Jumanji (waralaba)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jumanji
logo waralaba yang sekarang
Diciptakan olehChris Van Allsburg
Karya asliJumanji (1981)
PemilikBooks: Houghton Mifflin Harcourt
Films: Sony Pictures Entertainment
Publikasi tercetak
Buku
Film dan televisi
Film
Seri animasiJumanji (1996–1999)
Permainan
Tradisional
  • Jumanji: The Game (1995)
  • Zathura: Adventure is Waiting (2005)
  • Jumanji: The Game (2017)
Permainan videoList of video games
Audio
Lagu tema

Jumanji adalah waralaba media Amerika, berdasarkan buku anak-anak Jumanji (1981) dan sekuelnya Zathura (2002), ditulis oleh Chris Van Allsburg. Film pertama diproduksi oleh TriStar Pictures, dan film selanjutnya oleh Columbia Pictures, keduanya anak perusahaan dari Sony Pictures. Waralaba mengikuti petualangan berbagai orang yang menemukan diri mereka terancam saat memainkan permainan terpesona yang hadir dengan berbagai elemen hutan berbahaya yang harus bertahan hidup saat dimainkan oleh para pemain. Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk mengakhiri gangguan adalah menyelesaikan permainan sambil menanggung bahayanya.

Waralaba ini mencakup empat film: Jumanji (1995), Zathura: A Space Adventure (2005), Jumanji: Welcome to the Jungle (2017), dan Jumanji: The Next Level (2019); dan sebuah serial televisi animasi yang ditayangkan dari tahun 1996 hingga 1999. Film pertama mendapat tinjauan yang beragam dari para kritikus, sedangkan tiga film lanjutannya mendapat tanggapan kritis yang positif. Film-film tersebut secara kolektif telah meraup $ 2 miliar di box office global.

Film[sunting | sunting sumber]

Jumanji (1995)[sunting | sunting sumber]

Dua anak menemukan dan memainkan permainan papan ajaib. Dengan melakukan itu, mereka melepaskan seorang pria yang terperangkap selama beberapa dekade dalam dimensi batinnya dan sejumlah bahaya dari hutan yang hanya bisa dihentikan dengan menyelesaikan permainan.

Zathura: A Space Adventure (2005)[sunting | sunting sumber]

Dua saudara muda ditarik ke dalam petualangan intergalaksi ketika rumah mereka terlempar ke kedalaman ruang oleh permainan papan ajaib yang mereka mainkan. Selanjutnya, saudara-saudara menduga satu-satunya cara untuk pulang adalah menyelesaikan permainan.

Meskipun tidak ada referensi langsung ke "Jumanji" di "Zathura: Petualangan Luar Angkasa" dan plot filmnya mandiri, studio memasarkannya sebagai berlatarkan alam semesta fiksi yang sama, dan secara tematis mirip dengan cicilan waralaba lainnya. Film tersebut diadaptasi dari buku anak-anak Zathura, juga ditulis oleh Van Allsburg, yang merupakan sekuel dari novel Jumanji. Terlepas dari penempatan film tersebut dalam dunia fiksi yang sama, sutradara Jon Favreau mematahkan anggapan bahwa film tersebut adalah sekuel, karena tidak terlalu menyukai Jumanji.[1]

Jumanji: Welcome to the Jungle (2017)[sunting | sunting sumber]

Dua puluh dua tahun setelah peristiwa film asli, board game secara ajaib telah menjadi video game. Empat remaja sekolah menengah dipindahkan ke pengaturan hutan permainan dan menjadi avatar dari karakter yang mereka pilih, dan kemudian menemukan korban lain yang terperangkap dalam permainan juga. Satu-satunya jalan keluar adalah menyelesaikan permainan dan dengan melakukan itu, mereka masing-masing menemukan yang terbaik dari diri mereka sendiri dan menang dengan kepahlawanan yang baru ditemukan untuk menyelesaikan tantangan. Film ini berfungsi sebagai sekuel langsung dari film tahun 1995.

