Gereja Katolik Yunani Slowakia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Katolik Yunani Slowakia
PenggolonganKatolik Timur
OrientasiKekristenan awal
TeologiTeologi Katolik
Bentuk
pemerintahan
Kebijakan episkopal
Badan
pemerintahan
Metropolitaniat
PausPaus Fransiskus
Primatsede vacante
PerhimpunanDikasteri untuk Gereja-gereja Timur
Wilayah Slovakia
LiturgiRitus Bizantium
Kantor pusatPrešov, Slovakia
Umat207.320 umat[1]
Nama lainGereja Katolik Bizantium Slovakia

Gereja Katolik Yunani Slowakia[a] atau Gereja Katolik Bizantium di Slovakia, adalah sebuah sui iuris (otonom) Katolik Timur gereja yang berbasis di Slovakia. Sebagai gereja partikular dari Gereja Katolik, komuni penuh dengan Takhta Suci dan Paus di Roma. Gereja diatur sebagai satu provinsi gerejawi dengan satu takhta metropolitan.[2] ritus liturgi-nya adalah Ritus Bizantium. Pada tahun 2008 di Slovakia saja, Gereja Katolik Yunani di Slovakia memiliki sekitar 350.000 umat, 374 imam dan 254 paroki. Pada tahun 2017, Gereja Katolik menghitung 207.320 umat Katolik Yunani di Slovakia di seluruh dunia, mewakili sekitar satu persen dari seluruh umat Katolik Timur.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak penerimaan bulat atas Persatuan Uzhhorod di wilayah yang mencakup Slowakia bagian timur pada tahun 1646, sejarah Gereja Katolik Yunani Slovakia terkait dengan sejarah Gereja Katolik Bizantin Rutenia selama beberapa abad. Pada akhir Perang Dunia I, sebagian besar orang Ruthena dan Slovakia Katolik Yunani termasuk dalam wilayah Cekoslowakia, termasuk dua eparki, Prešov dan Mukačevo. Eparki Prešov, yang dibentuk pada tanggal 22 September 1818, dicabut pada tahun 1937 dari yurisdiksi primata Hongaria dan tunduk langsung kepada Tahta Suci, sementara 21 paroki di eparki Prešov yang berada di Hongaria dibentuk menjadi eksarkat baru Miskolc.

Setelah Perang Dunia II, eparki Mukačevo di Transcarpathia dianeksasi oleh Uni Soviet, sehingga eparki Prešov mencakup semua umat Katolik Yunani yang tetap tinggal di Cekoslowakia. Setelah komunis merebut negara itu pada bulan April 1950, sebuah "sinode" diadakan di Prešov, di mana lima pendeta dan sejumlah orang awam menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa persatuan dengan Roma dibubarkan dan meminta untuk diterima ke dalam yurisdiksi. dari Patriarkat Moskow, kemudian menjadi Gereja Ortodoks Cekoslowakia. Uskup Katolik Yunani Beato Pavel Petro Gojdič dari Prešov bersama pembantunya, Beato Basil Hopko, dipenjarakan dan uskup Gojdič meninggal di penjara pada tahun 1960.

Selama Musim Semi Praha tahun 1968, bekas paroki Katolik Yunani diizinkan untuk memulihkan persekutuan dengan Roma.[4] Dari 292 paroki yang terlibat, 205 memberikan suara setuju. Ini adalah salah satu dari sedikit reformasi Dubček yang selamat dari invasi Soviet pada tahun yang sama. Namun, sebagian besar bangunan gereja mereka tetap berada di tangan Gereja Ortodoks.

Setelah komunisme digulingkan pada tahun 1989 Revolusi Beludru, properti Gereja secara bertahap dikembalikan ke Gereja Katolik Yunani Slovakia. Proses ini hampir selesai pada tahun 1993, tahun setelah pembubaran Cekoslowakia menjadi Republik Ceko dan Slovakia. Untuk umat Katolik Yunani di Republik Ceko, sebuah Vikariat Apostolik terpisah dibentuk, yang diangkat pada tahun 1996 menjadi eksarkat sehingga membentuk Eksarkat Apostolik di Republik Ceko (sekarang dianggap sebagai bagian dari Gereja Katolik Ruthenia); tahun 2007 "Annuario Pontificio" menunjukkan bahwa pada saat itu telah berkembang menjadi 177.704 umat, 37 imam dan 25 paroki.

Di Slovakia sendiri, Paus Yohanes Paulus II mendirikan sebuah Eksarkat Apostolik dari Košice pada tahun 1997. Paus Benediktus XVI menaikkan ini ke tingkat Eparki pada tanggal 30 Januari 2008 dan pada saat yang sama mendirikan ritus Bizantium baru Eparki Bratislava. Dia juga mengangkat Prešov ke tingkat tahta metropolitan, yang membentuk Gereja Katolik Yunani Slovakia sebagai Gereja metropolitan "sui iuris".

Struktur[sunting | sunting sumber]

Eparki di Slovakia

Slovakia:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archived copy" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-10-20. Diakses tanggal 2017-03-24. 
  2. ^ "Metropolitan Archeparchy of Prešov". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-18. Diakses tanggal 2023-06-24. 
  3. ^ /2017-Statistics-Worldwide-pie-chart.pdf "Gereja-Gereja Katolik Timur di Seluruh Dunia 2017" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF). Annuario Pontificio. 2017. Diakses tanggal 26 Oktober 2021 – via Kesejahteraan Timur Dekat Katolik Asosiasi. 
  4. ^ "Gereja Ortodoks Cekoslowakia" (dalam bahasa Indonesia). `Encyclopedia Britannica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-31. Diakses tanggal 25 September 2022. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan