Gnuplot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
gnuplot
Gnuplot ellipsoid.svg
3D rendering of an ellipsoid by gnuplot
Rilis perdana 1986
Rilis stabil 4.6.0[1] (8 Maret 2012; 2 tahun yang lalu (2012-03-08))
Rilis pratayang Through CVS
Status pengembangan Active
Bahasa pemograman C
Serambi Cross-platform
Jenis Plotting
Lisensi Open source (own license)[2]
Situs web resmi www.gnuplot.info

gnuplot adalah suatu program perintah-baris fleksibel yang dapat digunakan untuk menghasilkan baik grafik dua maupun tiga dimensi. Program ini umumnya dapat berjalan hampir pada semua jenis komputer dan sistem operasi, walaupun pada awalnya ia diturunkan dari program yang berasal dari sistem operasi Unix. gnuplot dapat dikatakan sebagai suatu program yang telah memiliki sejarah panjang, boleh dikatakan sejak tahun 1986.

gnuplot dapat menghasilkan keluaran langsung ke layar, sebagaimana pula ia dapat menghasilkan keluaran dalam bentuk berkas grafik dengan beragam format. Di antara format-format yang didukung adalah PNG, EPS, SVG, JPEG, LaTeX, PostScript, PDF, GIF, CorelDraw dan banyak format lainnya.

Mode pemakaian[sunting | sunting sumber]

Program ini dapat digunakan dalam mode interaktif yang melibatkan mouse ataupun dalam mode batch menggunakan skrip. Untuk cara yang pertama, pada terminal atau baris perintah cukup ketikkan perintah 'gnuplot' untuk menjalankannya.

> gnuplot

Sedangkan untuk yang kedua, perlu terlebih dahulu dibuat suatu berkas skrip dengan format teks polos berisikan perintah-perintah yang tadinya ingin diketikkan secara langsung pada baris perintah.

> gnuplot skrip.txt

Dengan menggunakan mode yang terakhir ini pemakai tidak lagi perlu untuk menuliskan perintah-perintah yang sering digunakan. Perintah-perintah tersebut cukup dituliskan dalam berkas skrip dan siap diajalankan berulang-ulang. Ini merupakan salah satu kelebihan dari gnuplot dibandingkan piranti lunak pembuat grafik lain yang umumnya berbasis grafik. Karena kelebihannya ini, selain pula dapat menangani berkas data dalam ukuran yang besar, gnuplot banyak diminati dalam dunia saintifik. Sebagai contoh, apabila misalnya ingin menggambarkan suatu grafik y = x^2 + 2x + 3 dalam berkas gambar dengan format PNG berukuran 640 480 dengan hasil keluaran disimpan dalam berkas 'grafik.png', cukup tuliskan perintah-perintah berikut dalam berkas 'skrip.txt'. Nama berkas bisa bebas.

set terminal png picsize 640 480
set output "grafik.png"
plot x**2+2*x+3 with line title "y=x^2+2x+3"
'grafik.png' : y = x^2 + 2x + 3

Apabila skrip ini dijalankan lingkungan mode interaktif tidak akan dibuka, melainkan langsung dihasilkan berkas 'grafik.png' yang merupakan hasil penggambaran. Berkas skrip dapat pula dipanggil dalam lingkungan interaktif gnuplot, untuk itu dipergunakan perintah 'load'.

gnuplot> load "skrip.txt"

Cara ini dapat digolongkan campuran dari kedua mode.

Lisensi dan nama[sunting | sunting sumber]

Program gnuplot didistribusikan dalam suatu lisensi yang memperbolehkan penyalinan dan juga modifikasi dari kode sumber. Walaupun demikian, versi termodifikasi hanya diperbolehkan didistribusiakn sebagai berkas patch. Dalam kasus seperti itu gnuplot tidak kompatibel dengan GPL dan bukan piranti lunak bebas (baik menurut FSF maupun DFSG) 1

Nama gnuplot tidak berkaitan dengan proyek-GNU dan tidak menggunakan Lisensi Publik Umum GNU. Dulunya program ini beranama ‘Newplot‘. Akan tetapi karena nama tersebut telah digunakan oleh piranti lunak lain yang telah ada lebih dulu, nama tersebut kemudian diganti menjadi gnuplot.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan