berkunjung ke Jerman dan bertemu dengan Gerhard Schröder. Sebagai persiapan dari KTT, Condoleezza Rice bertemu dengan para pejabat di ibu kota-ibu kota Eropa selama satu pekan.

KTT[sunting | sunting sumber]

Bush bertemu dengan pemimpin Slowakia seperti Presiden Ivan Gasparovic dan PM Mikulas Dzurinda. Pada 24 Februari Bush berpidato dengan publik di Lapangan Hviezdoslav, Bratislava.

Tema diskusi pada KTT sebagian merupakan rahasia, tetapi mencakup demokrasi di Rusia (merupakan topik utama pada konferensi pers selanjutnya), situasi di Iran, pembicaraan nuklir Korea Utara dan topik internasional lainnya. Salah satu tujuan dari aktivitas KTT adalah meningkatkan hubungan antara AS dan Eropa. Slowakia merupakan sekutu AS dalam Perang Irak dan mengirim pasukan dalam Coalition of the willing (negara-negara yang mendukung penyerbuan ke Irak).

Terkait dengan KTT, sebuah konferensi bertema A New Quest for Democracy diadakan di Bratislava yang diselenggarakan oleh Dana Marshall bersama rekan-rekan Slowakia yang berjuang untuk demokrasi dari Eropa Timur (Belarus, Serbia, dll).

Kedua Ibu Negara berkunjung ke Istana Primate. Laura Bush meresmikan sebuah departemen mengenai sastra AS di Universitas Perpustakaan, Bratislava. Liudmila Putina meresmikan departemen mengenai sastra Rusia di perpustakaan yang sama sehari kemudian.

Bush berjanji administrasi AS akan menyiapkan "peta jalan" bagi Slowakia (dan mungkin juga negara tetangga di Eropa Tengah) yang bertujuan menghapus penggunaan visa masuk ke AS bagi warga Slowakia dan negara-negara tetangga.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Keamanan menjadi perhatian utama bagi seluruh peserta KTT. Tentara Slowakia dan pemerintah Slowakia telah berjanji menjamin keamanan setiap individu. Mereka yang diterjunkan untuk mengamankan KTT ialah:

  • 5.300 polisi
  • 400 tentara
  • SA-10 Grumble - sebuah sistem rudal anti-aircraft dalam status siaga
  • laboratorium kimia - siaga jika terjadi kasus serangan kimia
  • pengintaian udara permanen oleh Mig-29
  • pemerintah Slowakia telah menyiapkan Undang-Undang di mana menteri pertahanan boleh memberi izin penembakan pesawat terbang sipil

Langkah keselamatan umum[sunting | sunting sumber]

  • patroli keamanan ditingkatkan di Bandara General M. R. Štefánik, Bratislava
  • pembatasan lalu lintas; lori bermuatan di atas 3,5 ton dilarang melintas selama tiga hari
  • Bratislava, ironisnya dijuluki "Benteng Bratislava" pada saat itu, mencakup tiga zona keamanan (Kastel Bratislava, Lapangan Hviezdoslav, Istana Presiden), yang setiap zona dibagi menjadi 3 lingkaran (kuning - area terkontrol, hijau - area kontrol lebih ketat dan merah - area larangan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]