Index (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Index
Tokoh A Certain Magical Index
dan A Certain Scientific Railgun
Penampilan
perdana
Novel: Volume 1 (Index)
Manga: Bab 1 (Index)
Anime: Episode 1 (Index)
Episode 17 (Railgun)
PenciptaKazuma Kamachi
Pengisi suaraJepang Yuka Iguchi[1]
Amerika Serikat Monica Rial[2]
Biodata
SpesiesManusia
Jenis kelaminPerempuan
KemampuanMencegat Mantra (強制詠唱 (スペルインターセプト), Kyōsei Eishō (Superu Intāseputo))
StatusHidup
Usia14-15

Index Librorum Prohibitorum (禁書目録, Kinsho Mokuroku), lebih dikenal dengan nama Index (インデックス, Indekkusu) adalah salah satu protagonis utama dalam seri A Certain Magical Index dan merupakan tokoh kameo dari cerita sampingannya, A Certain Scientific Railgun. Dia adalah seorang biarawati Necessarius (必要悪の教会, Hitsuyōaku kyokai no), divisi dari Gereja Inggris yang berspesialisasi dalam bidang sihir, yang memiliki 103.000 buku sihir di dalam pikirannya.

Profil[sunting | sunting sumber]

Index adalah seorang wanita muda dengan rambut panjang berwarna perak, kulit yang sangat putih dan mata yang besar berwarna hijau. Dia juga mengenakan jubah putih dengan sulaman emas yang dijahit di kedua sisinya. Dia sering merasa kagum dengan hal-hal yang dianggap biasa oleh orang dewasa dan agak cuek dan penasaran dengan teknologi modern. Secara umum, dia baik kepada orang-orang. Dia dapat dengan mudah tersinggung dengan cara yang sangat kekanak-kanakan. Dia memiliki kebiasaan menggigit Touma setiap kali dia marah padanya. Dia juga memiliki nafsu makan yang besar. Index memiliki perasaan yang kuat terhadap Touma dan bahkan menyatakan cintanya setelah mengetahui bahwa Touma kehilangan ingatannya untuknya, namun, Touma menghindari menjawab dengan mengubah topik pembicaraan karena dia tidak tahu tentang perasaan seperti apa yang dia miliki untuk Index sebelum kehilangan ingatan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Namanya diambil dari buku dengan nama yang sama, The List of Forbidden Books (Daftar Buku Terlarang) atau Index Librorum Prohibitorum (禁書目録, Kinsho Mokuroku) dalam bahasa Jepang. Ini adalah daftar publikasi yang dilarang oleh Gereja Katolik Roma.

Tujuan yang diakui dari daftar tersebut adalah untuk melindungi iman dan moral umat beriman dengan mencegah pembacaan buku-buku yang tidak bermoral atau karya-karya yang mengandung kesalahan teologis, meskipun daftar tersebut juga berisi karya-karya ilmiah dari para astronom terkemuka, seperti Johannes Kepler. Berbagai edisi juga memuat aturan-aturan Gereja yang berkaitan dengan pembacaan, penjualan, dan penyensoran buku. Buku ini dihapuskan pada tanggal 14 Juni 1966 oleh Paus Paulus VI.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar latar belakangnya tidak diketahui. Meskipun demikian, Index mengklaim bahwa ia lahir dan dibesarkan di Katedral St. Tidak diketahui apakah "Index" adalah nama aslinya atau nama yang diberikan kepadanya karena dia memiliki 103.000 buku ajaib.

Dipastikan bahwa Index secara khusus dipilih sebagai penerima 103.000 buku ajaib karena dia memiliki kemampuan untuk mengingat sesuatu dengan sempurna dan juga karena dia tidak terpengaruh oleh kekuatan berbahaya dari buku-buku tersebut.

Untuk mencegah Index mengkhianati Necessarius, Laura Stuart, pemimpin Necessarius, menyusun rencana untuk menghapus ingatannya setahun sekali sehingga ia tidak punya pilihan selain bergantung pada Necessarius. Dia juga dimodifikasi sehingga tidak bisa menggunakan sihir. Untuk menjaganya tetap aman, Index ditugaskan penyihir untuk bertindak sebagai penjaganya. Namun, tidak ada satupun wali yang diberitahu kebenaran tentang hilangnya ingatan Index secara berkala; sebaliknya, mereka dibohongi dan diberitahu bahwa jika mereka tidak menghapus ingatan mereka setahun sekali, buku-buku itu pada akhirnya akan membunuh Index karena ruang yang mereka ambil di otaknya. Tiga tahun sebelum dimulainya seri ini, walinya adalah Aureolus Izzard, setahun kemudian, walinya adalah Stiyl Magnus dan Kaori Kanzaki. Hubungan Index dengan para walinya tidak diketahui karena ia kehilangan ingatan secara berkala, namun diasumsikan bahwa mereka semua sangat menyayanginya. Namun, setiap kali ingatannya terhapus, dia akan benar-benar melupakan para pengawalnya, menyebabkan mereka sangat menderita.

