Gombloh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gombloh
LahirSoedjarwoto
(1948-07-12)12 Juli 1948
Jombang, Indonesia
Meninggal9 Januari 1988(1988-01-09) (umur 39)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Sebab meninggalSakit paru-paru
Nama lainGombloh
PekerjaanPenyanyi, penulis lagu]]
Orang tuaSlamet (ayah)
Patukha (ibu)
Karier musik
Tahun aktif1962–1988

Gombloh (12 Juli 1948 – 9 Januari 1988) adalah seorang penyanyi-penulis lagu asal Indonesia. Ia memiliki nama asli Soedjarwoto. Kedua orangtuanya meninggalkan rumahnya di daerah Genteng, Surabaya akibat Agresi Militer Belanda II dan kemudian menuju kota Jombang. Gombloh lahir dalam pengungsian mereka di daerah Tawangsari, Jombang. Di kemudian hari ia menambahkan sendiri nama 'Soemarsono' di belakang namanya. Jadilah ia bernama lengkap 'Soedjarwoto Soemarsono'. Semenjak kecil ia juga mendapat julukan 'Gombloh'. Julukan yang sebenarnya bermakna 'Nggomblohi' atau 'pura-pura bodoh', tetapi membawa hoki dalam karier bermusiknya.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Gombloh dilahirkan sebagai anak ke-4 dari enam bersaudara dalam keluarga Slamet dan Patukha. Slamet adalah seorang pedagang kecil yang hidup dari menjual ayam potong di pasar tradisional di kota mereka. Sebagai keluarga sederhana, Slamet sangat berharap agar anak-anaknya dapat bersekolah setinggi mungkin hingga memiliki kehidupan yang lebih baik.

Band pertama Gombloh dibentuk sebagai pemain gitar melodi ketika ia masih SMP. Pada tahun 1962, Gombloh berperan sebagai pemain gitar melodi bersama 4 orang temannya untuk mendirikan grup bernama 'The Dangerous' yang membawakan lagu-lagu The Beatles. Pada tahun 1966, Gombloh juga berperan sebagai pemetik bas untuk membentuk band 'The Sheeryl' setelah kepulangannya dari Bali. Kariernya terus meroket setelah ia sukses membentuk band 'Lemon Tree's anno '69'.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Gombloh menyelesaikan pendidikan sekolah di SMA Negeri 5 Surabaya pada tahun 1970 dan sempat berkuliah di Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember, (ITS) Surabaya, namun tidak diselesaikannya dan memilih menuruti nalurinya untuk bermusik. Gombloh pada kenyataannya tidak pernah berniat kuliah di ITS, ia melakukannya karena kasihan dengan orang tuanya. Ia sering membolos dari kampus teknik yang terkenal dengan disiplin terketat di Indonesia itu. Kelakuannya ini akhirnya diketahui ayahnya setelah Slamet mendapat surat dari ITS yang memberikan peringatan.

Gombloh bereaksi dengan menghilang ke Bali dan bertualang sebagai seniman. Jiwanya yang bebas tidak dapat dikekang oleh disiplin yang ketat dan kuliah yang teratur. Walau tidak memiliki gelar akademik dari ITS, Gombloh dipandang sebagai sosok yang memberi jiwa kemanusiaan, kebangsaan, dan kemanusiaan oleh para mahasiswa alumnus ITS Surabaya hingga kini.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Gombloh adalah pencipta lagu balada sejati. Ia bergabung dengan grup beraliran art rock/orchestral rock bernama Lemon Tree's Anno '69, yang musiknya mendapat pengaruh ELP dan Genesis. Leo Kristi dan Franky Sahilatua juga pernah menjadi anggota grup ini.

Kehidupan sehari-hari rakyat kecil banyak digambarkan dalam lagu-lagunya, seperti Doa Seorang Pelacur, Kilang-Kilang, Poligami Poligami, Nyanyi Anak Seorang Pencuri, Selamat Pagi Kotaku. Lirik-liriknya puitis dan misterius. Sebagaimana penyanyi balada semasanya, seperti Iwan Fals dan Ebiet G. Ade, Gombloh juga tergerak menulis lagu tentang (kerusakan) alam, salah satunya adalah Berita Cuaca (lebih populer dengan nama Lestari Alamku walaupun ini bukan judul yang sebenarnya). Lagu-lagu cintanya cenderung "nyeleneh", sama seperti karya Iwan Fals atau Doel Sumbang, misalnya Lepen ("sungai kecil" dalam bahasa Jawa, tetapi di sini adalah singkatan dari "lelucon pendek").

