Gurun Namib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bukit Pasir 7, bukit pasir tertinggi di dunia (±. 383 m.), di Gurun Namib, Namibia.
Lautan bukit pasir di Gurun Namib. Perhatikan bagaimana puncak bukit pasir bersatu dalam orientasi barat laut-tenggara. Puncaknya membentuk garis potongan ke angin formatif (potong memotong). Puncak bukit pasir itu berlaku sebagai penghambat, dan penghambat menyebabkan angin terdefleksi secara signifikan ke kanan, di hemisfer selatan—terjadi reorientasi di angin selatan seperti angin barat daya.

Gurun Namib adalah sebuah gurun di Namibia yang merupakan bagian dari Taman Nasional Namib-Naukluft, salah satu taman nasional yang terbesar di Afrika. Nama "Namib" berasal dari bahasa Nama. Gurun ini meliputi wilayah sekitar 50.000 km², membentang 1.600 km (1.000 mil) sepanjang pesisir Samudra Atlantik di Namibia, yang mendapatkan namanya dari gurun ini. Luas barat-timurnya bervariasi dari 50-160 km (30 hingga 100 mil). Gurun Namib juga mencapai sebelah barat daya Angola.

Daerah ini dianggap sebagai gurun tertua di dunia dan telah mengalami keadaan gersang atau semi-gersang setidaknya 80 juta tahun. Keadaan gersangnya disebabkan oleh turunnya air kering yang didinginkan oleh arus Benguela sepanjang pesisir. Kurang dari 10 mm (0,4 inci) hujan turun di gurun ini tiap tahun sehingga hampir tandus.

Sejumlah spesies tanaman dan tumbuhan unik ditemukan di sini. Salah satunya adalah Welwitschia mirabilis, tanaman semacam semak belukar. Welwitschia terkenal karena kemampuannya bertahan hidup dalam keadaan yang amat kering di Namib, kadang-kadang mendapat embun dari pesisir.

Meski gurun ini tak berpenghuni dan tak terjangkau, ada permukiman di Sesriem, dekat Sossusvlei yang terkenal dan sekelompok besar bukit pasir, yang dengan tinggi 340 meter merupakan bukit pasir tertinggi di dunia. Kompleksitas dan regularitas pola bukit pasir ini dalam lautan bukit pasirnya telah menarik perhatian para geolog selama berpuluh tahun; namun sayangnya tak dapat dipahami dengan baik.

Interaksi antara udara bermuatan air dari laut lewat angin selatan, dan udara yang kering dari gurun menyebabkan banyaknya kabut dan aliran kuat, menyebabkan para nakhoda tersesat. Bersama dengan Skeleton Coast di utara, terkenal sebagai tempat banyaknya bangkai kapal. Beberapa darinya bisa ditemukan sekitar 50 meter di daratan, karena gurun ini bergerak perlahan ke barat menuju laut, mereklamasi tanah selama bertahun-tahun.

Gurun Namib adalah tempat penting bagi pertambangan tungsten, garam dan berlian.

Akses melalui pesawat kecil dari Windhoek (ibukota Namibia, sekitar 480 km dari timur pusat gurun), Swakopmund dan Walvis Bay di ujung utara gurun, atau melalui darat di jalanan berkerikil.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]