Ludwig IV dari Thüringen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ludwig IV (lahir di Creuzburg, Kekaisaran Romawi Suci, 28 Oktober 1200 – meninggal di Otranto, Kerajaan Sisilia, 11 November 1227 pada umur 27 tahun) adalah seorang landgraf Thüringen dari tahun 1217 sampai tahun 1227.

Ludwig IV adalah putra Hermann I, dan Sophia, putri Otto I dari Bayern. Sewaktu ayahnya mangkat pada tahun 1216, Ludwig mewarisi tahta Thüringen pada saat berusia enam belas tahun. Pada pesta St. Kilian pada tahun 1218 di usianya yang kedelapan belas, ia diberikan gelar ksatria di Gereja St. George, Eisenach.

Di Kastil Wartburg pada tahun 1220 di usianya yang kedua puluh, Ludwig menikahi Erzsébet dari Hongaria yang berusia empat belas tahun, dan ia memiliki tiga anak: Hermann II, Sophie dari Thüringen, dan Gertrud, kemudian kepala biara di Altenberg. Ia membuat sebuah pengadilan di Eisenach.

Pada tahun 1226, Ludwig dipanggil ke Diet di Cremona, di mana ia berjanji pada Friedrich II, Kaisar Romawi Suci, untuk mengambil salib dan menemaninya ke Tanah Suci. Ia berangkat untuk Perang Salib pada tahun 1227, sebagian juga di inspirasikan oleh dongeng dari pamannya, yang sudah ke Syam dengan Kaisar Romawi Suci. Rekan seperjalanannya termasuk lima orang, Ludwig von Wartburg, Günther von Kefernberg, Meinrad von Mühlberg, Heinrich von Stolberg, dan Burkhard von Brandenberg; Ludwig meninggalkan istrinya yang sedang hamil, yang diramalkan bahwa mereka tidak akan bertemu lagi.

Pada Agustus 1227 Ludwig menjelajahi gunung antara Thüringen dan Oberfranken, lewat Swabia dan Bayern, menyeberangi Tirol, Alpen. Ia sakit demam setelah mencapai Brindisi dan Otranto. Ia menerima Pengurapan Orang Sakit dari Patriark Latin Yerusalem dan Uskup di Santa Croce, namun mangkat. Beberapa hari setelah kematiannya, putrinya Gertrud lahir. Jasad Ludwig dimakamkan di Reihardsbrunn pada tahun 1228.

Istri Ludwig, Erzsébet mati muda hanya beberapa tahun kemudian, pada usia 24 setelah menghabiskan sisa hidupnya dengan menebus dosa dan melayani orang miskin. Ia diresmikan menjadi santa hanya empat tahun kemudian setelah kematiannya. Ketika Ludwig tidak pernah secara resmi dikanonisasi, ia dikenal sebagai Santa Ludwig di antara orang-orang Jerman (bahasa Jerman: Ludwig der Heilige). Ia dikenal di tempat lain dengan nama Yang Diberkati Ludwig dari Thüringen.

Keluarga & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia dan Erzsébet memiliki keturunan sebagai berikut:

  1. Hermann II (1222–1241/42).
  2. Sophie (20 Maret 1224 – 29 Mei 1275).
  3. Gertrud (1227–1297), Kepala Biara Altenberg dekat Wetzlar.
Didahului oleh:
Hermann I
Landgraf Thüringen
1217–1227
Diteruskan oleh:
Hermann II