Gunuang Talang, Solok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunuang Talang
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Barat
Kabupaten Solok
Pemerintahan
 • Camat Drs. Muspian
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Nagari/kelurahan 10

Gunuang Talang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Pusat pemerintahan kecamatan ini berada di nagari Talang. Kecamatan ini terletak di lereng Gunung Talang sehingga pada umumnya berhawa sejuk. Mata pencaharian penduduk pada umumnya adalah bertani, dan sebagian kecil sebagai pedagang (wiraswasta) serta pegawai pemerintah.

Sebagian besar nagari di kecamatan ini, yaitu Cupak, Talang, Koto Gadang Guguak, Sukarami, Kayu Aro dilintasi oleh jalan raya Padang - Solok yang cukup padat, yang juga dilalui oleh kendaraan dari Jambi, Sumatera Selatan, Lampung dan pulau Jawa yang menuju kota Padang dan wilayah lainnya di Sumatera Barat.

Dua nagari lainnya, yaitu Batang Baruih, dan Aie Batumbuak dilintasi jalan raya Padang - Muara Labuh, Solok Selatan. Sedangkan 3 nagari lainnya, yaitu Sungai Janiah, Koto Gaek Guguak dan Jawi-jawi terletak agak ke dalam.

Dua nagari di kecamatan ini juga menjadi ibu kota dari kabupaten Solok, yaitu Kayu Aro dan Sukarami yang kemudian dipendekkan dengan nama Arosuka.

Nagari/desa[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Gunuang Talang terdiri dari 10 nagari, yaitu Talang, Sungai Janiah, Koto Gadang Guguak, Koto Gaek Guguak, Jawi-jawi, Cupak, Sukarami, Kayu Aro, Batang Baruih, dan Aie Batumbuak.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Gunung Talang, Solok