Taman Nasional Namib-Naukluft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Batas-batas Taman Nasional Namib-Naukluft dan Cagar Alam Namib Rand

Taman Nasional Namib-Naukluft adalah taman nasional di Gurun Namib yang terletak di bagian barat daya Afrika. Taman nasional ini memiliki spesies ular, tokek, serangga, hyena, dan jackal yang sanggup bertahan di wilayah beriklim sangat kering. Kabut yang membawa uap air dari Samudra Atlantik berubah menjadi hujan yang sebagian besar hanya turun di bulan Februari dan April. Curah hujan per tahun di taman nasional ini hanya sebesar 106 milimeter per tahun.

Angin yang membawa kabut sekaligus membentuk guguk pasir di Taman Nasional Namib-Naukluft. Usia guguk pasir bisa ditentukan dari warnanya. Besi dalam pasir teroksidasi secara perlahan-lahan seperti halnya besi yang berkarat. Pasir yang lebih tua memiliki warna oranye tua yang lebih terang. Guguk pasir di taman nasional ini merupakan guguk pasir tertinggi di dunia, tingginya dari permukaan padang pasir bisa mencapai 300 meter. Ribuan burung banyak mendatangi guguk pasir yang melandai di daerah pesisir, laguna, lahan basah, serta rawa-rawa sepanjang pantai.

Kata "Namib" berarti wilayah terbuka, dan nama negara Namibia (tanah wilayah terbuka) diambil dari nama Gurun Namib. Pemerintah kolonial Jerman menetapkan Taman Nasional Namib-Naukluft pada tahun 1907 ketika menentukan wilayah antara Sungai Swakop dan Kuiseb River sebagai lahan perburuan. Taman nasional ini luasnya sebesar 49.768 km² (kira-kira sama luasnya dengan negara Swiss).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]