John Charles Polanyi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

John Charles Polanyi (bahasa Hongaria: Polányi János; lahir 23 Januari 1929; umur 85 tahun) adalah kimiawan Hongaria-Kanada. Ia adalah mahasiswa pascadoktoral di Universitas Princeton, Amerika Serikat, dan National Research Council, Kanada.

Ia lahir di Berlin, dan dididik di Universitas Manchester, Inggris. Kini ia adalah anggota staf pengajar di Jurusan Kimia Universitas Toronto. Penelitiannya adalah tentang gerakan molekul dalam reaksi kimia pada gas dan di permukaan. Ia adalah Anggota Royal Society Kanada (FRSC), London (FRS), dan Edinburgh (FRSE), juga American Academy of Arts and Sciences, U.S. National Academy of Sciences, Akademi Kepausan Roma, dan Akademi Ilmiah Rusia. Ia adlaah anggota Queen's Privy Council for Canada (PC), dan partisipan Order of Canada (CC). Ia telah menerima sejumlah penghargaan, termasuk Penghargaan Nobel dalam Kimia 1986 (bersama Yuan Lee dan Dudley Herscbach, Royal Medal dari Royal Society London, dan lebih dari 30 gelar kehormatan dari 6 negara.

Ia telah menjabat sebagai Dewan Penasihat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Perdana Menteri Kanada, Dewan PM Ontario, Penasihat Kehormatan Asing untuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Molekul, Jepang, dan sebagai Penasihat Kehormatan Institut Max Planck untuk Optika Kuantum, Jerman.

Ia adalah anggota pendiri Komite Kebebasan Ilmiah Royal Society, dan sejumlah organisasi HAM internasional, Canadian Committee for Scientists and Scholars, di mana kini ia adalah pimpinannya. Di samping itu ia adalah ketua pendiri Canadian Pugwash Group pada 1960, dan telah aktif selama 40 tahun di International Pugwash. Ia telah menulis segala hal tentang kebijakan ilmiah, pengendalian pelucutan senjata, dan penjaga perdamaian. Ia adalah salah satu penyunting buku The Dangers of Nuclear War, dan partisipan studi 'Canada 21' terkini pada sikap pertahanan abad ke-21. Ia mengetuai (dengan Sir Brian Urquhart) Bagian Komite Konsultasi Internasional Urusan Luar Negeri pada Rapid Response Capability untuk PBB.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]