Gereja Gesu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Church of the Gesù
Chiesa del Santissimo Nome di Gesù all'Argentina
Chiesa gesu facade.jpg

fasad karya Giacomo della Porta untuk Gereja Gesù, suatu awal dari gaya Barok

Letak Bendera Italia Rome, Italy
Koordinat geografi 41°53′45″LU 12°28′47″BT / 41,89583°LU 12,47972°BT / 41.89583; 12.47972Koordinat: 41°53′45″LU 12°28′47″BT / 41,89583°LU 12,47972°BT / 41.89583; 12.47972
Afiliasi agama Katolik Roma
Tahun diresmikan 1584
Status keagamaan Gereja
Kepemimpinan Daniele Libanori, S.J.
Situs web Situs Resmi
Deskripsi arsitektur
Arsitek Giacomo Barozzi da Vignola
Giacomo della Porta
Gaya arsitektur Baroque
Arah fasad Barat
Pembukaan tanah 1568
Tahun selesai 1580
Spesifikasi
Panjang 75 m (250 kaki)
Lebar 35 m (110 kaki)
Lebar (pusat) 25 m (82 kaki)

Gereja Gesù (Bahasa Italia: Chiesa del Gesù) adalah Gereja Induk Serikat Yesus, sebuah ordo/tarekat Gereja Katolik Roma yang dikenal dengan sebutan kaum Yesuit. Resminya bernama Chiesa del Santissimo Nome di Gesù all'Argentina[1][2] (Gereja Nama Yesus Yang Paling Suci), fasad-nya adalah "fasad bergaya Barok murni pertama", memperkenalkan gaya Barok ke dalam dunia arsitektur. Gereja ini menjadi model bagi bangunan-bangunan gereja Yesuit yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia, terutama di Benua Amerika. Gereja Gesù terletak di Piazza del Gesù di kota Roma.

Ide bangunan gereja ini lahir pada tahun 1551 dari Santo Ignatius Loyola, pendiri Serikat Yesus, dan aktif selama masa Reformasi Protestan dan Reformasi Katolik selanjutnya, Gereja Gesù juga menjadi rumah dinas bagi Superior Jendral Serikat Yesus hingga masa penindasan terhadap Yesuit pada tahun 1773.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kemenangan dalam Nama Yesus, karya Giovanni Battista Gaulli, di langit-langit gereja.

Walaupun Michelangelo, atas dasar permintaan seorang Kardinal Spanyol Bartolomeo de la Cueva, menawarkan diri untuk merancang bangunan gereja ini secara cuma-cuma sebagai devosinya, pekerjaan pembangunan gereja ini didanai oleh Kardinal Alessandro Farnese, cucu dari Paus Paulus III, Sri Paus yang merestui pendirian Serikat Yesus. Akhirnya, para arsitek utama yang terlibat di dalam pembangunannya adalah Giacomo Barozzi da Vignola, seorang arsitek bagi keluarga Farnese, dan Giacomo della Porta. Gereja ini dibangun di tempat yang sama dengan gereja sebelumnya Santa Maria della Strada, dimana Santo Ignatius Loyola pernah berdoa di depan lukisan Sang Perawan Suci. Lukisan ini, yang saat ini telah dihiasi dengan berbagai batu mulia, bisa dilihat di dalam gereja dalam Kapel Ignatius yang berada di sebelah kanan altar.

Pembangunan gereja ini dimulai pada tanggal 26 Juni 1568 berdasarkan rancangan Vignola. Vignola dibantu oleh seorang imam Yesuit, Romo Giovanni Tristano, yang nantinya mengambil alih pekerjaan ini dari Vignola pada tahun 1571. Ketika ia meninggal dunia pada tahun 1575 pekerjaannya dilanjutkan oleh seorang arsitek Yesuit, Giovanni de Rosis. Giacomo della Porta terlibat dalam pembangunan struktur langit-langit (cross-vault), kubah dan langit-langit kubah (apse).

Rancangan gereja ini menjadi bentuk contoh bagi gereja-gereja Yesuit yang berlangsung hingga abad ke-20, sementara inovasi-inovasinya masih dipakai hingga hari ini. Gereja Induk Yesuit ini dibangun menurut syarat-syarat baru yang dikembangkan selama Konsili Trento. Tidak terdapat narthex atau lobby bangunan gereja lagi: para pengunjung gereja diarahkan untuk langsung masuk ke dalam ruangan inti gereja, sebuah ruangan tanpa lorong, sehingga para umat dapat semuanya terkumpul dan perhatian mereka terfokus pada altar. Sebagai ganti lorong, dibangunlah beberapa kapel yang serupa yang saling berhubungan,[4] dimana jalan masuknya dikontrol oleh balustrade dekoratif dengan pagar.

Rancangan bangunan gereja ini menggabungkan rancangan inti dari gaya Renaissance Tinggi,[5] yang diekspresikan melalui ukuran kubah yang besar dan gaya bangunan gereja Fransiskan dan Dominikan semenjak abad ke-13.

Gereja Gesù adalah rumah bagi lukisan abad ke-15 Madonna Della Strada yang sangat dihormati, tampak disini setelah proses restorasinya pada tahun 2006.

Gereja Gesù ditahbiskan oleh Kardinal Giulio Antonio Santori, wakil dari Paus Gregorius XIII pada tanggal 25 November 1584.


Warisan[sunting | sunting sumber]

Gereja Gesù menjadi model bagi banyak gereja milik Serikat Yesus di seluruh dunia, mulai dari Gereja Santo Mikael di Munich (1583-1597) dan Gereja Corpus Christi di Niasviž (1587–1593). Berbagai paroki juga memakai nama Gereja Gesù di Roma.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Society of Jesus. "Official Website". Diakses 2009-01-23. 
  2. ^ The name of Chiesa del Sacro Nome di Gesù is also used.
  3. ^ The church having been subsequently regained by the Jesuits, the adjacent palazzo is now a residence for Jesuit scholars from around the world studying at the Gregorian University in preparation for ordination to the priesthood.
  4. ^ The Gesù's scheme of wide arched bays defined by paired pilasters has its origin in Alberti's Sant'Andrea, Milan, begun in 1470.
  5. ^ The exemplar is Bramante's original plan for St. Peter's Basilica.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Whitman, Nathan T. (1970), "Roman Tradition and the Aedicular Façade", The Journal of the Society of Architectural Historians 29 (2): 108–123 
  • Pecchiai, Pio (1952). Il Gesù di Roma (dalam bahasa Italian). Rome: Società Grafica Romana. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]