Hans Urs von Balthasar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hans Urs von Balthasar (lahir 12 Agustus 1905 – meninggal 26 Juni 1988 pada umur 82 tahun) adalah seorang imam dan teolog Katolik dari Swiss, penerbit buku-buku teologi. Merupakan trio teolog yang sangat berpengaruh dalam abad keduapuluh bersama dengan Karl Rahner dan Bernard Lonergan. Ia dengan gigih menentang sikap reduksionis dan modernis.

Hidupnya[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Lucerne, Swiss. Ia mendapat pendidikan dasar di lembaga Yesuit Stella Mattutina, Feldkirch, Austria. Pendidikan tinggi dikenyamnya di Wina, Berlin dan Zurich. Ia seorang doktor dalam kesusastraan Jerman. Mula-mula ia bergabung dengan Serikat Yesus pada tahun 1926 dan ditahbis sebagai imam tahun 1936. Ia bekerja sebagai pastor mahasiswa di Basel. Ia meninggalkan Serikat Yesus tahun 1950 dan mendirikan suatu Institut Sekular. Pada tahun 1988 Paus Yohanes Paulus II memintanya untuk menjadi seorang Kardinal, tetapi sebelum terlaksana Hans Urs von Balthasar meninggal dunia.

Karya[sunting | sunting sumber]

Hans Urs von Balthasar sangat terkenal dengan karya analitiknya atas teolog Reformis Protestan Karl Barth, "The Theology of Karl Barth: Exposition and Interpretation" (1951) yang mendapat pujian tinggi dari Karl Barth sendiri.

Ia juga sangat dikenal dari keenam jilid buku karyanya, yang dihimpun menjadi trilogi gugusan teologi sistematik:

  1. The Glory of The Lord, 7 jilid. Merupakan hasil kontemplasi atas kebaikan, keindahan dan kebenaran Allah, sehingga dikategorikan sebagai karya estetika teologis.
  2. Theo-Drama: Theological Dramatic Theory, 5 jilid. Hasil renungan tentang tindakan Allah dan tanggapan manusia; mengembangkan teori soteriologi, kristologi, dan eskatologi.
  3. Theo-Logic, 3 jilid. Renungan mengenai hubungan kristologi dengan ontologi. Satu jilid Epilog melengkapi gugusan karya teologi sistematik ini.

Dari sikap dasar kontemplatif untuk studi teologinya, ia menyebut teologi sistematiknya sebagai "telogi bertelut" dan "teologi duduk".

Bersama dengan Henri de Lubac, Walter Kasper dan Joseph Ratzinger (sekarang Paus Benediktus XVI) ia mendirikan dan menerbitkan majalah Concilium, yang beredar dalam 12 bahasa, termasuk bahasa Arab.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (2004) in Edward T. Oakes, SJ, dan David Moss: The Cambridge Companion to Hans Urs von Balthasar. Cambridge University Press. ISBN 0-521-89147-7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]