Harry Golombek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Harry Golombek (lahir di London, 1 Maret 1911 – meninggal 7 Januari 1995 pada umur 83 tahun) adalah seorang pecatur berkebangsaan Britania Raya.

Pada pecahnya Perang Dunia II di bulan September 1939, Golombek sedang berada di Buenos Aires, Argentina, berkompetisi dalam Olimpiade Catur untuk Britania Raya bersama dengan C.H.O'D. Alexander dan Philip Stuart Milner-Barry. Mereka segera kembali ke Britania Raya, dan segera direkrut ke Bletchley Park, pusat pemecahan kode masa perang. Golombek bekerja di Hut 8, bagian yang bertanggung jawab untuk memecahkan enigma AL Jerman, pindah ke bagian lain pada bulan Oktober/November 1942.

Pada tahun 1950, ia mendapatkan gelar master dan pada tahun 1985, ia mendapatkan gelar grandmaster FIDE.

Pada tahun 1952, ia memenangkan turnamen besar Hastings. Harry juga koresponden untuk The Times. Ia sudah 3 kali ikut Kejuaraan Catur Britania dan 8 kali ikut Olimpiade Catur. Pada tahun 1977, ia menulis A History of Chess dan pada tahun-tahun berikutnya ia menulis sejumlah buku tentang catur.

Dalam bank data catur Simbase, terdapat 737 partai (diakses pada bulan Maret 2004) yang dimainkan oleh Golombek: ia memenangkan 189 partai, kalah 250 partai dan remis 298 partai. Persentase perolehannya adalah 45.

Harry Golombek membuka permainan dengan 1.c4 atau 1.d4 dan kemudian memainkan pembukaan Inggris atau partai India. Dengan bidak hitam, ia ia memilih Pertahanan Caro-Kann dan pertahanan India.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]