Arechi II dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tremissis yang mengandung gambar Arechi setelah ia mengambil gelar princeps (pangeran)

Arechi II (juga Aretchis, Arichis, Arechi atau Aregis) (wafat 26 Agustus, 787) merupakan seorang Adipati Benevento (dan kemudian) Pangeran Benevento, di Italia selatan, dari tahun 758 sampai kematiannya. Ketika ia mencari cara untuk memperluas pengaruh Benevento ke area-area Italia yang masih dikendalikan oleh Kekaisaran Romawi Timur, ia juga harus menangkis serangan yang dilancarkan oleh Charlemagne, yang membangun kerajaan Franka dan menguasai Italia utara.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Arechi adalah keturunan dari Lombardia yang telah menguasai semenanjung Italia pada akhir abad ke-6 dan mendirikan kerajaan Lombardia di Italia utara dengan ibukotanya di Pavia, dan dua wilayah adipati yang independen di Italia selatan, di Spoleto dan Benevento.

Arechi adalah putra Adipati Liutprando, yang ia gantikan pada tahun 756. Mulanya Arechi terus menggunakan gelar Adipati Benevento. Namun setelah kerajaan Lombardia jatuh ke tangan Charlemagne pada tahun 774, kemungkinan sebagai isyarat kemerdekaan, Arechi mengambil gelar Pangeran Benevento sampai kematiannya pada tahun 787.

Pada sekitar tahun 757 Arechi menikahi Adelperga, putri raja Lombardia dari Italia utara, Desiderius. Arechi kemudian membina hubungan erat (namun sangat independen) dengan Desiderius, yang berlangsung sampai kerajaan Lombardia jatuh ke tangan Franka pada tahun 774 dan Desiderius digulingkan. Pasangan itu memiliki 5 orang anak, tiga putra dan dua putri.

Puing-puing Castello di Arechi, sebuah benteng yang dibangun Arechi setelah memindahkan ibukotanya ke Salerno

Dengan standar abad kedelapan, Adelperga dan Arechi menjadi pendukung penting dari budaya. Adelperga menugaskan penulis utama Lombardia Paolo Diacono untuk memproduksi Historia Romananya, buku teks sejarah Romawi yang secara luas digunakan selama sisa Abad Pertengahan. (Beberapa sejarawan juga berpendapat bahwa mereka menugaskan buku Paolo yang lebih terkenal Historia gentis Langobardorum meskipun hal ini tidak pasti.) Arechis mengatur untuk memindahkan relik orang-orang kudus ke gereja yang baru-ditugaskan Santa Sofia di Benevento. Benda ini masih ada, meskipun banyak yang dipulihkan. Benda itu dihiasi dengan lukisan dinding abad kedelapan yang langka. Ia juga menempatkan sumber daya ke dalam karya bangunan di Salerno, termasuk istana baru dan benteng. Salerno menjadi sebuah pelabuhan dan kota yang makin penting di masa pemerintahan Arechis. Biara-biara utama selatan Italia, seperti Montecassino dan San Vincenzo al Volturno, juga menerima sumbangan substansial darinya.

Arechi adalah Adipati ketika Charlemagne menaklukkan kerajaan Lombardia bagian utara pada tahun 774 dan membuat dirinya menjadi raja Lombardia. Meskipun Arechi menolak untuk tunduk kepada Charlemagne, Benevento yang tersisa sebagian besar tidak diganggu, mungkin karena terlalu jauh untuk dicapai dengan mudah dan Charlemagne memiliki panggilan lain pada waktunya. Pada tahun yang sama Arechis mengadopsi gelar "pangeran Benevento". Dia juga mengeluarkan beberapa undang-undang. Kedua tindakan ini mungkin dimaksudkan sebagai isyarat pembangkangan terhadap Charlemagne, karena sampai sekarang tidak ada adipati Benevento pernah melakukan hal tersebut - hanya raja Lombardia saja. Sejak Charlemagne sekarang menyebut dirinya raja Lombardia, Arechi secara efektif menolak hak Charlemagne atas gelar ini.

