Honda HA-420 HondaJet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
HondaJet Ryabtsev.jpg
HondajetPanel.jpg

Honda HA-420 HondaJet adalah pesawat penerbangan umum pertama dikembangkan oleh Honda Motor Company . Pesawat ini adalah jet pribadi ringan, yang dirancang oleh perusahaan Honda Jepang dan dibangun di Amerika Serikat . HondaJet ini termasuk kategori "jet sangat ringan" .

HondaJet merupakan pesawat komersial pertama Honda dengan bodi menggunakan bahan komposit ringan dan sayap diperkuat aluminium. Ciri khasnya adalah konfigurasi mesin yang dipasang di atas sayap.

Mesinnya sendiri menggunakan dua unit mesin jet turbofan GE Honda HF120 yang dirancang untuk meningkatkan performa dengan bahan bakar efisien dengan cara mereduksi hambatan aerodinamikanya.

Pesawat yang mampu menampung enam penumpang tersebut memiliki bentang sayap 12,15 meter dengan total panjang 12,71 meter. HondaJet ini memiliki kecepatan jelajah 778 km/jam dengan kemampuan jelajah sejauh 2.593 km.

Badan pesawat dirancang untuk mereduksi kebisingan kabin baik saat berada di angkasa maupun ketika mergerak di atas permukaan jalan, sekaligus menyajikan ruang yang lebih lapang dan kapasitas kargo yang lebih besar.

Di dalam kokpitnya terdapat sebuah Garmin G3000 avionic system Honda-customized dengan format display lansekap berukuran 14 inci dan pengendali layar sentuh ganda.

HondaJet telah menyelesaikan sederet pengujian seperti crew-seat crash tests, speedbrake testing, uji muatan penuh, EASA windshield bird-strike testing, wind tunnel icing tests, night lighting testing hingga uji cuaca ekstrem. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]