Jigoku Shōjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jigoku Shōjo
Jigoku.png
Karakter Utama Jigoku Shōjo
Genre Misteri, Horor, Fantasi
Manga
Pengarang  Miyuki Etō
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Anime
Jigoku Shōjo
Sutradara  Takahiro Ōmori
Studio Studio Deen
Portal Anime dan Manga

Hell Girl (地獄少女 Jigoku Shōjo?), dengan judul panjang Jigoku Shōjo: Gadis dari Neraka, adalah sebuah anime Jepang yang diproduksi oleh Aniplex dan Studio Deen. Anime ini disiarkan ke seluruh penjuru Jepang, termasuk Animax, Tokyo MX dan MBS. Mengikuti kesuksesan musim pertama Jigoku Shōjo, maka pada pertengahan 2006, Studio Deen membuat musim kedua dari Jigoku Shōjo dengan judul Jigoku Shōjo Futakamori. Jigoku Shōjo Futakamori ini disiarkan oleh Nippon Television pada bulan November 2006.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam setiap episode, cerita dimulai dengan seorang protagonis yang memiliki perasaan dendam yang memuncak pada seorang tokoh antagonis, lalu mereka membuka website Jigoku Tsushin (Hubungan Neraka) yang hanya dapat dibuka pada tengah malam. Di halaman utama website tersebut tertulis, "Kami akan membalaskan dendam Anda di sini" dan di bawahnya ada tombol yang tertulis "送信 (Kirim)". Beberapa saat setelah mereka mengirim nama orang yang mereka benci, seorang gadis bernama Ai Enma akan datang ke sang klien. Klien ini akan diberikan sebuah boneka jerami oleh Ai, dengan seutas pita merah yang diikatkan pada leher boneka jerami tersebut. Selanjutnya, Ai memberitahukan orang itu agar menarik benang merah tersebut, supaya orang yang mereka masukkan namanya tadi dibawa ke neraka. Tentu saja ada syarat tertentu untuk melakukannya. Setelah benang merah itu ditarik, maka akan timbul suatu tanda di dada mereka sebagai kontrak dengan Jigoku Shōjo untuk masuk ke neraka pula jika mereka meninggal kelak sebagai konsekuensi terbayarnya dendam mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Ai Enma

Sulih suara oleh: Mamiko Noto (Jepang), Brina Palencia (Inggris)
Enma Ai merupakan tokoh protagonis utama pada cerita Jigoku Shōjo. Dengan rambut hitam panjang dan mata merah, dulunya dia pernah mengalami sebuah tragedi yang amat pahit di kehidupannya. Karena kesalahan pahaman warga-warga di desanya, yaitu mereka mengira Ai dapat menghidupkan kupu-kupu, ia di aniaya dan dipanggil setan atau anak iblis. Ketika ia berusia 7 tahun, ia dipersembahkan pada Dewa Gunanung agar panen di desa melimpah. Ia dikurung di hokora (kuil kecil di gunung) dan semua orang memojokkan dia. Tapi suatu hari dia ditolong Sentarō, sepupunya. Orangtuanya dan sepupu laki-lakinya melindungi dia dan kabur ke hokora (gunung), akhirnya dia ditemukan juga. Akhirnya dia dikubur hidup-hidup bersama orang tuanya oleh penduduk desa itu. Sentarō tidak tega mengubur Ai dalam keadaan hidup. Tapi karena dipaksa, akhirnya dialah yang mengubur wajah Ai yang pertama kali. Akhirnya Ai membalaskan dendamnya dengan bantuan bos neraka(laba-laba).Kini ia tinggal di sebuah dunia yang terus-menerus berada dalam keadaan senja bersama neneknya. Dia bertugas untuk membalaskan dendam kliennya kepada yang didendami klien tersebut. Ai selalu muncul dengan memakai seragam seifuku atau seragam pelaut berwarna hitam, tetapi Ai akan memakai kimono bercorak floral (maupun polkadot) pada saat ia menjalankan tugasnya sebagai Jigoku Shōjo. Dia menjalankan tugas ini selama lebih dari 400 tahun. Kata-kata kutukannya adalah:

Yami ni madoishi awarena kage yo (闇に惑いし哀れな影よ): "Hei, bayangan yang menyedihkan yang tersesat dalam kegelapan..." Hito o kizutsuke otoshimete (人を傷つけ貶めて): "...selalu menyakiti/memandang rendah orang lain..." Tsumi ni oboreshi gō no tama (罪に溺れし業の魂): "...jiwa yang tenggelam dalam dosa..." Ippen... shindemiru? (一遍... 死んで見る?: "...apa kamu mau mati?/apa kamu mau coba mati?? Lebih baik mati saja?? Apa kamu mau sekarat?"

