iTunes U

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ITunes U
TipePerangkat lunak pendidikan
Versi pertama30 Mei 2007; 16 tahun lalu (2007-05-30)
Genre
  • Sistem belajar digital
Karakteristik teknis
Sistem operasi
PlatformiOS
Informasi pengembang
PengembangApple Inc.
PenerbitApp Store
Informasi tambahan
Situs webwww.apple.com/education/ipad/itunes-u/
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

iTunes U adalah sebuah perangkat lunak (aplikasi) yang dapat diunduh di dalam iTunes store yang dibuat khusus untuk dunia perkuliahan. Aplikasi ini biasanya digunakan dengan menggunakan perangkat ipad. iTunes U merupakan aplikasi yang fokus pada pendidikan dan dapat diakses oleh pelajar di universitas di dunia.[1] Aplikasi ini memberikan kebebasan untuk mengupload dan mendownload dokumen di dalam aplikasi iTunes U. Aplikasi ini mempermudah pengguna untuk mendapatkan beragam materi-materi perkuliahan dari berbagai macam universitas terbaik didunia secara gratis.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

iTunes U pertama kali diperkenalkan oleh Eddy Cue, President senior Internet software dan Service Apple Inc pada tgl 30 Mei 2007. Aplikasi iTunes U ini merupakan aplikasi pendidikan yang terbesar di dunia.[2] Aplikasi ini merupakan aplikasi yang fokus pada pendidikan dan dapat diakses oleh siapa saja yang menyediakan lahan untuk memberikan Materi Perkuliahan, Materi Kursus, dan juga Pelajaran. Aplikasi Itunes U ini yang menjadikan sebuah media komunikasi dibidang pendidikan ditunjukan untuk para pendidik (pengajar) maupun para pelajar. Materi-materi tersebut didapatkan dari para pengajar yang terdaftar di dalam Itunes U tersebut. dan juga lembaga perkuliahan yang terdaftar di dalam iTunes U. Contoh-contoh materi yang diberikan oleh aplikasi Itunes U, seperti Communications & Media, Engineering, Health & Medicine, History, Language, Law & Politics, Literature, Mathematics, Philosophy, Psychlogy & Social Science, Religion & Sprituality, Sciene, Society, Teaching & learning.

di dalam iTunes U pengguna dapat mengelola, mendistribusikan, dan mengakses ke dalam audio dan video konten untuk pembelajaran. iTunes U telah mengumpulkan bahan dari seluruh pelosok dunia khususnya di Universitas, Museum, Perpustakaan, dan juga lembaga-lembaga pendidikan. Sampai saat ini iTunes U telah berhasil mendapatkan 75.000 file dari beragam lembaga-lembaga di bidang pendidikan. di dalam iTunes U terdapat sekitar 750.000 materi-materi pembelajaran yang bisa didownload dan ditonton oleh mahasiswa.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Aplikasi Itunes U dapat didownload bagi seluruh pengguna produk apple/Ios, dimulai dari Ipad, Ipad mini, Mac, Iphone, Ipod, dan juga Ipod touch. Bagi pengguna windows bisa mendownload aplikasi ini dengan cara menginstall Itunes tipe terbaru agar bisa menikmati content-content yang ada di dalam aplikasi ini. iTunes U mempermudah komunikasi khususnya di dalam komunikasi jarak jauh yang dimana dengan adanya internet kita bisa mengakses aplikasi Itunes U dimanapun kita berada. Itunes U memiliki banyak sumber yang dimana universitas-universitas sudah terdaftar secara resmi sebagai Itunes U memberikan audio, video, PDF, dan dokumen, yang merupakan kontribusi dari ratusan institusi pendidikan di dunia. di dalam aplikasi iTunes U pelajar atau mahasiswa dapat menonton pembelajaran yang bukan dari universitasnya atau tanpa harus hadir kedalam kelas tersebut.

di dalam aplikasi Itunes U ini memiliki beberapa Materi di dalam Coursenya yaitu Audio video, presentation, documents, PDFs, ibook textbook pada ipad, epub books, iOS apps, web link. Siapa saja bisa memasukan djournal di dalam Itunes U dan bisa diakses oleh semua penggunanya. sama halnya kepada Institusi atau Universitas yang ingin bergabung dengan iTunes U bisa meregister langsung lewat aplikasi itu sendiri. Setelah itu akan dibuat program pembelajaran yang bisa di akses oleh semua mahasiswa universitas tersebut bisa juga oleh para pengguna diluar dari universitas tersebut yang menggunakan aplikasi Itunes U. Fungsi dari Itunes U dapat memudahkan pelajar untuk mengakses materi pembelajaran, dan juga bisa memiliki ruang diskusi (posted) sesama users yang menggunakan content dalam applikasi iTunes U.