Index tiba di Jepang setahun sebelum dimulainya serial ini, meskipun dia telah kehilangan ingatannya sebelum kedatangannya, dan entah bagaimana terbangun di sebuah lorong dengan pengetahuan dasar yang paling sedikit mengenai posisinya di sisi magis. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari rencana Stiyl dan Kaori untuk menjauhkan para penyihir darinya, karena Jepang adalah negara yang memiliki sedikit sejarah sihir. Stiyl dan Kaori berpikir lebih baik jika Index menghabiskan waktu setahun untuk melarikan diri dari para penyihir daripada menghabiskan waktu setahun bersamanya seperti sebelumnya, karena Stiyl dan Kaori merasa akan sangat menyakitkan bagi mereka jika Index melupakan mereka lagi. Index akhirnya berakhir di Academy City saat ia dikejar oleh Stiyl dan Kaori, karena sekali lagi sudah waktunya untuk menghapus ingatannya. Sewaktu melompat dari atap ke atap selama pemadaman listrik yang tidak terduga di Academy City, ia terpeleset dan jatuh, mendarat di balkon apartemen seorang siswa yang malang, bernama Touma Kamijou.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Setelah Touma menemukan kebenaran tentang hilangnya ingatan Index, mode John's Feather diaktifkan untuk melindungi buku-buku ajaib, menghancurkan Touma dan sekutunya, dan menghapus ingatan Index. Touma memulai pertarungan sengit melawan Index dan akhirnya berhasil membatalkan mode John's Feather dengan kekuatan penyangkalannya, tetapi di saat-saat terakhir dia terkena serangan magis Index, kehilangan ingatannya saat itu juga. Touma memutuskan untuk tidak memberi tahu Index tentang hal ini agar dia tidak merasa bersalah. Setelah kejadian itu, teman-teman Index meyakinkan Necessarius untuk berhenti menghapus ingatannya dan membiarkannya tinggal di Academy City bersama Touma. Namun, Index tetap menjadi anggota Necessarius dan dengan demikian harus terus menjalankan misi untuk Necessarius, dengan bantuan Touma.

Dia diminta untuk kembali ke Inggris ditemani oleh Touma, tetapi ketika perang saudara pecah, pikirannya dicuri oleh Fiamma dari Kanan, pemimpin organisasi rahasia Gereja Katolik Roma yang disebut Kursi Kanan Tuhan. Fiamma mengatakan yang sebenarnya kepada Index: bahwa Touma kehilangan ingatannya karena dia, yang membuatnya depresi dan juga membuat Touma merasa bersalah karena telah membohonginya. Setelah pertarungan yang sulit, Touma mengalahkan Fiamma dan bersatu kembali dengan Index (dengan pikirannya). Dia meminta maaf dan melepaskan pikiran Index kembali ke dalam tubuhnya, kemudian tempat di mana dia berada dihancurkan, tampaknya membunuh Touma. Touma ternyata berhasil selamat dan bertemu kembali dengan Index di Academy City.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Nama mage-nya adalah Dedicatus545, yang berarti "Domba yang melindungi pengetahuan orang kuat". 103.000 buku sihir telah ditanamkan dalam pikirannya, karena ia memiliki memori fotografi yang memungkinkannya untuk mengingat setiap momen dalam hidupnya, sehingga tidak pasti apakah ia benar-benar manusia, karena satu buku sihir beracun bagi pikiran dan lebih dari cukup untuk membunuh seseorang tanpa persiapan yang tepat. Index dimodifikasi sehingga dia tidak bisa menggunakan sihir, karena dengan pengetahuannya itu akan terlalu berbahaya. Sebaliknya, dia hanya bisa mengganggu sihir orang lain. Namun, Index memiliki mode John's Feather, kepribadian kedua. Ketika John's Feather diaktifkan, Index kehilangan emosinya dan dapat menggunakan semua mantra dalam 103.000 buku sihirnya, dengan sihir ini ia berpotensi menjadi "Dewi Sihir" atau "Majin", seorang penyihir yang memiliki kemampuan seperti Dewi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 禁書目録 (インデックス) [Index-Librorum-Prohibitorum]. toaru-project.com/index_1_2 (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Januari 2022. Diakses tanggal 20 Januari 2022. 
  2. ^ Loveridge, Lynzee (6 Agustus 2012). "A Certain Magical Index's English Dub Cast, Trailer Revealed". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Januari 2022. Diakses tanggal 20 Januari 2022.