Ren Ichimoku

Sulih suara oleh: Masaya Matsukaze (Jepang), Todd Haberkorn (Inggris)
Ren adalah asisten pertama Ai, muncul dengan bentuk seorang lelaki muda yang tampan. Dia memiliki 3 buah bola mata. Mata ketiga yang terdapat pada dahinya ini sering dipakai oleh Ren untuk mengamati ruang dan bisa menembus dinding. Ren berpakaian kasual layaknya remaja laki-laki pada umumnya. Ketampanannya cukup menarik perhatian para gadis. Ia kadang-kadang menyamar menggunakan nama Ichimoto.

Hone Onna

Sulih suara oleh: Takako Honda (Jepang), Jennifer Seman (Inggris)
Hone Onna adalah seorang wanita cantik yang memakai kimono dan memakai obi yang menandakan bahwa ia adalah seorang geisha.Hone Onna juga salah satu asisten Ai Enma. Hone Onna dan Ai bersama-sama menemui klien dan mengantar musuh klien ke neraka. Di dunia nyata, Hone Onna menyamar sebagai seorang wanita biasa untuk menemui kliennya. Hone Onna juga memiliki sebuah senjata, yaitu pisau lempar. Kemampuan Hone Onna yang lain adalah dapat berubah menjadi tulang belulang, karena memang namanya juga berarti wanita tulang.

Wanyūdō

Sulih suara oleh: Takayuki Sugo (Jepang), Robert Bruce Elliot (Inggris)
Wanyūdō juga merupakan salah satu asisten Enma Ai dalam tugasnya. Wanyūdō berperan sebagai penjemput roh-roh klien Enma Ai untuk diantar menuju ke neraka. Wanyūdō ditampilkan sebagai orang tua, dengan pakaian tradisional Jepang. Walaupun kelihatan tua, Wanyūdō memiliki kemampuan beladiri dan bisa melempar bola api. Wanyudo juga dapat berubah menjadi roda berapi yang digunakan untuk membawa Ai dari dunia senja ke dunia manusia.

Nenek Ai

Sulih suara oleh: Eriko Matsushima (Jepang), Juli Erickson (Inggris)
Wajah Nenek Ai tidak diketahui secara jelas, karena hanya diperlihatkan seperti siluet bayangan saja. Nenek Ai sering menasihati Ai dalam melaksanakan tugasnya. Kadangkala, Nenek Ai juga memberikan nasihat kepada pembantu Ai, seperti Wanyūdō dan Hone Onna.

Kikuri

Sulih suara oleh: Kanako Sakai
Seorang gadis yang kekanak-kanakan bermata biru yang lebih parah daripada Ai.Ia adalah gadis yang nakal, jahil dan agak menyebalkan. Ketika sesi Futamokori eps. terakhir tubuhnya diambil oleh Bos Neraka. Saat sesi Mitsuganae ia merasuki boneka. Setiap putaran kuncinya habis, temannya, Yamawaro, harus memutarkan kuncinya. Ia meminta Yamawaro memanggilnya Tuan Putri.


Laba-laba

Sulih suara oleh: Hidekastu Shibata
Karakter ini merupakan sebuah laba-laba yang berwarna aneh, biasa muncul pada saat Ai dan pembantunya sedang berkumpul.Bos neraka. Laba-laba ini berbicara seperti suara seorang lelaki. Laba-laba ini tidak pernah suka dan percaya dengan pembantu Ai. Laba-laba inilah yang membuat Ai mengemban tugas menjadi seorang gadis neraka.