Pada 776, Arechi mungkin terlibat di dalam konspirasi Lombardia untuk membuang dominasi bangsa Franka. Charlemagne berhasil menghancurkan pemberontakan ini, yang sebagian besar dipusatkan di Friuli, di utara-timur Italia. Arechi tampaknya tidak memberikan banyak dukungan praktis pada pemberontakan dan Charlemagne terpaksa bergegas kembali ke utara pegunungan Alpen, daripada berurusan dengan Arechi. Sekali lagi, jarak geografis telah melindungi Arechi dari Franka.

Negara Benevento milik Arechi terus bertempur dan mencoba untuk merebut wilayah tetangga Bizantium dari Kadipaten Napoli. Bagaimanapun juga, pada beberapa titik, mungkin pada pertengahan tahun 780, Arechi mencapai kesepakatan dengan adipati dari Napoli yang ditetapkan di dalam dokumen yang disebut 'pactum'. Kesepakatan ini menetapkan ketentuan-ketentuan rinci yang berhubungan dengan pemilikan tanah dan penyelesaian sengketa. Hal itu mungkin dimaksudkan untuk membebaskan Benevento dalam menghadapi ancaman bangsa Franka yang menjulang.

Hal ini mengkristal pada tahun 787, ketika Charlemagne maju ke selatan Italia dan mengepung Capua, kota penting lainnya di dalam kerajaan Benevento. Arechi meninggalkan Benevento sendiri dan mundur ke pusat barunya, pelabuhan Salerno. Berada di bawah tekanan, Arechi tampaknya diserahkan kepada kekuasaan raja Franka.

Tremissis Arechi lainnya

Sekilas, Charlemagne sepertinya telah membebankan dirinya atas Benevento. Arechi telah membayar upeti dan salah seorang putranya disandera sebagai jaminan kesetiaan Benevento. Pengaruh bangsa Franka juga diberikan ekspresi formal. Secara tradisional Benevento memproduksi dan menggunakan koin emas dari tahun 787 Benevento mulai mengeluarkan uang logam perak juga yang mirip dengan apa yang dikeluarkan oleh kerajaan Franka Charlemagne. Baik perak baru dan koin emas tradisional, serta dokumen-dokumen sah Benevento, semuanya mulai memasukkan nama Charlemagne dan gelar yang sama dengan apa yang disandang oleh Arechi. Pemasukan gelar-gelar pada uang logam dan piagam dianggap sebagai penandaan penting dari otoritas politik.

Namun, Einhard melebih-lebihkan kesuksesan Charlemagne. Pengaruh bangsa Franka di Benevento terbukti sangat singkat. Ketika pada tahun 788, baik kakanda Grimoaldo, Romoaldo, dan Arechi sendiri meninggal, Grimoaldo, yang disandera oleh Charlemagne, menggantikannya sebagai pangeran Benevento. Dengan tidak bijaksana, Charlemagne membebaskan Grimoaldo dengan imbalan sumpah kesetiaan. Grimoaldo tidak menepati janji ini dan pada sekitar tahun 791, mengumumkan dirinya sendiri independen dan berhasil menahan bangsa Franka.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Einhard. The Life of Charlemagne. Translated by Samuel Epes Turner.
  • King, P. D. (1987). Charlemagne: Translated Sources. Lancaster. 
  • Noble, T. F. X. (1984). The Republic of St. Peter: the Birth of the Papal State, 680–825. Philadelphia. 
  • Oman, Charles (1914). The Dark Ages, 476–918. London. 
  • Wickham, C. (1981). Early Medieval Italy. London. 


Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Liutprando
Adipati Benevento
Sebagai Pangeran dari tahun 774

754–787
Diteruskan oleh:
Grimoaldo III dari Benevento