Istana Asi Kalende

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Istana Asi Kalende adalah sebuah istana yang terletak di Kota Bima, Provinsi Nusa tenggara Barat, Indonesia. Istana Asi Kalende telah dijadikan sebagai salah satu bangunan cagar budaya Indonesia. Pendaftarannya dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bima pada tanggal 14 November 2018. Nama lain dari Istana Asi Kalende adalah Istana Raja Bicara.[1] Istana Asi Kalende merupakan salah satu istana peninggalan Kesultanan Bima. Istana ini merupakan istana pertama yang dibangun dan digunakan oleh pejabat pemerintahan dan raja dari Kesultanan Bima. Bentuk bangunan Istana Asi Kalende termasuk rumah panggung dengan menggunakan atap limasan. Bahan bangunan utamanya adalah kayu. Tujuan pembangunan Istana Asi Kalende adalah sebagai tempat tinggal raja dan perdana menteri. Kegiatan utama di dalam Istana Asi Kalende adalah urusan pemerintahan Kesultanan Bima terkait masalah yang timbul di masyarakat. Istana Asi Kalende selesai dibangun pada tahun 1302 Masehi. Pembangunan berlangsung dalam masa pemerintahan Raja Kesultanan Bima yang ke-12 yakni Ma Wa’a Bilmana. Sejak didirikan, Istana Asi Kalende telah mengalami dua kali perombakan. Perombakan pertama diadakan pada tahun 1801 oleh Raja Bicara bernama Muhammad Anwar Abdul Nabi. Sedangkan perombakan kedua diadakan pada tahun 1858 oleh Raja Bicara bernama Muhammad Yakub. Perubahan yang terjadi dalam perombakan adalah bagian atap. Bagian atap awalnya terbuat dari alang-alang. Pada perombakan pertama, bagian atap diganti dengan bilah bambu dan kayu. Pada perombakan kedua, bagian atap diganti dengan genteng atap dan asbes. Bagian asli yang masih tersisa dari bangunan Istana Asi Kalende adalah bangunan utama yang berada di bagian tengah. Bagian sisi kiri, bagian sisi kanan dan bagian belakang sudah tidak ada.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Istana Raja Bicara / Kantor LVRI Kota Bima - Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya". cagarbudaya.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-11. Diakses tanggal 11 Juli 2021. 
  2. ^ "Asi Kalende: Istana Kerajaan Bima Pertama". Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, NTB, NTT. 2018-01-03. Diakses tanggal 11 Juli 2021.