Judith dari Schweinfurt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bretislaus I dari Bohemia yang menculik calon istrinya Judith dari Schweinfurt dari sebuah biara.
Dari Riwayat Dalimil.

Judith dari Schweinfurt (sebelum tahun 1003 – 2 Agustus 1058), Adipati Wanita Bohemia, merupakan istri Bretislaus I dari Bohemia. Orangtuanya adalah Henry dari Wangsa Babenberg, Margrave Nordgau (Bayern), dan istrinya Gerberga.

Břetislav dan Jitka[sunting | sunting sumber]

Wangsa Přemyslid dan Babenberg menkonfirmasikan hubungan baik mereka dengan pernikahan Judith pada tahun 1020. Judith merupakan calon pendamping yang tepat, namun Oldrich dari Bohemia hanya memiliki seorang putra, Bretislaus, yang tidak sah, merumitkan masalah pernikahan dengan darah biru Judith. Bretislaus menyelesaikan masalah tersebut dengan menculik Judith dari sebuah biara meskipun ia tidak pernah dihukum karena perbuatan itu. Ia menikahi Judith beebrapa lama kemudian. Putra pertama mereka Spytihněv lahir setelah hampir 10 tahun, yang mengarah pada hipotesa bahwa penculikan tersebut terjadi pada tahun 1029, meskipun Judith kemungkinan melahirkan anak perempuan sebelum putra pertamanya lahir.

Pengasingan di Hongaria[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian Bretislaus pada tahun 1055, Judith mungkin dikirim oleh Spytihněv keluar dari Bohemia, seperti orang Jerman lainnya, dan pindah ke Hongaria. Di Hongaria ia mungkin menikah dengan Raja Peter Urseolo dari Hongaria.

Judith wafat pada tahun 1058 dan dimakamkan di Katedral Santo Vitus di Praha.

Kesusastraan[sunting | sunting sumber]

Judith dari Schweinfurt
Lahir: tahun 1003 Wafat: 2 Agustus 1058
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Božena (Křesinova)?
Permaisuri Bohemia
1034–1055
Diteruskan oleh:
Ida dari Wettin