Infernal Affairs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Infernal Affairs
Infernal affairs.jpg
Theatrical poster for United States market
Sutradara Andrew Lau
Alan Mak
Produser Andrew Lau
Penulis Felix Chong
Alan Mak
Pemeran Tony Leung
Andy Lau
Anthony Wong
Eric Tsang
Studio Media Asia Films
Basic Pictures
Distributor Hong Kong:
Media Asia Distribution
United States:
Miramax Films (theatrical)
The Weinstein Company (DVD)
Dragon Dynasty (DVD)
Tanggal rilis Hong Kong:
12 Desember 2002
Australia:
1 Januari 2004
Britania Raya:
27 February 2004
Amerika Serikat:
24 September 2004
Durasi 101 min.
Bahasa Cantonese
Diikuti oleh Infernal Affairs II

Infernal Affairs (無間道; pinyin: Wu Jian Dao) adalah sebuah film kriminal Hong Kong buatan tahun 2002 dan disutradarai oleh Andrew Lau dan Mak Siu Fai dengan naskah tulisan Alan Mak.

Infernal Affairs dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Hong Kong: Tony Leung, Andy Lau, Anthony Wong Chau-Sang (黄秋生), Eric Tsang (曾志伟), Kelly Chen, dan Sammi Cheng. Selain itu, ide cerita yang orisinal dan unik serta sinematografi yang menawan juga menjadi alasan kesuksesan film ini.

Film ini sangat sukses di pasaran Hong Kong dan dianggap sebagai "keajaiban box office" sekaligus dianggap sebagai kebangkitan perfilman Hong Kong karena film ini dirilis pada masa di mana dunia perfilman Hong Kong sedang mengalami krisis kreativitas. Berkat kesuksesannya, film ini kemudian dibuatkan sekuelnya masing-masing Infernal Affairs II (sebenarnya sebuah prekuel) dan Infernal Affairs III, yang keduanya dirilis pada 2003.

Pada tahun 2003, perusahaan Plan B Productions milik Brad Pitt membeli hak pembuatan ulang Hollywoodnya. Hasilnya, pada Oktober 2006 dirilis The Departed yang disutradarai Martin Scorsese dan dibintangi Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, dan Mark Wahlberg.

Plot[sunting | sunting sumber]

Infernal Affairs bercerita tentang seorang polisi (Tony Leung, sebagai Yan) yang menyamar menjadi anggota Triad (geng Hong Kong) dan seorang anggota Triad yang menyamar menjadi seorang polisi (Andy Lau, sebagai Ming).

Keduanya mata-mata tersebut masing-masing dikirim oleh kedua organisasi yang saling bermusuhan tersebut untuk mendapatkan keuntungan intelijensi di lain pihak masing-masing.

Karena pejabat Republik Rakyat Tiongkok tidak dapat menerima akhir cerita aslinya di mana para pejabat hukum gagal menangkap sang mata-mata, sebuah akhir cerita alternatif direkam di mana para Triad ditangkap. Akhir cerita aslinya dimasukkan sebagai bonus dalam versi DVD untuk wilayah Eropa dan Amerika Utara.

Infernal Affairs I - aktor dan tokoh[sunting | sunting sumber]

Infernal Affairs II - aktor dan tokoh[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]