KRI Teluk Tomini (508)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
KRI Teluk Langsa (501) dan KRI Teluk Tomini (508) pada 2 Mei 2012
Sejarah
Amerika Serikat
Nama LST-356
Pembangun Charleston Navy Yard
Pasang lunas 7 September 1942
Diluncurkan 16 September 1942
Sponsor Nyonya Harold Rivington Parker
Mulai berlayar 22 Desember 1942
Dipensiunkan 2 Juli 1946
Ganti nama Bledsoe County, 1 Juli 1955
Asal nama Bledsoe County
Dicoret 1 September 1960
Identifikasi
Penghargaan 3 bintang pertempuran (PD II)
Nasib Dijual untuk dibongkar, 8 Maret 1961, tetapi malah memasuki layanan komersial
Indonesia
Nama Teluk Tomini
Asal nama Teluk Tomini
Diperoleh 9 Februari 1967
Dipensiunkan 3 Mei 2012
Dicoret 3 Mei 2012
Pelabuhan daftar Tanjung Priok
Identifikasi
Nasib Dibongkar, Mei 2012
Ciri-ciri umum
Kelas dan jenis
Berat benaman
  • 1.625 ton panjang (1.651 t) ringan
  • 4.080 ton panjang (4.145 t) penuh
  • Panjang 328 ft (100 m)
    Lebar 50 ft (15 m)
    Sarat air
    • Dibongkar:
    • Bow: 2 ft 4 in (0,71 m)
    • Stern: 7 ft 6 in (2,29 m)
    • Dimuat :
    • Bow: 8 ft 2 in (2,49 m)
    • Stern: 14 ft 1 in (4,29 m)
    Kedalaman
  • 8 ft (2,4 m) haluan
  • 14 ft 4 in (4,37 m) buritan (muatan penuh)
  • Pendorong 2 General Motors 12-567 mesin diesel, dua poros, kemudi kembar
    Kecepatan 12 knot (22 km/h; 14 mph)
    Kapal dan pesawat
    yang diangkut
    Dua or enam LCVP
    Tentara 14–16 perwira, 131–147 tamtama
    Awak kapal 7–9 petugas, 104–120 tamtama
    Sensor dan
    sistem pemroses
    • pada KRI Teluk Tomini
    • Radar pencarian dan navigasi permukaan AN/SPS-21
    Senjata
  • sebagai USS LST-356
  • 2 × dudukan meriam kembar 40 mm dengan pengarah Mk.51
  • 4 × dudukan meriam 40 mm tunggal
  • 12 × dudukan meriam 20 mm tunggal
  • sebagai KRI Teluk Tomini
  • 8 × dudukan senjata 37 mm tunggal
  • USS LST-356 adalah landing ship tank kelas LST-1 yang dibangun untuk Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Dia memperoleh tiga bintang pertempuran selama perang dan dinonaktifkan pada bulan Juli 1946. Pada bulan Juli 1955, dia diberi nama USS Bledsoe County (LST-356) untuk menghormati Bledsoe County, Tennessee, tetapi tidak pernah melihat dinas aktif dengan nama itu. Bledsoe County dihapus dari Daftar Kapal Angkatan Laut pada bulan September 1960 dan dijual untuk dibuang pada bulan Maret 1961. Dia tampaknya malah dijual ke layanan komersial pada tahun 1962, melayani dengan beberapa nama selama lima tahun berikutnya. Pada tahun 1967 diakuisisi oleh Angkatan Laut Indonesia dan berganti nama menjadi KRI Teluk Tomini (508). Pada tahun 2012, kapal tersebut dinonaktifkan dan dibongkar.[2]

    Sejarah layanan[sunting | sunting sumber]

    Lunas LST-356 pertama kali diletakkan pada tanggal 7 September 1942 di Charleston Navy Yard; diluncurkan pada 16 September 1942; disponsori oleh Nyonya Harold Rivington Parker; dan ditugaskan pada 22 Desember 1942.

    Mediterania, 1943–1944[sunting | sunting sumber]

