Hinduisme di Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hindu Jepang
Patung Benzaiten (Saraswati), Kangiten (Ganesh), dan Bishamonten (Kubera) di kuil Daishō-in.
Patung Benzaiten (Saraswati), Kangiten (Ganesh), dan Bishamonten (Kubera) di kuil Daishō-in.
Total populasi
166500 (2022)
Agama
Hinduisme
Bahasa
Liturgi: Sanskerta, Tamil Kuno
Simbol "Om" dalam aksara Katakana[a]

Hinduisme adalah agama minoritas di Jepang, yang diikuti oleh hampir 166500 orang per 2022. Sebagian besar umat Hindu di Jepang berasal dari India dan Nepal.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Kuil Benzaiten, Taman Inokashira

Meskipun Hindu adalah agama yang sedikit dipraktikkan di Jepang, namun tetap memiliki peran signifikan, tetapi tidak langsung dalam pembentukan budaya Jepang. Ini sebagian besar karena banyak kepercayaan dan tradisi Buddhis (yang memiliki akar India yang sama dengan Hinduisme) menyebar ke Jepang dari Tiongkok melalui semenanjung Korea pada abad ke-6. Salah satu indikasinya adalah "Tujuh Dewa Keberuntungan" Jepang, yang empat di antaranya berasal dari dewa Hindu: Benzaitensama (Sarasvati), Bishamon (Vaiśravaṇa atau Kubera), Daikokuten (Mahākāla/Shiva), dan Kichijōten (Lakshmi). Bersama dengan Benzaitennyo/Sarasvati dan Kisshoutennyo/Laxmi dan menyelesaikan nipponization dari tiga dewi Hindu Tridevi , dewi Hindu Mahakali adalah nipponized sebagai dewi Jepang Daikokutennyo (大黒天女), meskipun dia hanya dihitung di antara Tujuh Dewa Keberuntungan Jepang ketika dia dianggap sebagai manifestasi feminin dari dirinya rekan pria Daikokuten (大黒天).[1]

Benzaiten tiba di Jepang selama abad ke-6 hingga ke-8, terutama melalui terjemahan Tionghoa dari Sutra Cahaya Emas (金光明経), yang memiliki bagian khusus untuknya. Ia juga disebutkan dalam Sutra Teratai. Di Jepang, lokapala mengambil bentuk Buddhis dari Empat Maharaja Langit (四天王). Sutra Cahaya Emas menjadi salah satu sutra terpenting di Jepang karena pesan dasarnya, yang mengajarkan bahwa Empat Raja Langit melindungi penguasa yang mengatur negaranya dengan cara yang benar. Dewa kematian Hindu, Yama, dikenal dalam wujud Buddhisnya sebagai Enma. Garuda, gunung (vahana) dari Wisnu, dikenal sebagai Karura (迦楼羅), makhluk besar yang bernapas dengan api di Jepang. Ia memiliki tubuh manusia dan wajah atau paruh elang. Tenin berasal dari bidadari. Ganesha Hindu (lihat Kangiten) ditampilkan lebih dari Buddha di sebuah kuil di Futako Tamagawa, Tokyo. Contoh lain pengaruh Hindu di Jepang termasuk kepercayaan "enam aliran" atau "enam doktrin" serta penggunaan Yoga dan pagodas. Banyak aspek budaya Hindu yang telah mempengaruhi Jepang juga mempengaruhi budaya Tionghoa.

Orang-orang telah menulis buku tentang pemujaan dewa-dewa Hindu di Jepang.[2] Bahkan hari ini, diklaim Jepang mendorong studi yang lebih dalam tentang Dewa-Dewa Hindu.[3]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Hinduisme dipraktikkan terutama oleh para migran India dan Nepal, meskipun ada yang lain. Pada 2016, ada 30.048 orang India dan 80.038 orang Nepal di Jepang. Kebanyakan dari mereka beragama Hindu. Dewa-dewa Hindu masih dipuja oleh banyak orang Jepang khususnya dalam Buddhisme Shingon. Beberapa kuil Hindu di Jepang adalah sebagai berikut:

  • Kuil Shiva Shakti & Ashram Tokyo
  • Kuil Shirdi Sai Baba Tokyo
  • ISKCON Gaya Baru
  • Kuil Benzaitensama (Kuil Saraswati)
  • Kuil Ganesha, Asakusa

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut Asosiasi Arsip Data Agama, ada 25.597 umat Hindu di Jepang pada tahun 2015.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ オーム (U+30AA & U+30FC & U+30E0)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Butsuzōzui (Illustrated Compendium of Buddhist Images)" (digital photos) (dalam bahasa Japanese). Ehime University Library. 1796. hlm. (059.jpg). 
  2. ^ Chaudhuri, Saroj Kumar. Hindu Gods and Goddesses in Japan. (New Delhi, 2003) ISBN 81-7936-009-1.
  3. ^ "Japan wants to encourage studies of Hindu gods"[pranala nonaktif] Satyen Mohapatra "Salinan arsip". Archived from the original on 2020-03-01. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  4. ^ "Japan, Religion And Social Profile". thearda.com.