Gertrud dari Merania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gertrud von Andechs
Gertrud dan suaminya András
Gertrud dan suaminya András
Ratu Hongaria[1]
Memerintah sebagai pasangan 1203-1213
Pasangan András II dari Hongaria
Anak
Anna-Mariya, Ratu Bulgaria
Béla IV dari Hongaria
Erzsébet dari Hongaria
Kálmán dari Lodomeria
András II dari Halych
Nama lengkap
Gertrud von Andechs
Wangsa Dinasti Andechs
Dinasti Arpad
Ayah Berthold IV dari Merania
Ibu Agnes dari Rochlitz
Lahir skt. 1185
Meninggal 24 September 1213 (aged 27-28)

Gertrud von Andechs (1185 – 24 September 1213) adalah istri pertama dari András II, Raja Hongaria. Ia adalah putri dari Berthold IV, Adipati Merania dan istrinya Agnes dari Rochlitz. Melalui putranya Béla, Gertrude adalah nenek moyang Philippe dari Hainaut, Permaisuri Edward III dari Inggris.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Gertrude dan keluarga Meraniannya

Kakak perempuan Gertrud adalah Agnes von Andechs-Meranien, seorang wanita cantik yang terkenal, yang menikahi Raja Philippe Auguste dari Perancis. Kakak perempuannya yang lain adalah Santa Hedwig von Andechs, istri dari Henryk I dari Polandia. Kakak lelaki mereka adalah Otto I dari Merania. Ibu Gertrud, Agnes adalah buyut dari Friedrich I dari Swabia dan istrinya Agnes von Waiblingen.[2] Agnes von Waiblingen adalah putri dari Heinrich IV, Kaisar Romawi Suci dan istri pertamanya, Bertha dari Savoia. Eyang paternal Gertud adalah Berthold V dari Andechs dan istrinya, Hedwig dari Wittelsbach, keturunan dari Béla I dari Hongaria, lewat putrinya, Sophie.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Orangtuanya menginginkan putri-putri mereka menikah dengan orang politik penting yang akan memperkuat kerjasama dengan Berthold IV. Gertrud menikah dengan András II sebelum tahun 1203. Pasangan tersebut memiliki lima anak:

Gertrud memiliki banyak pengaruh politik atas suaminya. Kemungkinan Gertrudlah yang telah membujuk suaminya untuk berkonspirasi melawan kakaknya kembali, tetapi ketika Raja Imre dari Hongaria, yang menyadari bahwa pasukan András lebih banyak dari daripada pasukannya, pergi tanpa dipersenjatai, hanya mengenakan mahkota dan tongkat kerajaan, ke perkemahan András dekat Varasd, András menyerah secara sukarela di dalam keadaan tersebut. Raja menawan kakaknya, tetapi András dapat dengan cepat melarikan diri setelah itu. Pada saat ini, Gertrud melarikan diri kembali ke ayahnya.

Pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Gertrud dibunuh pada tahun 1213, oleh seorang bangsawan Hongaria, yang cemburu atas kemajuan kerabatnya di istana. Ketika raja sedang berada di medan perang, Gertrud memberikan tanah Hongaria sebagai "hadiah" untuk kerabatnya di Jerman. (Sepertiga dari negara diberikan tetapi rakyat Hongaria mendapatkannya kembali setelah kematian Ratu). Oleh karena, Hongaria tidak makmur dan Ratu bertindak sebagai seorang diktator.

Bangsawan Hongaria sudah muak kepadanya dan pada tahun 1213 ketika berburu, ia dibunuh. Dikarenakan situasi politik yang terjadi pada saat itu para pembunuhnya terlepas dari hukuman pada masa pemerintahan András II. Hanya putranya Béla IV yang membalaskan dendamnya setelah ia naik tahta. Makam Gertrud dibangun dengan seni Gothik. Makamnya digali antara tahun 1967 dan 1980.[4] Lewat putranya Béla, Gertrud adalah moyang Philippe dari Hainaut, Ratu dari Edward III dari Inggris. Suami Gertrud kemudian menikah dua kali lagi. Istri keduanya adalah Yolande de Courtenay, yang memberinya satu putri, Jolán, yang menikah dengan Chaime I dari Aragon. Ketika Yolande wafat, András menikahi Beatrice d'Este, mereka memiliki seorang putra yang bernama István.

Di Media[sunting | sunting sumber]

Ia adalah tokoh utama di dalam opera Ferenc Erkel, Bánk bán. Dinagkat dari kisah nyata: Bangsawan Bánk, seorang nobel yang pergi bertempur dengan raja. Istrinya yang masih muda tinggal di rumah. Kakak Gertrud jatuh cinta dengan seorang wanita muda yang ketakutan dengannya. Gertud menyemangati kakaknya. Kemudain Graf Bánk mendengar ini, ia sangat marah dan memimpin orang-orang yang membunuh ratu. Kakaknya menjadi seorang buronan sepanjang hidupnya.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

Gertrud dari Merania
Lahir: 1185 Wafat: 1213
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Constanza dari Aragon
Ratu Hongaria
c. 1203-1213
Diteruskan oleh:
Yolande