    Setelah penggeledahan di Teluk Chesapeake dan perbaikan pasca penggeledahan di New York Navy Yard, LST-356 berangkat ke pantai Afrika pada 19 Maret 1943. Dia berhenti di Bermuda antara 23 dan 27 Maret dan mencapai Senegal pada 13 April. Dari sana, dia bergerak ke utara dan memasuki Laut Mediterania. Selama beberapa minggu berikutnya, dia melakukan perjalanan antar-jemput antar pelabuhan di pantai Afrika Utara (Oran, Arzew, Tunis, dan Bizerte) sebelum dia mengambil bagian dalam "Operasi Husky" – invasi ke Sisilia. Untuk penyerangan itu, dia mendarat di Pantai Blue Two, di area "Cent" pada sore hari tanggal 10 Juli dan menurunkan muatan tank dan kendaraan lain dalam waktu satu jam. Kemudian, dia beralih ke tugas membongkar amunisi, bensin, dan gudang umum hingga diarahkan untuk menarik kembali dan berbaring di lepas pantai. Namun, selama fase retraksi, LST-356 mendarat di gundukan pasir di haluan kirinya, menyebabkan tangki bahan bakar di ruang mesin tambahan pecah. Namun, ia berhasil berjuang bebas dengan kekuatannya sendiri dalam waktu sekitar 20 menit dan kemudian melanjutkan perjalanan ke area transportasi.

    Keesokan harinya, dia melanjutkan bongkar muat, menggunakan perahunya dalam upaya tersebut. Kemudian, pada tanggal 12, dia membantu Charles Carroll (APA-28) menurunkan muatannya meskipun sering terjadi gangguan akibat serangan udara musuh. Terdampar lagi pada tanggal 13, kapal pendarat tank, dibantu oleh para insinyur Angkatan Darat, mulai membongkar sisa muatannya sendiri, dan awaknya menyelesaikan pekerjaannya pada tanggal 14. Selama beberapa minggu berikutnya, LST-356 berlayar tiga kali ke pelabuhan Sisilia membawa perbekalan ke Scoglitti, Gela, dan Palermo. Selama masa ini, ia juga membawa muatan peralatan radar dan peralatan pengarah pesawat tempur malam ke pulau Ustica, sekitar 40 mil (64 km) utara-barat laut Palermo. Sebelum tahun berakhir, kapal mengambil bagian dalam aksi amfibi keduanya, "Operasi Longsor", invasi di Salerno, Italia. Dia tiba di Teluk Salerno pada D-Day, 9 September, dan segera mulai melepaskan DUKW. Setelah menyelesaikan tugas ini sekitar 40 menit kemudian, dia berbaring, pintu landai dan haluan diamankan, untuk menunggu perintah. Selama periode tidak aktif tersebut, pesawat musuh muncul di atas, dan penembak kapal pendarat tank ikut menembak untuk mengusir mereka.

    LST-356 meluncurkan ponton dan tiba di kawasan pantai pada siang hari. Dia mendekati pantai di bawah serangan baterai pantai. Membongkar kendaraannya dengan cepat, LST-356, yang masih diserang, mundur dari pantai tanpa kesulitan tanpa mengalami kerusakan maupun korban jiwa. Setelah mengambil perahunya dan membawa tawanan perang Jerman, dia kembali ke daerah pertemuan. Berlangsung lagi, LST-356, yang dikonfigurasikan dengan "dek penerbangan", mulai meluncurkan pesawat pertama dari empat "Belalang" Piper L-4A Angkatan Darat Amerika Serikat untuk misi penghubung. Saat dia meningkatkan kecepatan untuk mengapit, L-4A pertama lepas landas, tetapi nyaris melewati pagar pembatas ke dudukan 40 milimeter yang dipasang di prakiraan. Pesawat kedua lepas landas dua menit kemudian, namun menabrak pagar pembatas dan jatuh ke laut dari haluan kanan. Menjalankan kemudi kanan yang keras dan menghentikan mesinnya, LST-356 mengayun ke kanan untuk menghindari menabrak "Belalang" yang terciprat. Untungnya, sebuah perahu dari Procyon (AKA-2) menjemput pilot Angkatan Darat tersebut, dan transportasi penyerang membawanya ke kapal dan mengobati luka-lukanya. Karena mengetahui bahwa landasan pacunya rusak, Letnan Jacquemot dan petugas yang bertanggung jawab atas pesawat memutuskan untuk tidak meluncurkan dua L-4A lainnya. Selama sisa hari dan sepanjang malam, LST-356 tetap berada di sekitarnya, krunya berada di markas umum karena serangan udara musuh secara berkala.

    Pada tanggal 10, LST-356 berangkat dalam konvoi ke Bizerte dan kemudian melakukan perjalanan lanjutan dari Bizerte ke Salerno; Tripoli ke Salerno; dan Bizerte ke Taranto, mengangkat pasukan serta perlengkapan Amerika dan Inggris. Saat terlibat dalam salah satu misi serupa pada tanggal 15 September, LST-356 berada di bawah "tembakan musuh yang sangat berat di pantai" di lepas pantai Green Beach di wilayah serangan utara. Peluru-peluru mendarat di kedua sisi kapal, di bawah buritan dan di pantai tepat di luar jalur landai; Namun, kecuali seorang penumpang Angkatan Darat Inggris yang mengalami luka parah di kaki, mereka yang menaiki LST-356 kembali selamat tanpa luka.

