KC and the Sunshine Band

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
KC and the Sunshine Band
Asal Miami, Florida, Amerika Serikat
Genre Disko, funk, pop
Tahun aktif 1973–1984;
1993–sekarang
Label Epic Records, Meca Records, Sunshine Sound Records
Situs web KCSB Online
Anggota Harry "KC" Wayne Casey (vokal utama)
Maria De Crescenzo (vokal cadangan)
Charlotte Mc Kinnon (vokal cadangan)
Fermin Goytisolo (perkusi)
Rusty Hamilton III (kibor)
David Simmons (drum)
Zeljko "Nick" Marinovic (kibor)
Jeffery Reeves (gitar lead)
Steve Lashley (bas)
John Reid (trompet)
David Palma (saksofon)
Rick Benadetto (trompet)
Noah Bellamy (trombon)
Kenetha Morris (penari)
Giggi Thesman (penari)
Mantan anggota Richard Finch (bas, drum)
Robert Johnson (drum)
Jerome Smith (gitar)
Mike Lewis (tenor sax)
Vinnie Tanno (trompet)
Ken Faulk (trompet)
Whit Sidener (baritone sax)
Margret Reynolds (vokal latar)
Beverly Champion (vokal latar)
Jeanette Williams (vokal latar)
Denvil Liptrot (saksofon)
Tommy Martin (kibor & organ)
Ronnie Smith (trompet)
James Weaver (trompet))
Paul Lewis (saksofon)
Eugene Timmons (saksofon)
James Taylor (aksofon)

KC and the Sunshine Band adalah grup musik beraliran funk, R&B, dan disko asal Amerika Serikat. Duo pencipta lagu Harry Wayne Casey (vokal, kibor) dan Rick Finch (bas) mendirikan grup ini di Miami, Florida pada 1973.

Lagu-lagu hit mereka sebagian besar berirama disko, misalnya: "That's the Way (I Like It)", "(Shake, Shake, Shake) Shake Your Booty", "I'm Your Boogie Man", "Keep It Comin' Love", "Get Down Tonight", "Give It Up (lagu KC and the Sunshine Band)Give It Up", dan "Please Don't Go (lagu KC and the Sunshine Band)Please Don't Go". Nama grup ini berasal dari nama keluarga vokalis utama Harry Wayne Casey yang disingkat sebagai "KC". "Sunshine Band" berasal dari julukan untuk negara bagian Florida (The Sunshine State) yang merupakan tempat asal mereka.

Tahun 1970-an[sunting | sunting sumber]

Grup ini dibentuk pada tahun 1973 oleh Harry Wayne Casey alias "KC" ketika masih bekerja sebagai pegawai paruh waktu dan karyawan di toko rekaman TK Records di Miami. Band ini awalnya diberi nama KC & The Sunshine Junkanoo Band karena Casey memakai musisi studio dari TK Records dan band lokal yang memainkan musik Junkanoo. Casey kemudian diperkenalkan kepada Richard Finch yang sedang bekerja sebagai teknisi rekaman di TK Records. Pertemuan keduanya merupakan awal dari kolaborasi pencipta lagu Casey dan Finch. Anggota pendiri band ini hanya Casey dan Finch sebelum nantinya mereka mengajak gitaris Jerome Smith (18 Juni 1953 - 28 Juli 2000[1]) dan pemain drum Robert Johnson yang keduanya bekerja sebagai musisi studio di studio TK Records.

Beberapa lagu awal mereka, "Blow Your Whistle" (September 1973) dan "Sound Your Funky Horn" (Februari 1974) dirilis sebagai singel yang tidak hanya sukses masuk ke tangga album R&B di Amerika Serikat, melainkan juga di luar negeri. Oleh karena itu, TK Records kembali menginginkan mereka merilis singel dan album. Meskipun demikian ketika mengerjakan pita demo untuk "Rock Your Baby" ciptaan George McCrae, KC & the Sunshine Band menggunakan Smith pada gitar dan lagu tersebut menjadi hit di 51 negara pada pertengahan tahun 1974. Setelah lagu "Queen of Clubs" yang mengetengahkan vokal dari George McCrae menjadi hit dan sampai di urutan ke-7 di Britania Raya, KC and The Sunshine Band mengadakan konser di sana pada tahun 1975.

