Juan Ponce de León

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Juan Ponce de León
Gubernur Puerto Riko
Masa jabatan
1509-1512–1515-1519
Digantikan oleh Juan Ceron
Informasi pribadi
Lahir 1474
Santervás de Campos, Valladolid, Spanyol
Meninggal 1521 (berusia 47)
Havana, Kuba
Kebangsaan Spanyol
Suami/istri Leonor Ponce de León
Profesi Pengelana
Agama Katolik Roma
Tanda tangan

Juan Ponce de León, (lahir Santervás de Campos, Valladolid, Spanyol, 1474 – wafat Havana, Kuba, Juli 1521)[1] adalah seorang pengelana Spanyol. Ia menjadi Gubernur Puerto Riko yang pertama setelah ditunjuk oleh kerajaan.

Setelah mendapat izin untuk mencari tanah di sebelah utara Kuba, ia memimpin ekspedisi Eropa pertama ke Florida dan mengklaim tanah tersebut untuk Spanyol.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Juan Ponce de León lahir di desa Santervás de Campos (bagian utara dari Valladolid). Meskipun para sejarawan menempatkan kelahirannya pada tahun 1460, bukti-bukti yang lebih baru menunjukkan bahwa ia lahir pada 1474. Silsilah keluarganya sangat membingungkan dan kurang terdokumentasikan. Tidak ada kesepakatan mengenai siapa orangtuanya tetapi tampaknya dia berasal dari keluarga bangsawan yang terkemuka dan berpengaruh. Keluarganya antara lain Rodrigo Ponce de León, para Marquess dari Cádiz dan tokoh terkenal dalam perang Moor.

Ponce de León ini juga terkait dengan keluarga terkenal lain, Núñez de Guzmán, dan sebagai pemuda ia menjabat sebagai pengawal untuk Pedro Núñez de Guzmán, Komandan Ksatria dari Orde Calatrava. Seorang penulis sejarah kontemporer, Gonzalo Fernandez de Oviedo y Valdes, menyatakan bahwa Ponce de León menjadi prajurit yang berpengalaman yang bertempur dalam kampanye militer Spanyol yang mengalahkan orang Moor di Granada dan menyelesaikan penaklukan ulang Spanyol pada 1492.

Tiba di dunia baru[sunting | sunting sumber]

Juan Ponce de León disambut oleh suku pribumi

Ketika perang melawan Kekaisaran Granada telah berakhir, Tidak ada lagi urusan militer yang penting bagi Ponce sehingga dia berkeinginan untuk melakukan perjalanan. Pada September 1493, sekitar 1200 pelaut, kolonis, dan prajurit bergabung dengan Christopher Columbus dalam perjalanannya menemukan dunia baru. Ponce de León juga ikut dalam ekspedisi ini.”[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morison, p. 502, 515, 529. Traditionally a birth date of 1460 has been used but more recent evidence points to 1474.
  2. ^ Morison, p. 100.
Didahului oleh:
none
Gubernur Puerto Riko
1508-1511
Diteruskan oleh:
Juan Cerón
Didahului oleh:
Cristóbal de Mendoza
Gubernur Puerto Riko
1515-1519
Diteruskan oleh:
Sánchez Velázquez