Grimoaldo III dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekeping tremissis emas dari masa pemerintahan Grimoaldo di Monnaie de Paris

Grimoaldo III (wafat tahun 806) merupakan Pangeran Benevento, Lombardia dari tahun 788 sampai kematiannya. Ia adalah putra kedua Arechi II dan Adelperga. Pada tahun 787, ia dan kakandanya Romoaldo dikirim sebagai tawanan ke Charlemagne yang turun ke semenanjung Italia sampai ke Salerno untuk menerima penyerahan Benevento. Sebagai balasan atas perdamaian, Arechi mengakui kekuasaan Charlemagne dan menyerahkan Grimoaldo sebagai tawanan.

Ketika ayah dan saudaranya meninggal pada tahun 788, Grimoaldo diijinkan kembali ke Italia. Ia mengakui kekuasaan bangsa Franka, namun diijinkan secara praktis merdeka sebagai imbalan untuk membela Italia dari Bizantium. Pada tahun 788 ia menghadapi serangan Bizantium yang dipimpin oleh Adelchi, putra mantan raja Lombardia, Desiderius. Pasukan Franka di bawah Guinigisio dan Ildeprando dari Spoleto, bergabung dengan Grimoaldo dan mengalahkan Adelchi di pesisir tak lama setelah ia mendarat.

Kemudian, Grimoaldo mencoba untuk mengusir kekuasaan Franka, namun putra-putra Charlemagne, Pépin dari Italia dan Charles yang Lebih Muda, memaksanya untuk menyerah pada tahun 792.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Gwatkin, H. M., Whitney, J. P. (edd.) The Cambridge Medieval History: Volume II—The Rise of the Saracens and the Foundations of the Western Empire. Cambridge: Cambridge University Press, 1926.
  • Oman, Charles. The Dark Ages 476-918. London: Rivingtons, 1914.
  • Hodgkin, Thomas. Italy and her Invaders. Oxford: Clarendon Press, 1895.
  • McKitterick, Rosamond. The Frankish Kingdoms under the Carolingians, 751–987. London: Longman, 1983. ISBN 0-582-49005-7.
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Arechi II
Pangeran Benevento
788–806
Diteruskan oleh:
Grimoaldo IV