Yamawaro

Sulih suara oleh: Hekiru Shiina
Seorang anak laki-laki yang tenang dan lembut. Selalu mengikuti Kikuri. Ia dapat berubah menjadi boneka jerami kuning.Dia adalah seorang anak hantu yang menjelajahi gunung tapi setiap kali dia dilihat oleh manusia, ia tampak seperti tumpukan jamur berjalan. Pada sesi Mitsuganae ke 17 Ia diangkat oleh Keluarga Ashiya untuk menggantikan Hikaru, anak mereka yang telah hilang lama. Ia digunakan oleh tuan Ashiya untuk percobaan hidup abadi bagi istrinya. Istrinya tak setuju dan akhirnya menuliskan dendam Hikaru di Hell Correspondence. Yamawaro terus merujuk Nyonya Ashiya untuk tidak melepaskan benang merah boneka jerami, tapi ia tak berhasil.

Mikage Yuzuki

Gadis kelas 3 SMP bermata biru yang menggantikan Ai. Sebelum ia menjadi gadis neraka, Ia selalu dihantui Ai, seperti selalu melihat Ai di cermin, dapat melihat kejadian Ai memberikan boneka jerami pada kliennya, dapat melihat Ai mengirimkan orang yang dibenci kliennya ke neraka, dll.

Ia selalu muncul dengan kimono merah bercorak bunga. Ia diberhentikan menjadi gadis neraka karena kesalahan yang ia lakukan yaitu, mau mengirimkan orang yang telah mengirimkan Akie ke neraka. Ia mendapatkan hukuman neraka.

Takasugi Akie

Teman baik Yuzuki. Ia dikirim ke neraka karena rasa berat hati.Merupakan orang yang paling peduli Yuzuki.

Hiraishi Itsuko

Teman Yuzuki. Orang yang pertama kali mengirimkan gurunya, Tange Hideto ke neraka setelah Ai menghilang 10 tahun yang lalu.Ia merasa sia-sia mengirimkan pak Tange ke neraka.

Karakter Lainnya[sunting | sunting sumber]

Hajime Shibata Sulih suara oleh: Yuji Ueda (Jepang), John Burgmeier (Inggris)

Hajime Shibata merupakan seorang mantan jurnalis. Dia mengumpulkan banyak uang berkat kerjanya dalam memata-matai aktivitas rahasia artis-artis. Pertama-tama, ia mencoba mengungkap situs Jigoku Tsūshin, tapi kemudian ia menyadari bahwa Jigoku Tsushin hanyalah sebuah rumor dan dia berpikir bahwa semua orang sebenarnya sudah berada di neraka. Entah mengapa, putri dari Hajime yaitu Tsugumi, memiliki hubungan rahasia dengan Ai. Hubungan ini memungkinkan Tsugumi untuk melihat segala hal yang telah dilakukan dan dilihat oleh Ai. Di edisi Jigoku Shōjo Futakamori, Hajime dikenal sebagai penulis biografi Enma Ai.

Tsugumi Shibata Sulih suara oleh: Nana Mizuki (Jepang), Luci Christian (Inggris)

Tsugumi Shibata merupakan anak dari Hajime Shibata. Dia sering memanggil ayahnya dengan sebutan 'Hajime-chan'. Tsugumi melihat Ai secara tiba-tiba pada suatu hari dan memulai suatu hubungan rahasia dengan Ai. Mula-mula, ia menduga bahwa ia melihat Ai dari pandangan ayahnya. Tapi, lama-kelamaan Tsugumi menjadi segan untuk bertemu dengan Ai. Dalam musim Futakomori, Tsugumi diperlihatkan sebagai seorang tokoh yang menjadi sumber informasi tentang Ai. Pada episode ke 24 di Futakomori, nampak Tsugumi juga memiliki hubungan dengan Kikuri (salah satu tokoh dalam Jigoku Shojo Futakomori).

Ayumi Shibata Sulih suara oleh: Hitomi Nabatame (Jepang), Colleen Clinkenbeard (Inggris)

Ayumi Shibata adalah istri dari Hajime Shibata dan ibu dari Tsugumi Shibata. Ia meninggal karena kecelakaan saat Tsugumi masih kecil.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi
Referensi