Jumanji: The Next Level (2019)[sunting | sunting sumber]

Tim teman kembali ke Jumanji untuk menyelamatkan salah satu dari mereka, tetapi menemukan bahwa tidak ada yang seperti yang mereka harapkan. Para pemain harus menantang bagian-bagian yang tidak diketahui, dari gurun gersang hingga pegunungan bersalju, untuk menghindari permainan paling berbahaya di dunia.

Sekuel Jumanji: The Next Level tanpa judul[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2019, Dwayne Johnson mengungkapkan bahwa angsuran berikutnya dalam waralaba akan mengungkapkan bahwa penjahat dari The Next Level, Jurgen the Brutal, adalah avatar dalam permainan dan identitas siapa yang bermain sebagai karakter akan terungkap. dieksplorasi.[2] Pada Maret 2020, Jake Kasdan mengonfirmasi perkembangan awal untuk film lanjutan.[3][4] Kasdan confirmed plans to maintain the core cast of the previous two films.[5] Bulan berikutnya, pembuat film tersebut menyatakan bahwa cerita untuk angsuran berikutnya sedang dalam pengembangan.[6] Pada Oktober 2022, produser Hiram Garcia menyatakan bahwa Kasdan akan memulai produksi film "Jumanji" berikutnya, setelah menyelesaikan tanggung jawab penyutradaraannya di "Red One".[7]

Film Tanggal rilis Amerika Serikat Sutradara Penulis naskah Cerita oleh Produser
Jumanji 15 Desember 1995 (1995-12-15) Joe Johnston Jim Strain, Greg Taylor & Jonathan Hensleigh Jim Strain, Greg Taylor & Chris Van Allsburg Scott Kroopf & William Teitler
Zathura: A Space Adventure 11 November 2005 (2005-11-11) Jon Favreau John Kamps & David Koepp Scott Kroopf, Michael De Luca & William Teitler
Jumanji: Welcome to the Jungle 20 Desember 2017 (2017-12-20) Jake Kasdan Erik Sommers, Jeff Pinkner, Chris McKenna & Scott Rosenberg Chris McKenna Matt Tolmach & William Teitler
Jumanji: The Next Level 13 Desember 2019 (2019-12-13) Jake Kasdan, Jeff Pinkner & Scott Rosenberg Dwayne Johnson, Dany Garcia, Hiram Garcia, Matt Tolmach & Jake Kasdan
Untitled Jumanji: The Next Level sequel TBA TBA TBA TBA

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Whipp, Glenn (November 12, 2005). "'Zathura' creators shun sequel 'Jumanji' label". The San Diego Union-Tribune. Union-Tribune Publishing Co. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 3, 2018. Diakses tanggal July 21, 2008. 
  2. ^ Reyes, Mike (2019-12-31). "Dwayne Johnson Reveals Another Jumanji: The Next Level Character Is Actually An Avatar". Cinemablend. Diakses tanggal 2020-01-11. 
  3. ^ "Exc: Jake Kasdan talks Jumanji 3 status & why the franchise is so appealing". www.joblo.com. 20 March 2020. 
  4. ^ "Exclusive Interview – Jumanji: The Next Level director Jake Kasdan talks nods to the 1995 original, the status of Jumanji 4 and more". Flickering Myth. 20 March 2020. 
  5. ^ "Will 'Jumanji 4' Bring Back the Game Cast? Director Jake Kasdan Weighs In". Movieweb. 6 April 2020. 
  6. ^ Nemiroff, Perri (7 April 2020). "Director Jake Kasdan Talks the Status of 'Jumanji 4' & Tricky Franchise Time Travel". Collider. 
  7. ^ Massoto, Erick (October 9, 2022). "'Jungle Cruise 2' and 'Jumanji 3' Updates From Producers Beau Flynn and Hiram Garcia". Collider. Diakses tanggal October 10, 2022.