Gereja Yesuit, Mannheim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Yesuit
Gereja Paroki Santo Igantius dari Loyola dan Santo Fransiskus Xaverius
Jerman: Jesuitenkirche
Gereja Yesuit, Mannheim
LokasiMannheim
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiYesuit
Arsitektur
Statusgereja paroki
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja

Gereja Yesuit (Jerman: Jesuitenkirche) yang bernama resmi Gereja Santo Igantius dari Loyola dan Santo Fransiskus Xaverius adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Mannheim, Jerman. Konstruksi Gereja dimulai pada 1733 dan selesai pada 1760. Gereja ini didedikasikan kepada Santo Ignatius dari Loyola dan Santo Fransiskus Xaverius. Selama Perang Dunia Kedua, gereja mengalami kerusakan parah akibat serangan udara; Setelah perang itu dibangun kembali dalam gaya historisnya menggunakan bagian asli.

Gereja menampilkan banyak fitur barok di eksterior dan interiornya. Eksteriornya mencakup fasad menjulang kembar, patung empat kebajikan Kardinal, dan kubah setinggi 75 m. Interiornya termasuk pilaster marmer, kubah yang dihiasi dengan adegan dari kehidupan pendiri Ordo, dan beberapa organ. Patung terpenting adalah 1747 "Madonna Perak Bermahkota". Lonceng Mannheim Baroque dipasang pada 1754, dan menyusun kembali pada tahun 1956 menjadi lima lonceng. Pada tahun 1975 dua lonceng lainnya dilemparkan. Lonceng sekarang didistribusikan di antara eksterior dua menara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Yesuit dan Sekolah Tinggi 1753

Gereja ini dibangun antara tahun 1733 pada tahun 1756 sebagai Gereja Pengadilan Pemilih Mannheim Charles Philip III dan Charles Theodore oleh desain arsitek Itala, Alessandro Galli da Bibiena. Gereja ini selesai pada 1760 dan ditahbiskan ke Santo Ignatius dari Loyola dan Santo Fransiskus Xaverius oleh Uskup-pangeran dari Augsburg, Yang Mulia Mgr. Joseph dari Hesse-Darmstadt.

Fitur eksterior adalah fasad kembar dari batu pasir merah, patung-patung dari empat kebajikan utama, Pheme, oleh pematung barok Paul Egell, yang menghiasi kubah setinggi 75 & nbsp.

Marmer Pilaster interior Ed berada dalam gaya klasik yang terlambat. Egid Quirin Asam dari Munich diperintahkan untuk menghiasi gereja. Dia menghiasi kubah dengan adegan -adegan dari kehidupan pendiri Ordo, St. Ignatius dari Loyola, sementara nave memiliki lebih dari 400 meter persegi fresco yang isinya merujuk pada subjek altar tinggi, yaitu misi St. Francis Xavier ke India.

Pada kesempatan ulang tahun ke-300 kota pada tahun 1906, gereja itu direnovasi secara luas. Dua patung pendiri Ordo Yesuit di lobi adalah oleh pematung Thomas Buscher. Selama Perang Dunia Kedua, gereja mengalami kerusakan parah akibat serangan udara Inggris dan Amerika, terutama paduan suara dan kubah. Setelah perang diputuskan untuk membangun kembali gereja dengan gaya historisnya dengan penggunaan bagian-bagian asli dalam rekonstruksi altar marmer setinggi sekitar 20 meter Peter Anton von Verschaffelt, dan bangku pemilihan.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]