Gnuplot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gnuplot
3D rendering of an ellipsoid by gnuplot
Tipeaplikasi console, perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, perangkat lunak grafika dan plotting software (en)
Versi pertama1986
Versi stabil
6.0 (30 Desember 2023)
GenrePlotting
LisensiOpen source (own license)[1]
Bagian dariplotutils (en)
Karakteristik teknis
Sistem operasiLintas platform
Bahasa pemrogramanC
Format kode
Format berkas
Informasi pengembang
PengembangEthan A Merritt (en)
Informasi tambahan
Situs webwww.gnuplot.info
SourceForgegnuplot
Free Software DirectoryGnuplot
Panduan penggunaLaman panduan
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Gnuplot adalah suatu program dengan antarmuka teks yang fleksibel dan digunakan untuk menghasilkan grafik dua maupun tiga dimensi. Program ini umumnya dapat berjalan hampir di semua jenis sistem operasi, walaupun pada awalnya dikembangkan dari program yang berasal dari sistem operasi Unix. gnuplot dapat dikatakan memiliki sejarah panjang sejak tahun 1986.

gnuplot dapat menghasilkan output ke layar, dan juga berkas grafik dengan berbagai format. Diantaranya adalah PNG, EPS, SVG, JPEG, LaTeX, PostScript, PDF, GIF, CorelDraw dan banyak format lainnya.

Mode pemakaian[sunting | sunting sumber]

program ini dapat dijalankan dengan antarmuka interaktif ataupun antarmuka teks

dalam antarmuka teks pada terminal atau baris perintah cukup ketikkan perintah 'gnuplot' untuk menjalankannya.

> gnuplot

dan kemudian membuat suatu berkas format teks polos berisikan perintah-perintah yang ingin diketikkan secara langsung pada baris perintah.

> gnuplot skrip.txt

Dengan menggunakan cara yang kedua,pengguna tidak perlu lagi untuk menuliskan perintah-perintah yang sering digunakan. Perintah-perintah tersebut cukup dituliskan dan disimpan dalam berkas skrip dan dapat diajalankan sewaktu-waktu. Ini merupakan salah satu kelebihan dari gnuplot dibandingkan perangkat lunak pembuat grafik lain yang umumnya berbasis grafik. Karena kelebihannya ini, selain dapat menangani berkas data dalam ukuran yang besar, gnuplot banyak diminati dalam dunia sains. Sebagai contoh, misalnya ingin menggambarkan suatu grafik dalam gambar dengan format PNG berukuran 640 480 pixel kemudian disimpan dalam berkas 'grafik.png', cukup menuliskan perintah berikut ke dalam berkas 'skrip.txt'. Nama file perintah bisa bebas.

set terminal png picsize 640 480
set output "grafik.png"
plot x**2+2*x+3 with line title "y=x^2+2x+3"
'grafik.png' :

Bila skrip ini dijalankan lingkungan mode interaktif tidak akan dibuka, melainkan langsung menghasilkan berkas 'grafik.png' yang merupakan hasil skrip tersebut. Berkas skrip dapat juga dibuka dalam antarmuka grafik gnuplot, untuk itu dipergunakan perintah 'load'.

gnuplot> load "skrip.txt"

Cara ini dapat digolongkan campuran dari kedua mode.

Lisensi dan nama[sunting | sunting sumber]

Program gnuplot didistribusikan dalam suatu lisensi yang mengizinkan penyalinan dan juga modifikasi dari kode sumber. Walaupun demikian, versi modifikasi hanya boleh distribusi sebagai berkas patch. Dalam kasus ini gnuplot tidak kompatibel dengan GNU Public Lisence (GPL) dan bukan perangkat lunak bebas (menurut FSF atau DFSG) 1 Diarsipkan 2011-08-25 di Wayback Machine.

Nama gnuplot tidak berkaitan dengan proyek-GNU dan tidak menggunakan Lisensi Publik Umum GNU. Dulunya program ini beranama ‘Newplot‘. Akan tetapi karena nama tersebut telah digunakan oleh perangkat lunak lain lebih dulu, nama tersebut kemudian diganti menjadi gnuplot.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama lice
  2. ^ http://www.gnuplot.info/announce.4.6.0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]