Garis waktu perkembangan peradaban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini adalah Garis waktu perkembanga peradaban. Skalanya diukur memakai skala Kardashev.[1] Untuk peristiwa pada peradaban tipe I dan seterusnya, hanyalah teori.

Garis waktu[sunting | sunting sumber]

Tipe 0[sunting | sunting sumber]

Nama Lain: Peradaban Minimum Mulai: Saat hominid muncul Sumber tenaga umum: Dari kekuatan otot hingga fusi nuklir Populasi: Hingga 10 miliar jiwa Terobosan Industri: Agrikultur, Industri
Tipe Energi yang dikuasai Peristiwa
0.1 10 Juta watt Hominid mucul di Afrika, lalu berevolusi menjadi manusia, yang kala itu hidup nomaden.
0.2 100 Juta watt Suku pemburu-pengumpul mulai menjelajahi area-area baru yang luas. Mereka mulai membuat kapak, serta manusia telah menemukan api dan roda. Ekonomi egalitarian dan sistem barter muncul seiring suku-suku bertemu.
0.3 1 Miliar watt Hirarki politik berkembang bersama dengan ekonomi dan pembagian tugas. Kita mulai membuat struktur-struktur pertama, tetapi kita masih berpikir bahwa matahari mengelilingi bumi.
0.4 10 Miliar watt Area lautan dijelajahi via kapal kayu. Sains petama juga muncul. Teleskop pertama, pemahaman kita terhadap Magnetisme, percetakan, dan lain sebagainya. Kerajaan-kerajaan mulai meluaskan area kekuasaannya, meluaskan area kontrolnya. Baik orang pribumi maupun non-pribumi. Juga mulai memikirkan kemajuan ekonomi. Di skala ini, Revolusi Industri dimulai, ditandai dengan penemuan mesin uap.
0.5 100 Miliar watt Demokrasi Liberal pertama muncul. Memperkenalkan metode voting untuk memilih pemimpin mereka. "Ledakan" sains berujung ke penemuan Mesin Kombustor, penerbangan dan produksi massal kendaraan darat. Revolusi komputer terjadi pada tipe ini, serta kapitalisme berkembang.
0.6 1012 watt Orang pertama pergi kebulan, internet pertamakali digunakan. Komputer diproduksi massal karena pengecilan transistor. Sementara itu Tenaga Nuklir sedang dipertimbangkan untun-ruginya.
0.7 1013 watt Peradaban kita saat ini. Internet global, akselerator partikel pertama, nanoteknologi, revolusi digital, usaha pertama untuk pergi ke planet lain, serta sumber energi terbarukan yang terhubung secara global untuk menggantikan sumber energi yang tak terbarukan (Minyak bumi, Batubara, Gas alam).
0.8 1014 watt Sekarang, manusia dapat memilih bagaimana anak mereka akan seperti apa saat lahir, karena perkembangan rekayasa genetika. Kita sudah mulai membuat markas bulan dan markas mars pertamanya. Dilanjut dengan Komputer Kuantum, pemanfaatan materi gelap dan energi gelap, dan pengiriman objek miniatur pertama ke bintang terdekat. Di skala ini, diperkirakan fusi menjadi sumber energi utama.
0.9 1015 watt Sekarang, manusia telah memiliki kemampuan untuk mengantrol sistem energi dan cuaca di seluruh bumi. Markas sudah ada diseluruh tata surya, dan kemampuan untuk mengambil sumberdaya dari Asteroid. Setelah mengirimkan objek miniatur ke bintang terdekat, kita mulai mengirimkan pesawat luar angkasa pertama ke bintang terdekat.

Tipe I[sunting | sunting sumber]

Nama Lain: Peradaban Planetari Mulai: Diperkirakan pada 2250 Sumber tenaga umum: Fusi dan Antimateri Populasi: 10 Miliar jiwa Terobosan Industri: Pertambangan inti dalam
Tipe Energi

yang dikuasai

Peristiwa
1.0 1016 watt Akhirnya, manusia dapat mengontrol penuh Bumi dan Bulan. Kemungkinan kita juga sudah bisa mengatasi penuaan.
1.1 1017 watt Perjalanan antariksa sudah mungkin bagi setiap orang, semua spesies diperkirakan telah ditemukan, kita juga bisa menambang asteroid atau bahkan menjauhkan suatu asteroid dari bumi. Kabar buruknya, Perang angkasa seperti di film fiksi ilmiah untuk pertamakalinya terjadi.
1.2 1018 watt Kolonisasi bulan terjadi. Selain itu, manusia telah memiliki kemampuan memanipulasi gen, sehingga, hampir segala penyakit tak menjadi masalah besar lagi.
1.3 1019 watt Lift antariksa pertama dibuat, dan proses kolonisasi planet lain dimulai. Kemampuan lainnya adalah mampu meng-upload ingatan di otak ke komputer.
1.4 1020 watt Penerbangan interplanet pertama, serta langkah-langkah awal terraformasi planet dimulai.
1.5 1021 watt Di skala ini. Umat manusia memiliki kemungkinan untuk menemukan kehidupan luar bumi atau alien (kemungkinan pada tahun 2800), menemukan apa sebenarnya kesadaran dan apa sebenarnya energi gelap.
1.6 1022 watt Orang pertama dikirim ke tata surya lain. Kita mulai menambang di banyak sekali asteroid.
1.7 1023 watt Umat manusia memulai pembangunan Bola Dyson. Manusia juga sudah membuat warp drive pertamanya. yang akhirnya membuka jalan untuk perjalanan interstelar (Pesawat warp drive memiliki kecepatan memebihi kecepatan cahaya).
1.8 1024 watt Pembuatan Kecerdasan buatan pertama yang bentuknya hampir tak mungkin dibedakan dengan manusia asli.
1.9 1025 watt Koloni pertama di tata surya lain. Sementara itu, bola dyson sudah hampir selesai pembangunannya. Manusia juga sudah mampu membuat spesies sendiri

