Haida Gwaii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Haida Gwaii
Kepulauan Queen Charlotte
Haida Heritage Centre.jpg
Haida Heritage Centre di Kaay Llnagaay

Peta Haida Gwaii
Geografi
Lokasi Samudra Pasifik
Koordinat 53°LU 132°BB / 53°LU 132°BB / 53; -132Koordinat: 53°LU 132°BB / 53°LU 132°BB / 53; -132
Jumlah pulau ~150
Pulau besar Pulau Graham, Pulau Moresby
Luas 10.180 km2 (3.931 sq mi)
Ketinggian tertinggi 1.164 m (3.819 ft)
Puncak tertinggi Gunung Moresby
Negara
Kanada
Provinsi  British Columbia
Kota terbesar Queen Charlotte City (pop. 948)
Demografi
Populasi 4761 [1] (per 2008)
Kepadatan 0.468 /km2 (1,212 /sq mi)
Informasi tambahan
Zona waktu: Pasifik

Haida Gwaii[2] atau Kepulauan Queen Charlotte,[3] adalah sebuah kepulauan di Pesisir Utara British Columbia, Kanada, kebanyakan dihuni oleh suku Haida. Haida Gwaii terdiri dari dua pulau utama: Pulau Graham di utara, dan Pulau Moresby di selatan, bersama sekitar 150 pulau kecil dengan luas total 10.180 km2 (3,931 mil²). Pulau besar lainnya meliputi Pulau Anthony, Langara, Louise, Lyell, Burnaby, dan Kunghit.

"Haida Gwaii" dalam bahasa Inggris diucapkan /ˈhdə ɡw/, HY-duh-GWEYE. Nama ini berarti "Kepulauan Bangsa" dalam bahasa Haida.

Kepulauan ini terpisah dari daratan British Columbia di sebelah timur oleh Selat Hecate. Pulau Vancouver berada di selatan, di seberang Queen Charlotte Sound, sementara negara bagian Amerika Serikat Alaska berada di utara, di seberang Dixon Entrance yang diperebutkan.

Sejumlah pulau dilindungi di bawah UU federal seperti Gwaii Haanas National Park Reserve and Haida Heritage Site, yang mencakup Pulau Moresby dan pulau-pulau sekitarnya. Ada beberapa taman provinsi yang juga dilindungi, namun berada di bawah UU provinsi, yang terbesar adalah Naikoon Provincial Park di timur laut Pulau Graham. Kepulauan ini adalah rumah bagi banyak hidupan liar, termasuk subspesies terbesar beruang hitam, dan subspesies terkecilnya (Ursus americana carlottae) dan subspesies Pulusan stoat Mustela erminea haidarum. Rusa ekor hitam dan rakun adalah spesies pendatang yang semakin banyak jumlahnya.

Pada tanggal 3 Juni 2010, Haida Gwaii Reconciliation Act secara resmi memberi nama kepulauan ini Haida Gwaii sebagai bagian dari protokol rekonsiliasi antara British Columbia dan suku Haida.[2][4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Subdivisions of British Columbia