Antimateri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Peneliti Anti-Materi[sunting | sunting sumber]

Paul Dirac

Pada tahun 1928 seorang fisikawan inggris yang meneliti tentang mekanika kuantum dan elektrodinamika, Paul Dirac awalnya memecahkan persamaan pergerakan electron kemudian diteruskan oleh ilmuan lainnya dan berakhir pada penemuan baru. Ia menemukan sesuatu yang luar biasa dari penelitiannya bahwa terdapat electron yang bermuatan positif. Apa iya? Setahu kita electron itu bermuatan negative? Dan sekarang ditemukan electron bermuatan negative? Maksudnya apa? Banyak yang tidak sependapat dengan penemuannya tersebut yang menyebutkan bahwa adanya electron bermuatan positif. Dirac yakin dengan hasil penelitiannya tersebut. ia beranggapan terdapat suatu partikel atau materi yang benar – benar belum terekplorasi atau belum kita kenali.


Pengembangan Anti-Materi[sunting | sunting sumber]

Akhirnya melalui para ilmuan di lab meneruskan penelitian tersebut, hingga menemukan dan menciptkan ulang beberapa partikel anti-materi, yaitu positrons (electron bermuatan positif),anti-protons (proton yang bermuatan negative) dan anti-atoms (atom yang terdiri daripositrons dan anti-proton).


Penemuan tersebut berbeda – beda penemu dan waktunya. Positron di temukan pada tahun 1932 oleh Carl AndersonAnti-protons oleh peneliti di Berkeley Bevatron pada tahun 1955, dan yang terakhir anti-atom ditemukan oleh Badan Organisasi Nuklir Eropa (Uropean Organization for Nuclear Research) pada tahun 1998.


Energi Yang dihasilkan dari Anti-Materi[sunting | sunting sumber]

Jika materi dan anti-materi bertemu satu sama lain, maka akan menghasilkan energy yang sempurna dari seluruh massa materi. Jika kita berhasil saja membuat 1 gram anti materi dan direaksikan bersama 1 gram materi, maka kita bisa menghasilkan energi 180 triliun joule. Ilmuan sekarang percaya bahwa energy yang dihasilkan oleh reaksi anti-materi dan materi adalah energy terbesar di alam semesta (apa iya?). kekuatannya sebanding  dengan 30 reaksi fusi nuklir. Setara dengan 2 buah bom atom yang menimpa kota Hiroshima, Jepang. Namun sayang untuk menghasilkan 1 gram anti-materi saja dengan teknologi yang ada sekarang ini, manusia membutuhkan waktu sekitar 10 pangkat 17. Hitung sendiri aja deh, berapa lama itu males saya liat nol nya juga hehe..

Ledakan Nuklir


=== Alat Pembuat Anti-Materi
=== Atom Smashers adalah sebuah teknologi untuk menciptakannya untuk sekarang ini. Teknologi ini milik CERN yang memiliki saluran yang panjang dengan magnet super kuat mengelilingi saluran tersebut sehingga atom yang bergerak didalamnya dapat meluncur mendekati kecepatan cahaya (sekarang ini manusia belum bisa menggerakan benda sebanding dengan kecepatan cahaya). Atom yang disalurkan melalui saluran itu meluncur dengan kecepatan tinggi dan menabrak target sehingga menciptakan partikel yang baru dari hasil tabrakan itu dan melekat pada medan magnet. Anti materi yang dihasilkannya pun hanya seper-triliun gram atau satu pictogram dalam setiap tahunnya. Benar – benar masih sangat terbatas ya? Dan energy yang dihasilkan dari anti-materi selama itu pun hanya bisa menyalakan lampu 100 watt selama 3 detik (waduh.. haha udah lama dikit lagi tenaganya).




Alat Penyimpan Anti-Materi[sunting | sunting sumber]

Penyimpanan anti-materi itu pun tidak sembarangan. Namanya juga anti-materi jika tersentuh dan bersatu dengan materi ya bisa berbahaya. Maka dari itu anti-materi harus di simpan dalam ruang hampa udara seperti tabung (karena jumlahnya sedikit) dan tidak boleh pula menyentuh dinding tabug. Kenapa? Karena dinding tabung juga merupakan materi. Sehinngga ilmuan membuat medan magnet pada tabung tersebut agar anti-materi tidak menyentuh dindingnya. Berasa di film Angel and Demon yang diperankan Tom Hanks ya?Penelitian ini katanya diharapkan bisa dimanfaatkan manusia salah satunya untuk bahan bakar perjalanan antariksa seperti di film – film Science Fiction.