    Invasi ke Prancis, 1944–1945[sunting | sunting sumber]

    Meninggalkan Mediterania pada musim gugur 1943, LST-356 melanjutkan ke Inggris, di mana dia menghabiskan bulan-bulan berikutnya untuk melakukan perbaikan dan pelatihan untuk invasi Normandia. Meskipun bukan bagian dari fase awal "Operasi Neptunus", dia mengambil bagian dalam aksi lanjutan. Dia berangkat dari Sungai Thames dalam konvoi, dan tiba di Pantai Sword pada sore hari tanggal 14 Juni, mengalirkan rentetan balonnya "hingga ketinggian yang mematikan", dan membuat asap saat senja dan malam hari. Meskipun serangan udara sporadis terjadi pada malam itu, dia menahan tembakannya sesuai dengan instruksi dari komandan pantai.

    Keesokan harinya, LST-356 dan enam LST Amerika lainnya menerima perintah untuk melanjutkan perjalanan ke pantai "Queen Red". Satu jam setelah air pasang, kapal pendarat tank masih memiliki air setinggi 10 kaki (3,0 m) di ujung tanjakan, sehingga terlihat jelas bahwa "...bahwa kami harus mengeringkan diri agar dapat mengeluarkan pasukan dan kendaraan kami. " Sekitar satu jam kemudian, sambil menunggu air pasang surut, LST-356 mengamati tembakan peluru di pantai, dari arah Sungai Orne, tempat Jerman diketahui menempatkan baterai artileri. Dalam waktu setengah jam, api merambat ke pantai dan mulai merambat ke dekat kapal. Selama empat jam berikutnya, LST-356 terkena serangan senjata musuh, tidak mampu membalas tembakan pertahanannya sendiri karena senjata 3 inci miliknya telah dilepas selama reparasi baru-baru ini. Sekitar tengah hari, air pasang sudah cukup surut sehingga memungkinkan pembongkaran muatan; namun kawah peluru tepat di depan tanjakan menahan tugas tersebut hingga lapisan baja anyaman menjembatani lubang tersebut dan memungkinkan kendaraan pertama dari 47 kendaraan Angkatan Darat Kanada melintasinya ke arah pantai. Letnan Blanco memerintahkan semua pasukan berlindung di belakang bangunan atas atau di bawah truk, dan memerintahkan awaknya untuk tetap berlindung selama tugas mereka diperbolehkan. Hasilnya, tidak ada korban jiwa. Dalam waktu 50 menit setelah start, semua kendaraan telah meninggalkan kapal, dan LST-356 melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan. Namun tak lama kemudian, tembakan musuh yang lebih jauh memaksanya untuk kembali ke laut, namun peluru tersebut meledak tepat di atas haluannya dan menembus sisi LST-360. Secara keseluruhan, lima LST terkena serangan senjata Jerman dan mengalami kerusakan. Antara Juni 1944 dan April 1945, LST-356 membawa 39 muatan personel dan material melintasi Selat Inggris.

    Penonaktifan dan penjualan, 1945–1967[sunting | sunting sumber]

    Dipulangkan pada bulan Mei 1945 untuk perbaikan menyeluruh, dia tetap berada di pekarangan Perusahaan Baja Betlehem di Hoboken, New Jersey, menjalani perbaikan dan perubahan hingga akhir Juli 1945. Menyelesaikan New York pada tanggal 9 Agustus, LST-356 melakukan pasca-perombakan penggeledahan di Teluk Chesapeake hingga akhir Agustus. Kapal pendarat tank kemudian mengunjungi Kota New York dari tanggal 21 hingga 29 Agustus. Pada akhir Agustus, dia berlayar dari New York dalam perjalanan menuju penonaktifan di Florida. Berhenti di Hampton Roads dari 30 Agustus hingga 13 September, kapal pendarat tank melanjutkan perjalanan melalui Kota Morehead, Carolina Utara ke Jacksonville, Florida. Melapor ke Armada ke-16 pada 26 September 1945 LST-356 dinonaktifkan pada 2 Juli 1946 dan berlabuh di Armada Cadangan Atlantik di Green Cove Springs, Florida. Meski diberi nama USS Bledsoe County (LST-356) pada tanggal 1 Juli 1955 kapal pendarat tank tidak pernah kembali aktif dalam layanan. Namanya dicoret dari Daftar Kapal Angkatan Laut pada 1 September 1960 dan dia dijual ke Perusahaan Peralatan Mekanik New Orleans pada 8 Maret 1961 untuk dibuang. Alih-alih diberhentikan, kapal ini malah memasuki layanan komersial sebagai MV Brunei dan kemudian sebagai MV Inagua Crest berbendera Liberia.[3] Bersama dengan MV Inagua Shipper, Inagua Foam dan MV Cal-Agro berbendera Honduras, Inagua Crest disewa oleh Dinas Transportasi Laut Militer pada November 1962 untuk mengangkut kargo dan penumpang militer.[4]

