Friday the 13th Part VI: Jason Lives

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Friday the 13th Part VI:
Jason Lives
Berkas:Friday6.jpg
Poster bioskop
SutradaraTom McLoughlin
ProduserDon Behrns
Ditulis olehTom McLoughlin
PemeranThom Mathews
Jennifer Cooke
David Kagen
Renée Jones
Kerry Noonan
Darcy DeMoss
Tom Fridley
C.J. Graham
Penata musikHarry Manfredini
SinematograferJon Kranhouse
PenyuntingBruce Green
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 1 Agustus 1986 (1986-08-01)
Durasi87 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$3,000,000 (perkiraan)
Pendapatan
kotor
$19,472,057 (domestik)

Friday the 13th Part VI: Jason Lives adalah film jagal tahun 1986 asal Amerika Serikat yang merupakan film keenam dalam serial film Friday the 13th. Film ini disutradarai oleh Tom McLoughin. Walaupun konsep asli dari film ini adalah menjadikan Tommy Jarvis di bagian IV dan V menjadi penjahat yang baru, penerimaan yang kurang baik terhadap Friday the 13th: A New Beginning membuat para produser memutuskan untuk mengembalikan Jason Voorhees sebagai penjahat. Dalam menghidupkan kembali Jason, McLoughin membuat Jason mempunyai kekuatan supernatural untuk pertama kalinya dalam serial film. Penggambaran Jason yang hidup kembali lewat sambaran petir, menjadikannya seperti pembunuh berantai berwujud zombie daripada orang berkekuatan super. Penggambaran ini diteruskan sampai film tahun 2009. Film ini juga memberikan warna baru pada serial, seperti penggunaan humor dan elemen aksi.

Kendati film ini berpenghasilan terbawah kedua dalam seluruh serial, film ini mendapatkan kritikan yang cukup baik. Pada saat rilis, konten humor dan membuka dinding keempat menjadi sisi positif, sebelum hadirnya serial film Scream yang mempunyai elemen sama.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jason Voorhees telah mati, dan kota Crystal Lake telah berubah nama jadi Forest Green untuk menjauhkan diri dari rangkaian kematian yang kental dengan nama kota tersebut. Setahun kemudian, Tommy Jarvis yang telah keluar dari rumah sakit jiwa, masih diteror oleh halusinasi Jason, dan berniat mengakhirinya dengan menggali dan membakar mayat pembunuh berantai itu. Ia dengan temannya Hawes, datang ke tempat tersebut dan membuka peti mati Jason. Saat ia melihat Jason, Tommy kehilangan kendali dan menusuk Jason dengan batang besi dari pagar. TIba-tiba, petir menyambar batang besi itu dan menghidupkan Jason kembali, menjadi Jason dengan kekuatan supernatural yang lebih kuat. Ia membunuh Hawes, tetapi Tommy berhasil kabur ke kantor polisi dimana Sheriff Garris mengenali Tommy sebagai pembunuh Jason dan mengira ia berhalusinasi. Tommypun dipenjara di malam itu. Pada malam yang sama, dua konselor kemping musim panas Darren dan Lizbeth yang membawa logistik untuk keperluan kemping musim panas di Forest Green Camp, dibunuh oleh Jason.

Esok paginya, putri Garris, Megan, dan temannya Cort, Sissy, dan Paula yang juga konselor kemping datang untuk melaporkan hilangnya Darren dan Lizbeth. Tommy berusaha memperingatkan mereka, tetapi Garris berusaha mendiamkannya. Adapun Megan mulai tertarik dengan Tommy. Garris kemudian memberi kesempatan pada Tommy untuk membuktikan, tetapi penjaga makam yang pemabuk takut kehilangan pekerjaannya dan menutup lubang kubur tersebut. Tommy kemudian dipaksa untuk pergi dari kota. Di hutan, Jason kembali menebar teror dengan membunuh lima orang pekerja kantoran yang bermain peluru cat. Malam harinya, Cort dan seorang gadis bernama Nikki menggunakan RV untuk bersenang-senang. Kabel listrik yang terputus membuat mereka memutuskan untuk menjalankan RV mereka. Saat di jalan, ternyata Jason ada dalam RV tersebut. Ia membunuh Nikki dengan menekannya ke dinding RV dan menusuk kepala Cort yang tengah mengemudi, membuat RV itu terguling. Di saat yang sama, Tommy berusaha memperingatkan lagi dengan menelepon kantor polisi, dan dijawab Megan yang sedang di sana. Meganpun menawarkan untuk membantu Tommy, yang kelihatannya berhasil menemukan cara memusnahkan Jason dengan mengembalikannya ke tempat asalnya. Megan dan Tommy yang naik mobil Megan menuju Forest Green Camp, dimana anak-anak sudah tiba tadi pagi dan sedang beristirahat. Sayangnya Megan dan Tommy ketahuan. Mereka kembali ke kantor dan Tommy dimasukkan dalam sel. Garris mendapat berita mengenai RV dan pergi mengeceknya, sambil menduga bahwa Tommy yang menjadi pembunuhnya, yang ingin halusinasinya menjadi nyata. Tommy dan Megan berhasil mengelabui petugas yang berjaga dan kabur ke Forest Green. Di Forest Green, teman-teman Megan dibunuh satu persatu. Polisi yang datang mendapati hal itu dan berusaha menghentikan Jason, tetapi mereka dibunuh pula.

Megan dan Tommy berhasil sampai ke Forest Green. Tommy menuju danau, mempersiapkan batu besar yang diikat rantai besar, sementara Megan menuju kabin tidur anak-anak untuk menenangkan mereka. Megan keluar, melihat Tommy yang menjalankan perahu ke tengah danau dan berusaha menghentikannya. Hal itu menarik Jason, ia berjalan menuju Megan, kendati berusaha dihentikan oleh Garris, membuat sang Sheriff terbunuh. Tommy yang melihat Megan dalam bahaya mengalihkan perhatian Jason untuk memasuki danau. Berbekal panduan dari buku Okultisme, Tommy menyiram bensin ke permukaan air di sekeliling perahu. Jason datang dan menyerang Tommy, menghancurkan perahu. Sebelum perahu hancur, Tommy berhasil mengalungkan rantai itu ke leher Jason. Jason yang terseret ke bawah air akhirnya terjebak di bawah sana. Tommy berhasil sampai ke permukaan meskipun pingsan. Melihat hal itu, Megan berenang menolong Tommy, tetapi kakinya ditarik oleh Jason. Akhirnya, Megan berhasil menyalakan kipas motor perahu dan merobek leher Jason. Ia membawa Tommy ke pinggir dan memberikannya CPR disaksikan anak-anak. Tommypun selamat.

Pada suatu siang, di dalam danau Jason ternyata masih hidup, kendati ia terjebak di dalam danau dengan rantainya, tak dapat meloloskan diri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tom McLoughlin

'