Penghargaan Wolf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Penghargaan Wolf
Diberikan untuk Pencapaian dalam bidang Agrikultur, Kimia, Matematika, Kedokteran, Fisika, dan Seni.
Diberikan oleh Wolf Foundation
Negara Israel
Pertama diberikan 1978
http://www.wolffund.org.il/main.asp?idMain=13

Penghargaan Wolf adalah penghargaan internasional yang diberikan di Israel sejak 1978 kepada ilmuwan dan artis atas hasil kerja dalam bidang kemanusiaan tanpa memandang unsur kebangsaan, ras, warna kulit, jenis kelamin agama, atau pandangan politik.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan ini diberikan oleh yayasan Wolf yang didirikan oleh Dr. Ricardo Wolf, seorang penemu kelahiran Jerman dan bekas duta besar Jerman untuk Israel. Penghargaan ini diberikan untuk enam kategori; Agrikultur, Kimia, Matematika, Kedokteran, Fisika, dan Seni secara bergantian. Penerima penghargaan akan mendapat piagam serta uang $100.000. Meskipun dikatakan bahwa penghargaan ini diberikan setiap tahun, namun dalam kenyataannya pada dekade 2000 an hanya ada enam penghargaan dan kebanyakan dalam bidang fisika.

Gengsi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Wolf dalam bidang Fisika dan Kimia sering dianggap penghargaan yang paling bergengsi setelah Nobel.[1][2][3] Penerima penghargaan ini sering menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pemenang penghargaan Nobel. Dari 26 orang yang mendapat penghargaan Wolf dari tahun 1978 sampai 2010, 14 orang diantaranya memenangkan penghargaan Nobel.[2]

Dalam bidang kedokteran, penghargaan ini bisa dikatakan sebagai penghargaan paling bergengsi ke tiga setalah penghargaan Nobel dan penghargaan Lasker.

Dalam bidang matematika, penghargaan ini bisa dikatakan yang paling sepadan dengan penghargaan Nobel, karena penghargaan yang lebih bergengsi Medali Fields hanya diberikan setiap empat tahun kepada matematikawan dibawah umur empatpuluh tahun.

Dalam bidang agrikultur, bisa dikatakan sepadan dengan penghargaan Nobel.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Physicsworld.com: Wolf prize goes to particle theorists
  2. ^ a b Harris, Margaret (November 2010). "Gongs away". Physics World (Bristol: Institute of Physics Publishing) 23 (11): 46–47. 
  3. ^ Basolo, F: "From Coello to Inorganic Chemistry: A Lifetime of Reactions", page 65, Springer, 2002
  4. ^ National Research Council: "National Research Initiative: A Vital Competitive Grants Program in Food, Fiber and Natural-resources Research", page 155, National Academies Press, 2000

Referensi[sunting | sunting sumber]