Annuario Pontificio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Annuario Pontificio (Bahasa Italia untuk Buku Tahunan Kepausan) adalah direktori tahunan yang diterbitkan oleh Tahta Suci. Isinya adalah daftar semua paus yang pernah memerintah sampai tanggal penerbitan, dan semua pejabat departemen-departemen Tahta Suci. Di dalamnya juga tercantum daftar lengkap, beserta informasi mengenai cara menghubungi, para kardinal dan para uskup Katolik di seluruh dunia, keuskupan-keuskupan (beserta data statistiknya masing-masing), departemen-departemen Curia Romana, misi-misi diplomatik Tahta Suci di luar negeri, kedutaan-kedutaan besar Tahta Suci, kantor-kantor pusat dari institusi-institusi religius (juga beserta data statistiknya masing-masing), institusi-institusi akademik tertentu, dan informasi-informasi serupa lainnya. Dalam indeksnya, selain semua nama yang ada dalam buku tersebut, tercantum pula nama semua imam yang telah dianugerahi gelar "Monsignor".

Sebagaimana diindikasikan oleh judulnya, buku tahunan bersampul merah yang disusun Biro Pusat Statistik Gereja Katolik dan diterbitkan oleh Libreria Editrice Vaticana ini, sebagian besar menggunakan Bahasa Italia. Edisi tahun 2006 (ISBN 88-209-7806-7) terdiri atas 2.480 halaman, dengan harga 60 euro.

Buku tahunan Gereja Katolik Roma diterbitkan, dengan beberapa kali pengecualian, sejak 1716 sampai 1859 oleh usaha percetakan Cracas di Roma, dengan judul (dalam Bahasa Italia) Informasi Tahun ... Sejak 1851, salah satu departemen Tahta Suci mengeluarkan sebuah terbitan lain yang disebut (dalam Bahasa Italia) Hirarki Gereja Apostolik Katolik Romawi Suci Sedunia dan dalam Semua Ritus, beserta catatan historis, yang diberi judul Annuario Pontificio pada 1860, namun berhenti terbit pada 1870. Inilah buku tahunan pertama yang diterbitkan oleh Tahta Suci sendiri, namun penyusunannya dipercayakan kepada surat khabar Giornale di Roma. Penerbit "Fratelli Monaldi" (Monaldi Bersaudara) sejak 1872 mulai menerbitkan buku tahunan sendiri dengan judul (dalam Bahasa Italia) Hirarki Katolik dan Rumah Tangga Kepausan untuk Tahun ... beserta sebuah appendiks berisi informasi lain mengenai Tahta Suci.

Menurut Buku Tahunan Kepausan tahun 2008, jumlah umat Katolik di dunia meningkat dari 1,115 juta menjadi 1,131 juta antara 2005 dan 2006, atau sekitar 1,4 persen.