Namun, ia memiliki tema khas yaitu nasionalisme di dalam lagu-lagunya, seperti Dewa Ruci, Gugur Bunga, Gaung Mojokerto-Surabaya, Indonesia Kami, Indonesiaku, Indonesiamu, Pesan Buat Negeriku, dan BK, lagu yang bertutur tentang Bung Karno, sang proklamator. Lagunya Kebyar Kebyar banyak dinyanyikan pada masa perjuangan menuntut Reformasi.

Bersama Lemon Tree's ia pernah pula merilis album yang lagu-lagunya berbahasa Jawa dengan berjudul "Sekar Mayang". Hong Wilaheng, yang adalah versi reprise dari lagu Sekar Mayang dan masuk dalam album "Berita Cuaca", menggunakan lirik yang diambil dari Serat Wedhatama.

Gombloh juga menulis lagu untuk penyanyi lain. Ia menulis Tangis Kerinduan bagi Djatu Parmawati dirilis (1988), juga Merah Putih (1986) untuk dinyanyikan bersama-sama.

Semenjak album Gila, Gombloh dinilai para kritisi mengendurkan idealismenya, dengan lebih mengedepankan album bergaya pop ringan dan dengan lirik-lirik sederhana dan jenaka. Namun dengan demikian ia menjadi lebih populer dan mendapat penghasilan yang besar. Ia tidak menjadi kaya dengan itu, karena lebih suka menghabiskan pendapatannya dengan makan-makan bersama kawan-kawannya.[1] Rasa kesetiakawanannya dan jiwa merdeka inilah yang secara tidak langsung membawanya pada penyakit yang kelak merenggut nyawanya.

Kematian dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Gombloh meninggal dunia di Surabaya pada 9 Januari 1988 setelah lama menderita penyakit pada paru-parunya. Kebiasaan merokoknya sulit dihilangkan dan ia dikabarkan sering begadang. Menurut salah seorang temannya, beberapa waktu sebelum meninggal, sering kali Gombloh mengeluarkan darah bila sedang bicara atau bersin.

Pada tahun 1996, Sejumlah seniman Surabaya membentuk Solidaritas Seniman Surabaya dengan tujuan menciptakan suatu kenangan untuk Gombloh yang dianggap sebagai pahlawan seniman kota itu. Mereka sepakat membuat patung Gombloh seberat 200 kg dari perunggu. Patung ini ditempatkan di halaman Taman Hiburan Rakyat Surabaya, salah satu pusat kesenian di kota itu. Pada tanggal 30 Maret 2005 dalam acara puncak Hari Musik Indonesia III di Jakarta, Gombloh mendapat penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia secara anumerta dari PAPPRI, bersama sembilan tokoh musik lainnya, yaitu:

  1. Nike Ardilla
  2. Titiek Puspa
  3. Anggun
  4. Iwan Fals
  5. Ebiet G Ade
  6. Titiek Sandhora
  7. Deddy Dores
  8. Broery Marantika

Lagu-lagu karya Gombloh sempat diangkat dalam penelitian Martin Hatch, seorang peneliti dari Universitas Cornell dan ditulis sebagai karya ilmiah yang berjudul "Social Criticsm in the Songs of 1980’s Indonesian Pop Country Singers", yang dibawakan dalam seminar musik The Society of Ethnomusicology di Toronto, Kanada pada tahun 2000.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Lemon Tree's Anno '69[sunting | sunting sumber]

  1. Nadia & Atmospheer (1978)
  2. Mawar Desa (1978)
  3. Kadar Bangsaku (1979)
  4. Kebyar Kebyar (1979)
  5. Pesan Buat Negriku (1980)
  6. Sekar Mayang (1981, berbahasa Jawa)
  7. Terima Kasih Indonesia (1981)
  8. Pesan Buat Kaum Belia (1982)
  9. Berita Cuaca (1982)
  10. Kami Anak Negeri Ini (1983)

Solo karier[sunting | sunting sumber]

  1. Gila (album konser live, 1984)
  2. 1/2 Gila (1985)
  3. Semakin Gila (1986)
  4. Apel (1987)
  5. Apa Itu Tidak Edan (1988)

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  • "Kalau cinta sudah melekat, tahi kucing rasa coklat" (dari lirik lagu Lepen).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hurek L.L. Gombloh Kebyar-Kebyar Diarsipkan 2010-11-18 di Wayback Machine.. Artikel pada Blog Orang Kampung, 22 April 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]