Manfaat[3][sunting | sunting sumber]

Komunikasi pendidikan menjadi luas dengan adanya Itunes U yang dimana memberikan ruang para pengguna melakukan komunikasi antar satu dengan lainya. Selain itu iTunes U membuka peluang untung outsiders yang mana bukan siswa dari universitas atau sekolah yang mempublikasikan pendidikan tersebut sehingga siswa-siswa di Indonesia juga bisa mendengar lectures dari beberapa universitas ternama yang ada di belahan dunia lainnya contohnya Harvard, Oxford, maupun LSE. Mahasiswa juga bisa mengakses informasi pendidikan di luar education system di dalam konten yang disediakan yaitu beyond campuses sehingga siswa-siswa dapat mengeksplor lebih jauh dan bisa berpikir lebih kreatif.

Bagi pengajar[sunting | sunting sumber]

  • Dapat membuat satuan membelajaran dengan menggunakan ipad
  • Bisa memasukan materi-materi pembelajaran
  • Dapat memasukan alternatif pembelajaran dengan mengunakan
  • Bisa melihat ketika mahasiswa melihat tugas, menyelesaikan tugasnya, dan juga mengingatkan mahasiswa batas akhir pengumpulan
  • Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan individu dan juga bisa membuat debat dengan seluruh anggota kelas dengan menggunakan ruang diskusi yang ada di dalam aplikasi

Bagi pelajar[sunting | sunting sumber]

  • Bisa melihat hasil nilai tugas yang sudah berhasil.
  • Bisa bergabung dalam group diskusi kelas.
  • Dapat bertanya kepada pengajar secara individu untuk mereview tugas diluar jam kelas.
  • Mengumpulkan tugas dengan menggunakan aplikasi lain yang dibuat oleh Apple atau lainnya.

Manfaat menyeluruh[sunting | sunting sumber]

  • Mempermudah Komunikasi antara pengguna atau pelajar dengan Universitas dan tempat kursusnya.
  • Mempermudah pengguna untuk mengakses bahan-bahan untuk belajar yang didapatkan dari pengajar berbagai universitas didunia.
  • Komunikasi yang terjadi di dalam ruang course yang dimana pengguna bisa memberikan komentar di setiap kategori course yang ada seperti di dalam kategori assigments dan discussion.
  • Mempermudah penyebaran pendidikan secara global yang mana dapat meningkatkan kualitas siswa-siswa sendiri.
  • Bisa bergabung di dalam course dari universitas lain dari pengajar-pengajar top di dunia.

Hubungan komunikasi[sunting | sunting sumber]

Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Itunes U hadir sebagai salah satu media teknologi komunikasi dalam pendidikan, dengan iTunes U membaca buku lebih praktis untuk dibaca dimana saja, mencari journal untuk kit abaca juga lebih gampang dengan adanya aplikasi ini. Jarak sudah bukan kendala untuk siswa-siswa yang ingin mencari ilmu dari berbagai penjuru dunia. Aplikasi ini sangat menjangkau komunikasi jarak jauh. Karena di dalam aplikasi ini kita bisa mendownload video ataupun podcast dari pengajar di universitas kita dan bisa menontonnya tidak perlu pergi ke kampus ataupun tempat kursus melainkan bisa mengakses dan berkomunikasi lewat ruang diskusi yang diberikan disetiap course.

Hubungan antara Itunes U dengan komunikasi memang perlu diketahui bahwa komunikasi yang terjadi di dalamnya bukan komunikasi secara langsung melainkan secara tidak langsung dan alat penghubung komunikasinya hanya lewat ruang diskusi atau box comment yang di dalamnya setiap orang berhak berkomentar. Komunikasi pendidikan menjadi luas denga adanya Itunes U yang dimana memberikan ruang para pengguna melakukan komunikasi antar satu dengan lainya. Selain itu iTunes U membuka peluang untung outsiders yang mana bukan siswa dari universitas atau sekolah yang mempublikasikan pendidikan tersebut sehingga siswa-siswa di Indonesia juga bisa mendengar lectures dari beberapa universitas ternama yang ada di belahan dunia lainnya contohnya Harvard, Oxford, maupun LSE. Mahasiswa juga bisa mengakses informasi pendidikan di luar education system di dalam konten yang disediakan yaitu beyond campuses sehingga siswa-siswa dapat mengeksplor lebih jauh dan bisa berpikir lebih kreatif.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Sejak kemunculan iTunes U diakhir februari 2013 telah sukses mecapai satu miliar download dari bermacam lembaga-lembaga pendidikan dan juga penjualan tinggi pada ipad yang terjadi di dalam dunia pendidikan. Banyaknya universitas-universitas top yang bergabung di dalam iTunes U membuat daya tarik para pembelajar untuk bergabung di dalam aplikasi ini dan mengikutin program-program yang disediakan di dalam aplikasi iTunes U tersebut.[4] Teknologi e-learning sampai saat ini diterima dengan baik oleh masyarakat khususnya dibidang pendidikan hal ini kedepannya akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang tiada batasannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]