Gangnido

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
peta Gangnido (1402)
Nama Korea
Hangeul 혼일강리역대국도지도
Hanja 混一疆理歷代國都之圖
Alih Aksara yang Disempurnakan Honil-gangni-yeokdae-gukdo-jido
McCune–Reischauer Honil-gangni-yŏktae-gukto-jido
Short name
Hangeul 강리도
Hanja 疆理圖
Alih Aksara yang Disempurnakan Gangnido
McCune–Reischauer Kangnido

Honil Gangni Yeokdae Gukdo Jido (混一疆理歷代國都之圖, "Peta gabungan daratan dan wilayah negara dan ibukota bersejarah""[1]) atau disingkat Gangnido (疆理圖) adalah sebuah peta dunia yang dibuat di Korea pada tahun 1402, pada tahun ke-2 masa pemerintahan Taejong dari Joseon. Gangnido berukuran 158,5 cm × 168 cm dan dilukis di atas kain sutera.

Peta ini diciptakan di bawah pengawasan dua orang pejabat bernama Kim Sa-hyeong dan Yi Hoe serta ilmuwan Gwon Geun.[2]

Gangnido adalah peta dunia tertua kedua di dunia yang masih tersisa setelah peta Da Ming Hun Yi Tu (大明混一图) dari Dinasti Ming. Proses pembuatannya sudah dimulai sejak tahun 1320-an pada masa Goryeo saat informasi-informasi geografis tentang negara-negara barat mengalir lewat para ilmuwan Muslim di Kekaisaran Mongol di Cina.[3] Peta Gangnido menggambarkan bentuk Dunia Lama, yakni Eropa, Afrika di sebelah barat serta Cina, Korea dan Jepang di sebelah timur. Sebenarnya Gangnido kurang akurat dibanding peta Ming, terutama dalam penggambaran sungai-sungai dan kepulauan kecil. Beberapa gambar yang lebih akurat adalah peta Semenanjung Korea dan Jepang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kenneth R. Robinson Choson Korea in the Ryukoku Kangnido in Imago Mundi, Vol. 59 No. 2 (June 2007) pp. 177-192, via Ingenta Connect
  2. ^ Angelo Cattaneo Europe on late Medieval and early Renaissance world maps, International BIMCC Conference (Nov 2007)
  3. ^ Miya Noriko 宮紀子, "Kon'itsu Kyōri Rekidai Kokuto no Zu" he no michi 「混一疆理歴代国都之図」への道, Mongoru jidai no shuppan bunka モンゴル時代の出版文化 (2006) pp. 487-651