    Dinas Angkatan Laut Indonesia, 1967–2012[sunting | sunting sumber]

    Pada tanggal 9 Februari 1967, MV Inagua Crest dan MV Inagua Shipper diakuisisi oleh TNI Angkatan Laut dan masing-masing berganti nama menjadi KRI Teluk Tomini (508) dan KRI Teluk Ratai (509).[5] Dia ditugaskan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Sebagai bekas kapal dagang, Teluk Tomini dipersenjatai dengan enam, kemudian ditingkatkan menjadi delapan, meriam antipesawat 70-K 37 mm Soviet dalam satu dudukan.[3][6] Kapal ini juga dilengkapi dengan radar navigasi dan pencarian permukaan AN/SPS-21.[6]

    Kapal tersebut ikut serta dalam Operasi Seroja, invasi ke Timor Timur untuk menggulingkan rezim Fretilin. Teluk Tomini bersama KRI Teluk Langsa, Teluk Kau dan Teluk Amboina mengangkut unsur Pasukan Marinir 2 (Pasmar 2) dari Surabaya ke wilayah operasional pada awal Desember 1975. Teluk Tomini berangkat dari Surabaya menuju Dili pada 6 Desember pukul 22:00 UTC+ 7 membawa 162 pasukan, 5 unit truk REO M35, 1 unit jeep Toyota dan beberapa peralatan pendukung logistik.[7]

    KRI Teluk Langsa, Teluk Kau dan Teluk Tomini yang bermarkas di Jakarta, serta KRI Teluk Saleh yang berpangkalan di Surabaya, dinonaktifkan dan diberhentikan secara serentak pada tanggal 3 Mei 2012.[8][9] Sebelumnya, mereka sudah ditempatkan dalam status cadangan.[10] Mereka rencananya akan digantikan oleh kapal pendarat tank kelas Teluk Bintuni.[9] Setelah dinonaktifkan, ada rencana untuk menyelamatkan Teluk Tomini dari pembongkaran dan mengubahnya menjadi museum terapung tentang sejarah kapal itu sendiri. Rencananya akan ditambatkan di Taman Impian Jaya Ancol.[11] Rencana tersebut gagal dan pada tanggal 16 Mei, Teluk Tomini sudah dibongkar oleh sebuah pembongkar kapal di Cilincing.[2]

    Penghargaan[sunting | sunting sumber]

    Sebagai LST-356, kapal tersebut memperoleh tiga bintang pertempuran selama Perang Dunia II. Dia juga memperoleh penghargaan berikut:[1]

    Bronze star
    Bronze star
    Bronze star
    Pita Aksi Tempur dengan satu bintang emas
    Medali Kampanye Amerika Medali Kampanye Eropa-Afrika-Timur Tengah dengan tiga bintang pertempuran Medali Kemenangan Perang Dunia II

    Kutipan[sunting | sunting sumber]

    1. ^ a b "Tank Landing Ship LST-356". navsource.org. Diakses tanggal 5 August 2021. 
    2. ^ a b "Kapal Normandia-Operasi Seroja di Lapak Besi Tua". kompas.com. 19 May 2012. Diakses tanggal 5 August 2021. 
    3. ^ a b Moore 1984, p. 240
    4. ^ US Dept. of Treasury 1962, p. 721-722
    5. ^ Fairplay 1967, p. 59
    6. ^ a b Saunders 2009, p. 361
    7. ^ Haryadi 2019, p. 337
    8. ^ "Empat Kapal Perang Pensiun dari Alutsista AL". beritasatu.com. 3 May 2012. Diakses tanggal 5 August 2021. 
    9. ^ a b "Empat Kapal Perang RI Dipensiunkan". republika.co.id. 3 May 2012. Diakses tanggal 5 August 2021. 
    10. ^ "Empat Kapal Perang Landing Ship Tank Milik TNI AL Dipensiunkan". detik.com. 2 May 2012. Diakses tanggal 5 August 2021. 
    11. ^ "Kapal Sekutu Itu Akan Dijadikan Museum di Ancol". kompas.com. 12 July 2012. Diakses tanggal 5 August 2021. 

    Referensi[sunting | sunting sumber]

    Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]

    Artikel ini mengandung teks dari Dictionary of American Naval Fighting Ships yang berstatus domain umum.