Friday the 13th (film 2009)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Friday the 13th
Fridaythe13th2009.JPG
Poster rilis teatrikal
Sutradara Marcus Nispel
Produser
Skenario
  • Damian Shannon
  • Mark Swift
Cerita
  • Damian Shannon
  • Mark Swift
  • Mark Wheaton
Berdasarkan Characters 
karya Victor Miller
Pemeran Jared Padalecki
Danielle Panabaker
Amanda Righetti
Aaron Yoo
Travis Van Winkle
Derek Mears
Musik Steve Jablonsky
Sinematografi Daniel Pearl
Penyunting Ken Blackwell
Studio
Distributor
  • Amerika Serikat
  • New Line Cinema
  • Internasional
  • Paramount Pictures
Tanggal rilis
[1]
Durasi 97 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $19 juta[2]
Pendapatan kotor $91,379,051[3]


Friday the 13th adalah film jagal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2009, disutradarai oleh Marcus Nispel dan ditulis oleh Damian Shannon dan Mark Swift. Friday the 13th mengisahkan tentang Clay Miller (Jared Padalecki) saat mencari adiknya yang hilang, Whitney (Amanda Righetti), yang saat itu sedang berkemah di hutan di Crystal Lake dan diculik oleh Jason Voorhees (Derek Mears).

Film ini dirilis pada Jumat, 13 Februari 2009, ke sebagian bioskop. Meskipun film ini mendapatkan ulasan negatif, film ini memperoleh sekitar $19 juta pada malam pembukaan dan $40 juta pada akhir pekan pembukaannya. Saat ini merupakan film terlaris kedua di waralaba Friday the 13th dengan $65 juta, dan telah menerima lebih dari $91,3 juta di seluruh dunia.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Juni 1980, Jason Voorhees kecil (Caleb Guss) menjadi saksi saat ibunya (Nana Visitor) sedang dipenggal oleh seorang konselor kamp (Stephanie Rhodes) di sekitar Camp Crystal Lake. Sekitar 30 tahun kemudian, sekelompok teman berlibur - Wade (Jonathan Sadowski), Richie (Ben Feldman), Mike (Nick Mennell), Whitney (Amanda Righetti) dan Amanda (Amerika Olivo) - dan tiba di Crystal Lake dalam acara berkemahnya untuk menemukan beberapa ganja yang ditanam di hutan. Ketika Mike dan Whitney menjelajahi kamp Crystal Lake yang terlantar, Jason dewasa (Derek Mears) mulai membunuh sisa kelompok satu per satu. Jason juga membunuh Mike, tapi dia membawa Whitney dan memutuskan untuk menculiknya karena dia mirip seperti ibunya di usia muda.

Enam minggu kemudian, Trent (Travis Van Winkle), bersama dengan pacarnya, Jenna (Danielle Panabaker) dan teman-teman mereka yakni Chelsea (Willa Ford), Bree (Julianna Guill), Chewie (Aaron Yoo), Nolan (Ryan Hansen), dan Lawrence (Arlen Escarpeta) tiba di pondok musim panas Trent di pinggir Crystal Lake. Kelompok ini tidak menyadari peristiwa yang terjadi beberapa minggu sebelumnya. Clay Miller (Jared Padalecki) tiba di kota dalam pencarian Crystal Lake untuk saudara perempuannya Whitney, yang dia yakini masih hidup. Clay akhirnya membuat perjalanan ke pondok Trent, disana dia bertemu dengan Jenna yang setuju untuk membantunya mencari adiknya di sisi lain danau. Sementara Clay dan Jenna mencari petunjuk, Jason membunuh Chelsea dan Nolan, yang sedang berselancar papan di danau. Clay dan Jenna sampai di suatu perkemahan tua Crystal Lake, dimana mereka menyaksikan Jason mengangkut mayat ke salah satu rumah perkemahan yang terlantar tersebut.

Pasangan ini kembali untuk memperingatkan yang lain tentang Jason, yang segera tiba dan memotong kabel listrik pondok Trent. Setelah membunuh Chewie dan Lawrence yang berkelana di luar rumah, Jason menyelinap ke dalam pondok dan membunuh Bree. Trent, Clay, dan Jenna lari dari rumah tersebut, tapi Trent tewas ketika dia mencapai jalan utama. Jason kemudian mengejar Clay dan Jenna kembali ke perkemahan, dimana Clay menemukan sarang Jason dan menemukan adiknya dirantai ke dinding. Clay pun membebaskan Whitney, dan upaya ketiganya untuk melarikan diri saat Jason tiba. Ketiganya menemukan jalan keluar, tapi Jenna terbunuh sebelum dia bisa keluar. Jason datang setelah Clay dan Whitney, tapi Whitney dengan berpura-pura menjadi Nyonya Voorhees, menggunakan cinta Jason dan memori ibunya untuk mengalihkan perhatiannya cukup lama untuk menikamnya di bagian dada dengan parang milikny sendiri. Setelah itu, Clay membuang tubuh Jason yang tak bernyawa tersebut ke dalam danau. Sebelum dia dan Whitney dapat meninggalkan tempat itu, Jason muncul melalui dermaga kayu dan menarik Whitney.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Young Jason Cast in Friday the 13th remake". FearNet. May 15, 2008. Diakses May 28, 2008. 
  2. ^ "Daily Box Office Calendar". Box Office Mojo. Diakses February 15, 2009. 
  3. ^ "Total Gross (Main Page)". Box Office Mojo. Diakses May 31, 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]