Tipe II[sunting | sunting sumber]

Nama Lain: Peradaban Stellar Mulai: Diperkirakan pada millenium ke-4 Sumber energi umum: Bola Dyson Populasi: 100 Kuadriliun jiwa Terobosan Industri: Bola Dyson, Portal dimensi
Tipe Energi

yang dikuasai

Peristiwa
2.0 1026 watt Pembangunan Bola Dyson selesai, bersamaan dengan selesainya kolonisasi tata surya kita.
2.1 1027 watt Kolonisasi berbagai tata surya lain.
2.2 1028 watt Teknologi Realitas Maya terus berkembang. Di tipe ini, teknologi realitas maya sudah bisa memunculkan gambar yang sangat nyata. Saat ini sudah ada 100 tata surya yang dikolonisasi.
2.3 1029 watt Hologram menjadi sangat, sangat, sangat nyata.
2.4 1030 watt Objek pertama dikirim ke Ruang antargalaktik (void).
2.5 1031 watt Mesin waktu pertama dibuat, menggunakan pelebaran waktu relativistik. Hal ini membuka jalan untuk penjelajahan waktu.
2.6 1032 watt Batas teknologi untuk realitas maya sudah tercapai. Di skala ini, realitas maya sudah mampu memunculkan gambar yang terlihat benar-benar nyata. Saat ini sudah ada sejuta tata surya yang dikolonisasi.
2.7 1033 watt 10 juta tata surya telah dikolonisasi, bersamaan dengan kloning yang pada saat ini mencapai tingkat kuantum.
2.8 1034 watt Umat manusia memiliki kemampuan untuk mengarahkan lubang cacing (Informasi lengkap tentang "mengarahkan lubang cacing" ada di sini Diarsipkan 2023-06-18 di Wayback Machine.).
2.9 1035 watt Kontrol penuh lengan spiral tempat kita tinggal.

Tipe III[sunting | sunting sumber]

Nama Lain: Peradaban Galaktik Mulai: Diperkirakan tahun 1.000.000 Sumber energi umum: Kuasar, SSG, Lubang Putih Populasi: 1 Noniliun jiwa Terobosan Industri: Replikasi materi
Tipe Energi yang dikuaai Peristiwa
3.0 1036 watt Seluruh Galaksi Bimasakti telah dikolonisasi oleh umat manusia, orang pertama dikirim ke galaksi lain dan kemampuan telekinesis. (Harusnya kemampuan ini sudah lama ada, yaitu pada sekitar tipe II. Namun yang satu ini sangat, sangat mirip dengan telekinesis).
3.1 1037 watt 10 Galaksi telah dikolonisasi. Ini berarti, umat mausia telah mampu menguasai Grup Lokal. Bola dyson elah dirancang untuk menyerap sinar dari Galaksi Bimasakti, Andromeda dan Triangulum. Perjalanan antar grup galaksi mulai diberlakukan. dan roket-roket diluncurkan untuk mengetahui lebih banyak tentang Galaksi-galaksi di Kluster Virgo.
3.2 1038 watt Penemuan Zeptoteknologi, membuat kita mampu memodifikasi atom demi atom. Bukan lagi molekul demi molekul.
3.3 1039 watt Di skala ini, manusia sudah mengetahui semua seluk beluk dari Mekanika Kuantum, yang membuat kita mampu membuat sebuah makrostruktur dari segala ukuran dapat ditempatkan dalam satu superposisi. Manusia juga telah mengkolonisasi seluruh kluster lokal.
3.4 1040 watt Zeptoteknologi berkembang lebih jauh lagi. Yang pada akhirnya gaya elektrolemah mulai umum digunakan pada struktur-struktur buatan manusia.
3.5 1041 watt 100 ribu Galaksi sudah dikolonisasi. Pada saat ini manusia sudah mampu menguasai seluruh Superkluster Laniakea.
3.6 1042 watt 1 juta Galaksi telah dikolonisasi. Kemampuan untuk membuat galaksi, serta pengetahuan tentang hampir seluruh alam semesta.
3.7 1043 watt 500 juta Galaksi telah dikolonisasi. Dalam skala ini, Sebuah superkluster bagaikan kota sekarang.
3.8 1044 watt 1 miliar Galaksi telah dikolonisasi.
3.9 1045 watt Umat manusia telah mamp menguasai seluruh Alam semesta, lalu menggunakan semua sumber daya didalamnya. Perjalanan inter-universal masih terlalu sulit untuk peradaban pada tipe ini.

Menurut Kurzgesagt, Akhirnya manusia mencapai peradaban tingkat Ω, yaitu peradaban yang mampu menguasai seluruh alam semesta.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kardashev Scale". Beyond Universe Wiki (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-01. Diakses tanggal 2020-07-27. 
  2. ^ "What Do Alien Civilizations Look Like? The Kardashev Scale - YouTube". www.youtube.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-29. Diakses tanggal 2020-08-04.