Icelandic Airlines Penerbangan 001

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Icelandic Airlines Penerbangan 001
DC-8 yang mirip dengan pesawat nahas ini.
Ringkasan Kecelakaan
Tanggal 15 November 1978
Jenis CFIT
Lokasi Katunayake, Sri Lanka
Penumpang 249
Awak 13
Terluka 32
Korban tewas 183
Selamat 79
Jenis pesawat Douglas DC-8
Operator Icelandic Airlines (Garuda Indonesia)
Nomor ekor TF-FLA
Asal Bandar Udara Internasional Jeddah, Jeddah, Arab Saudi
Tujuan Bandar Udara Internasional Bandaranaike, Colombo, Sri Lanka

Icelandic Airlines LL 001, sebuah penerbangan sewaan, jatuh pada tanggal 15 November 1978 saat mendekati landasan pacu bandara internasional Colombo, Sri Lanka. Jatuhnya Douglas DC-8 ini menewaskan 8 dari 13 awak Islandia, 5 awak cadangan dan 170 jamaah Haji dari Kalimantan Selatan, Indonesia, dari total 262 penumpang dan awak pesawat. Laporan resmi otoritas Sri Lanka menyebutkan bahwa kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat ini adalah awak pesawat gagal mengikuti prosedur pendekatan. Meski begitu, otoritas Amerika Serikat dan Islandia secara resmi mengklaim kerusakan peralatan di bandara dan kesalahan pengendali lalu lintas udara sebagai penyebab musibah ini. Ini merupakan musibah terburuk sepanjang sejarah penerbangan Islandia.

Pesawat ini berangkat dari Jeddah, Arab Saudi, ke Surabaya, Indonesia. Rencananya pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Bandaranaike, Colombo, untuk mengisi bahan bakar dan pergantian awak kabin. Badai petir terjadi di wilayah tersebut dan rincihan angin sangat dikhawatirkan.

Pesawat[sunting | sunting sumber]

Pesawat yang terlibat dalam insiden ini adalah DC-8 yang disewa untuk keperluan Haji. Nomor registrasinya adalah TF-FLA dan nama pesawatnya "Leifur Eiríksson".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]