Honda Civic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Honda Civic
Honda Civic EX Coupe generasi ke-8
Produsen Honda
Masa dalam produksi 1972-kini
Kelas Subkompak (1972-2000)
Mobil kompak (2001-kini)

Honda Civic adalah mobil yang diproduksi oleh Honda Motor Co. Pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai coupe 2 pintu, diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada September tahun itu juga. Mobil ini menganut sistem gerak roda depan, di mana mesinnya diletakan melintang, sehingga dapat menyediakan ruang interior yang cukup luas walaupun dimensi mobil terbilang kecil.

Definisi Civic[sunting | sunting sumber]

Menurut kamus Webster, kata Civic berarti "sesuatu yang berhubungan dengan penduduk, kota, dan hubungan antar penduduk". Dan karena itulah Honda Civic memulai debut pertamanya di dunia pada tahun 1972.Dengan semangat nama yang diusungnya maka, Honda mewujudkan "mobil untuk semua orang" dan "mobil untuk dunia". Sejak saat itu Civic selalu menjadi mobil yang selalu mempunyai sesuatu yang lebih dari mobil sekelasnya dan selalu membawa fungsi nilai ke tingkatan yang lebih maju dan setelah 33 tahun berlalu sejak diluncurkan, Civic rata-rata terjual ke 160 bangsa dan negara di seluruh dunia.

Generasi pertama (1973-1979)[sunting | sunting sumber]

1978-79 Honda Civic

Generasi pertama Honda Civic diluncurkan 1972 dan mulai dijual tahun 1973. Bermodalkan mesin 1.2L 4 segaris, mobil ini didesain untuk melawan mobil-mobil kompak Amerika saat itu. Mobil ini sangat populer karena ada krisis minyak mentah tahun 1973 saat itu.

Versi mesin CVCC diluncurkan 1975 dengan kapasitas 1.5L 53 hp. Mesin ini mempunyai pembakaran yang lebih efisien tidak memerlukan catalic converter dan bahan bakar bebas timbal untuk memenuhi kebutuhan emisinya. Di negara bagian California, Amerika Serikat, hanya versi CVCC saja yang dijual karena standar emisi yang tinggi.[1]

Generasi kedua (1980-1983)[sunting | sunting sumber]

Civic 3-door

Generasi kedua Honda Civic diperkenalkan 1980. Bentuknya lebih besar dan lebih membulat dari pendahulunya. Semua mesin Civic generasi kedua sudah menggunakan mesin CVCC dengan penambahan katup ketiga pada tiap silindernya. Menggunakan mesin 1335 cc bertenaga 55 hp (41 kW) dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp (50 kW). Ditawarkan tiga macam transmisi yaitu transmisi manual 4 kecepatan dan 5 kecepatan, serta 1 transmisi semi otomatis.[2]

Generasi ketiga (1984-1987)[sunting | sunting sumber]

Honda Civic generasi ketiga untuk spek Eropa

Generasi ketiga diluncurkan 1984. Menggunakan mesin 4 silinder seri D 1500 cc dengan CVCC. Di Jepang tahun 1984 diluncurkan pula Honda Civic Si dengan mesin yang lebih bertenaga, juga perbaikan pada suspensi dan mesin 1.6L DOHC bertenaga 130 ps. Versi 4WD juga tersedia saat itu.

Generasi keempat (1988-1991)[sunting | sunting sumber]

untuk tahun 1988 Civic didesain ulang dengan peningkatan dimensi dan garis kap mesin yang lebih rendah. Berbagai macam model dan trim level yang ditawarkan untuk berbagai pasar di seluruh dunia. Yang paling menonjol yang meliputi Pasar jepang Sir, Eropa VTI (baik menampilkan baru B16A mesin VTEC DOHC), Inggris / Eropa 1.6i-16 (DOHC D16A9 mesin) dan Selandia Baru pasar GTi (menampilkan interior kulit penuh dan versi disetel dari mesin D16A7 sukses SOHC). Semua model US berfitur injeksi bahan bakar elektronik, tetapi model berkarburator masih tersedia di tempat lain. Generasi keempat melihat pengenalan suspensi belakang sepenuhnya independen di berbagai model keseluruhan. Selain itu, Honda CRX terus menjadi bagian dari keluarga yang termasuk Civic HF, DX, dan Si model di Amerika Serikat

Civic di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Honda Civic di Indonesia terkenal sebagai mobil sedan 4 atau 3 pintu, yang menawarkan performa, handling yang tajam dan kenyamanan khas Honda. Dan telah mendapatkan tempat tersendiri di hati para fanatik dan pecinta Honda. Kebanyakan pengemudi Civic adalah, para remaja, orang yang menginginkan mobil dengan brand image kuat dan kencang yang telah tertanam sejak dulu pada image Civic. Belum lagi para modifikator nasional yang menuangkan kreasinya di Civic untuk membuat mobil ini makin mengena di hatinya dan tidak jarang menarik perhatian orang-orang di sekitarnya untuk memuji dan menikmati hasil para modifikator nasional. Ditambahnya para pecinta kecepatan nasional yang mengerti potensi mesin Civic dalam hal kecepatan, karena mereka dapat mengganti part-part mesin original dengan part aftermarket yang tersedia di pasaran yang didesain khusus untuk Civic untuk meningkatkan potensi performa Civic mereka dalam balapan mobil legal/ilegal.[3]

Untuk di Indonesia:

  • Generasi pertama dari Honda Civic disebut sebagai Honda Civic Koper
  • Generasi kedua disebut sebagai Honda Civic Excellent
  • Generasi ketiga biasa disebut Honda Civic Wonder. Yang masuk ke Indonesia ada 2 model, sedan 4 pintu dan hatchback 2 pintu.
  • Generasi keempat biasa disebut Honda Grand Civic. Ada Grand Civic LX untuk sedan 4 pintunya dan Honda Civic Nova untuk yang hatchback 2 pintunya.
  • Generasi kelima biasa ada 2 nama yaitu Honda Civic Genio untuk sedan 4 pintu dan Honda Civic Estillo untuk hatchback 2 pintu nya.
  • Generasi keenam yang dijual di Indonesia hanya yang sedan 4 pintu yaitu Honda Civic Ferio.
  • Generasi ketujuh VTi-s 4 pintu
  • Dan kedelapan FD-1 juga model sedan 4 pintu dengan type 1.8 2.0 atau type R (White Racing Edition)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Old School Hondas 1960's - 80's". www.1stgencivic.org. Diakses 2010-10-23. 
  2. ^ "Generations". Edmunds. Diakses 2006-11-05. 
  3. ^ "All New Honda Civic kini lebih Sporty". Diakses 2010-09-23.