Album berjudul KC and the Sunshine Band laris hingga mendapat penghargaan tiga piringan platina. Dari album tersebut lahir hit besar pertama mereka di Amerika Serikat, "Get Down Tonight" pada tahun 1975. Lagu tersebut berada di puncak tangga lagu R&B pada April 1975 dan Billboard Hot 100 pada Agustus 1975. Lagu "That's the Way (I Like It)" juga menjadi lagu hit nomor satu pada in November 1975 hingga mendapat penghargaan Grammy Award pada tahun 1976. Album mereka yang dirilis tahun 1976, Part 3 menghasilkan dua singel nomor satu: "I'm Your Boogie Man" dan "(Shake, Shake, Shake) Shake Your Booty", serta "Keep It Comin' Love" yang sampai di peringkat kedua. Kesuksesan mereka terus berlanjut hingga album kelima. Lagu mereka yang berhasil menjadi hit dan sampai di puncak tangga lagu adalah "Please Don't Go" pada Desember 1979, sampai di urutan nomor satu pada Januari 1980, sekaligus tercatat sebagai lagu hit nomor satu yang pertama untuk tahun 1980-an. Setelah menurunnya kepopuleran musik disko, grup ini mencoba memainkan musik berirama lain, dan kemudian pindah perusahan rekaman. Mereka bergabung dengan Epic Records pada tahun 1980 setelah TK Records bangkrut.

Tahun 1980-an[sunting | sunting sumber]

Kemitraan kreatif Finch dan Casey berakhir dengan pertikaian pada tahun 1981. Dua tahun setelah merilis album kelima, mereka merilis dua album berikutnya yang berisi lagu-lagu baru yang lebih cenderung berirama pop, The Painter dan Space Cadet. Kedua album tersebut tidak begitu laku, namun KC and The Sunshine Band kembali terkenal pada tahun 1982 setelah lagu "Give It Up" dari album All in a Night's Work berhasil menjadi hit di Britania Raya. Lagu "Give It Up" direkam sebelum bubarnya kemitraan Casey dan Finch. Dua tahun berikutnya, lagu tersebut sukses tangga lagu Top 40 Amerika Serikat. Lagu "Give It Up" juga dimasukkan ke dalam album berikutnya yang dirilis pada tahun 1984, KC Ten. Meskipun demikian, Epic Records menolak untuk merilis lagu tersebut sebagai singel karena sebelumnya pernah gagal ketika diedarkan sebagai singel. Peristiwa ini membuat frustrasi Casey yang kemudian mendirikan label rekaman Meca Records, dan merilis singel "Give It Up" dengan label Meca Records. Semua dilakukan sebagai usaha terakhirnya untuk memopulerkan lagu tersebut di Amerika Serikat. Meskipun sukses, album KC Ten tetap tidak terjual sesuai harapan. Kegagalan tersebut membuat grup ini menjadi tidak aktif sejak sekitar tahun 1985 bersamaan dengan pensiunnya Casey.

Tahun 1990-an hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Kebangkitan kembali musik disko pada tahun 1991 membangunkan kembali Casey dari pensiunnya. Ia kembali membentuk KC and The Sunshine Band dengan mengajak anggota yang sama sekali baru, kecuali pemain perkusi yang masih muka lama. Beberapa anggota asli band ini sekarang sudah meninggal. Bersama anggota baru, KC and The Sunshine Band melepas sejumlah besar album kompilasi yang memakai label Rhino Records. Album-album tersebut juga dilengkapi dengan beberapa lagu baru. Album Oh Yeah! dirilis pada tahun 1993 setelah mereka vakum selama 10 tahun (tidak termasuk merilis album kompilasi).

Pada 28 Juli 2000, Jerome Smith (gitar ritme) meninggal akibat kecelakaan ketika bekerja sebagai operator buldoser.[2]

Setelah tidak aktif selama delapan tahun, mereka kembali ke dunia musik pada tahun 2001 dengan album I'll Be There For You. Pada tahun 2003, KC and The Sunshine Band tampil dalam pembuatan ulang film The In-Laws.

Sejumlah lagu hasil kerja sama Casey dan Finch dimasukkan ke dalam seri permainan video Dance Dance Revolution. "That's the Way (I Like It)" disertakan dalam permainan video orisinal Dance Dance Revolution, "Shake Your Booty" dalam Dance Dance Revolution 4thMix, serta "Get Down Tonight" dalam DDRMAX2 Dance Dance Revolution. Lagu "Keep It Comin' Love" dijadikan lagu tema film Blow yang mengisahkan penyelundup kokain bernama George Jung. Selain itu, banyak dari lagu-lagu ciptaan KC dan Finch yang dijadikan sampling untuk lagu-lagu hip hop, di antaranya "I Get Lifted". Pada tahun 2005, "I'm Your Boogie Man" dipakai dalam adegan rollerskating dalam film Roll Bounce.

Setelah lama menarik diri dari dunia musik, Finch kembali memasuki dunia musik pada tahun 2006 sebagai produser. Sejumlah artis indie ditangani olehnya lewat studio bernama "Production Kitchen" di Ohio, termasuk kontestan "Top 35" dari acara America's Got Talent.

Pada 22 April 2009, Casey menyanyikan lagu "Get Down Tonight" dalam acara American Idol. Bersama bandnya, Casey tampil membawakan sejumlah lagu-lagu hit terbesarnya pada 6 Mei 2009 di The Venetian, Las Vegas, Nevada.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]