John Cale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Cale
John Cale (2006).jpg
John Cale memainkan viola elektrik pada sebuah konser di Belgia, 2006
Latar belakang
Nama lahir John Davies Cale[1]
Lahir 9 Maret 1942 (umur 72)
Garnant, Carmarthenshire, Wales
Genre Art rock, klasik, musik dron, rok eskperimen, folk rock, protopunk, spoken
Pekerjaan Musikus, komponis, penyanyi dan penulis lagu, produser rekaman, visual artist
Instrumen Vokal, viola, biola, gitar, bas, Organ, piano, harpsikord, Kibor, harmonika, cello, double bass, saksofon, mellotron, celesta, dan lainnya
Tahun aktif 1965–sekarang
Label SPY, Ze, Island, Reprise, Beserkley, A&M, Rhino, Domino, Double Six
Artis terkait Theater of Eternal Music, The Velvet Underground, John Cage, Phil Manzanera, Nico, Lou Reed, Brian Eno, Kevin Ayers, Nick Drake
Situs web john-cale.com

John Davies Cale, OBE (lahir 9 Maret 1942) adalah seorang musikus, komponis, penyanyi dan pengarang lagu Wales dan produser rekaman yang juga merupakan seorang anggota pendiri band rok eksperimen The Velvet Underground.

Meskipun ia paling dikenal karena karyanya dalam musik rok, Cale telah memainkan berbagai genre musik, termasuk drone dan klasik. Sejak berpisah dari Velvet Underground pada 1968 ia telah menerbitkan sekitar 30 album. Dari karya solonya, Cale barangkali paling terkenal karena albumnya Paris 1919, dan untuk versinya untuk lagu Leonard Cohen, "Hallelujah", ditambah dengan trilogi albumnya pada pertengahan 1970-an yang diterbitkan oleh Island Records: Fear, Slow Dazzle, dan Helen of Troy.

Cale telah memproduksi atau bekerja sama bersama Lou Reed, Nico, La Monte Young, John Cage, Terry Riley, Hector Zazou, Cranes, Nick Drake, Mike Heron, Kevin Ayers, Brian Eno, Patti Smith, The Stooges, The Modern Lovers, Art Bergmann, Manic Street Preachers dan penyanyi utama James Dean Bradfield, Marc Almond, Element of Crime, Squeeze, Happy Mondays, LCD Soundsystem, The Replacements, dan Siouxsie and the Banshees.

Cale mendapatkan kehormatan dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Velvet Underground pada 1996.

Masa kecil dan karier[sunting | sunting sumber]

John Cale dilahirkan pada 9 Maret 1942 di Garnant di daerah industri Lembah Amman di Wales dari pasangan Will Cale and Margaret Davies.[2] Ibunya adalah seorang guru SD dan ayahnya seorang buruh tambang.[2] Meskipun Will anya bisa berbahasa Inggris, Margaret membesarkan John dengan hanya berbahasa Wales.[2] Karena tidak bisa menggunakan bahasa yang sama seperti ayahnya, John sudah tentu mengalami hambatan dalma hubungannya dengan ayahnya.[2] John akhirnya belajar bahasa Inggris pada sekitar umur tujuh tahun di SD.[2] Cale mengalami pelecehan oleh dua orang lelaki dewasa pada masa kanak-kanaknya;[2][3] salah seorang di antaranya adalah pendeta Anglikan, dan peristiwa ini terjadi di sebuah gereja.[2][3]

Setelah menemukan bakatnya bermain viola, ia belajar musik di Goldsmiths College, Universitas London. Di sana ia mengadakan konser Fluxus yang awal, A Little Festival of New Music, 6 Juli 1963. Ia juga menyumbangkan film pendek Police Car dan dua karyanya diterbitkan dalam Fluxus Preview Review, pada Juli 1963, yang melahirkan musik kolektif garda depan.[4] Ia menjadi dirigen pada pertunjukan pertama Konser Cage untuk Piano dan Orkestra di Inggris dengan komponis dan pianis Michael Garrett sebagai solois. Sejak muda ia merasakan kedekatan dengan Amerika Serikat dan musik rok, dan kemudian ia pergi ke Amerika untuk melanjutkan pendidikan musiknya, dengan bantuan dan pengaruh dari Aaron Copland.

Setibanya di New York City, ia berjumpa dengan sejumlah komponis yang berpengaruh. Pada 9 September 1963, bersama John Cage dan beberapa orang lainnya, Cale ikut serta dalam sebuah permainan piano maraton selama 18 jam yang merupakan pertunjukan lengkap pertama atas karya Erik Satie, "Vexations". Setelah pertunjukan itu, Cale muncul dalam sebuah pertunjukan panel televisi I've Got a Secret. Rahasia Cale adalah bahwa ia pernah bermain dalam sebuah konser selama 18 jam, dan ia didampingi oleh seseorang yang rahasianya adalah bahwa ia adalah satu-satunya penonton yang bertahan selama pertunjukan itu.[5]

Cale juga bermain dalam La Monte Young dan ansambel Tony Conrad, Theater of Eternal Music juga dikenal sebagai Dream Syndicate (jangan dikacaukan dengan band yang bernama sama pada tahun 1980-an). Musik yang penuh dengan drone yang ia mainkan di sana terbukti merupakan pengaruh yang besar dalam karyanya dengan kelompoknya yang berikut, the Velvet Underground. Salah seorang yang bekerja sama dengannya dalam rekaman-rekaman ini adalah pemain gitar Velvet Underground Sterling Morrison. Tiga buah album dari karya eksperimen awalnya dari periode ini diterbitkan pada 2001.

The Velvet Underground[sunting | sunting sumber]

Pada awal 1965, ia ikut mendirikan The Velvet Underground bersama Lou Reed, dengan merekrut teman Reed di perguruan tinggi, Sterling Morrison dan teman seapartemen Cale Angus Maclise untuk melengkapi barisan pertamanya. Cale meninggalkan band ini pada September 1968, sebagian karena ketidaksesuaian kreatifnya dengan Reed.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) John Cale di Allmusic
  2. ^ a b c d e f g Mitchell, Tim Sedition and Alchemy : A Biography of John Cale, 2003, pp. 24
  3. ^ a b MarkMordue.com page: "Cold, Black Style: The John Cale Interview."
  4. ^ Fluxus Codex, Jon Hendricks, Harry N Abrams 1988 p221
  5. ^ YouTube: John Cale on I've Got a Secret.